x

Belum Dimulai, Media China Ramal Negaranya Bakal Kesulitan Lawan Indonesia di Piala Thomas 2022

Rabu, 13 April 2022 13:25 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Prio Hari Kristanto
Media lokal China, Sohu, sudah meramal bahwa negaranya bakal kesulitan lawan Indonesia di ajang kejuaraan beregu putra Piala Thomas 2022, Mei mendatang.

INDOSPORT.COM – Media lokal China, Sohu, sudah meramal bahwa negaranya bakal kesulitan lawan Indonesia di ajang kejuaraan beregu putra Piala Thomas 2022, Mei mendatang.

Diketahui, kejuaraan bulutangkis beregu Piala Thomas-Uber 2022 akan berlangsung pada 8-15 Mei 2022 di Krung Thep Maha Nakhon (Bangkok), Thailand.

Baca Juga

Para pebulu tangkis dari 16 negara peserta, bakal ambil bagian dalam perhelatan Piala Thomas edisi ke-32, dan Piala Uber ke-29 itu.

Pada edisi terakhir, tim putra Indonesia sendiri berhasil meraih prestasi apik usai memboyong trofi Piala Thomas 2020. Tim Garuda sukses membantai skuat China dengan skor telak 3-0 di babak final.

Sedangkan tim putri China juga sukses merebut gelar Piala Uber 2020 usai menang 3-1 atas Jepang di final. Gelar tersebut menjadi yang ke-15 bagi Tim Uber China, dan gelar Piala Thomas ke-14 bagi Indonesia.

Baca Juga

Kesempatan terbuka lebar bagi China dan Indonesia untuk mempertahankan gelarnya di ajang Piala Thomas dan Uber yang akan dihelat bulan depan.

Hanya saja, sejumlah pesaing pun juga siap melancarkan misinya masing-masing. Untuk itulah, jelang Piala Thomas dan Uber 2022, banyak prediksi bertebaran di media massa, seperti halnya media Sohu.

Menariknya, media Sohu, yakin bahwa tim Putri China tak akan kesulitan lolos ke perempat final. Hal itu bisa dilihat dari drawing, di mana China tergabung bersama Chinese Taipei, Spanyol, dan Australia.

Baca Juga

Bahkan dengan kekuatan yang ada, Chen Yufei dkk diramal tak akan kesulitan untuk mempertahankan gelar Piala Uber untuk edisi 2022 mendatang.

Sedangkan, media Sohu justru meramal hal sebaliknya untuk tim putra China yang bakal kesulitan untuk bersaing di Piala Thomas 2022. Bahkan secara spesifik, Indonesia diramal unggul jika bertemu China di Piala Thomas.


1. Media China 'Meramal' Indonesia Unggul di Piala Thomas 2022

Media lokal China memprediksi bahwa negaranya akan kesulitan bertemu Indonesia di Piala Thomas 2022, Mei mendatang.

Dari hasil drawing atau undian grup putaran final Piala Thomas 2022, China berada di Grup B bersama Denmark, Prancis, dan Algeria.

Media Sohu meramalkan bahwa China kemungkinan akan kesulitan ketika bertemu Denmark di fase grup Piala Thomas 2020. Ditambah, China juga bakal makin kesulitan jika bertemu dengan Indonesia.

Baca Juga

Hal itu pun berkaca dari betapa perkasanya Indonesia di ajang Piala Thomas 2020 lalu, yang bahkan memupus China untuk mempertahankan trofi.

Dilihat dari komposisi pemain yang ada hingga saat ini, Indonesia diramal lebih unggul daripada China. 

Sohu memprediksi bahwa China tak akan menyertakan Shi Yuqi di Piala Thomas 2022, dan Lu Guang Zu didapuk menjadi tunggal utama. Dia diramal bakal kesulitan menghadapi Anthony Sinisuka Ginting.

Baca Juga

Pada tunggal putra kedua, tim China mungkin bakal menurunkan Weng Hong Yang untuk menghadapi Jonatan Christie. China punya peluang untuk mencuri poin di sektor ini, berkaca dari head to head.

Sedangkan pada tunggal ketiga, China juga diramal bakal punya peluang untuk mencuri poin dari para junior yang ada untuk menghadapi Shesar Hiren Rhustavito.

Kendati meramal bahwa China unggul dari 2 tunggal mereka, namun Indonesia terlalu perkasa untk mencuri poin kemenangan dalam dua sektor ganda mereka.

Baca Juga

Kesimpulannya, dari segi komposisi pemain yang ada, China diprediksi bakal kesulitan untuk mengalahkan Indonesia di ajang Piala Thomas 2022 mendatang.

Kendati demikian, hal itu hanya sebatas ramalan atau prediksi. Semua hal bisa terjadi. Terlebih kekuatan bulutangkis sudah kian merata dari tahun ke tahun. Termasuk bulutangkis China yang saat ini tak lagi mendominasi seperti dahulu.


2. PBSI Optimistis Tatap Piala Thomas dan Uber 2022

Kabid Binpres PBSI, Rexy Mainaky, optimis Indonesia mampu bersaing di ajang Piala Thomas dan Uber 2022.

Tak jauh dari prediksi atau ramalan jika tim China berjumpa dengan Indonesia di Piala Thomas 2022, sejatinya ajang beregu ini menjadi sangat bergengsi dan dinanti.

Tim Piala Thomas Indonesia sendiri tergabung dengan grup neraka bersama Thailand, Korea Selatan, dan Singapura. Tim Piala Uber Indonesia juga tergabung dengan Jepang, Prancis, dan Jerman.

Menyikapi drawing demikian, Kabid Binpres Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI), Rionny Mainaky, melihat bahwa peta kekuatan lawan untuk edisi Piala Thomas-Uber 2022 tak jauh berbeda.

“Hasil undian (Piala Thomas dan Uber 2022) ini tidak mudah ya, baik untuk tim Thomas maupun tim Uber. Kekuatan memang hampir sama dengan tahun lalu karena rentang waktunya tidak terlalu lama,” ujar Rionny Mainaky dilansir dari laman resmi PBSI.

“Tahun lalu kita berada di grup yang juga berat tapi para pemain bisa fokus satu demi satu hingga ke delapan besar, semi final sampai final, dan juara. Itu menjadi pelajaran dan pengalaman kita, mudah-mudahan nanti bisa maksimal dan mempertahankan gelar juara,” lanjut Rionny Mainaky

Baca Selengkapnya: Indonesia Masuk Grup ‘Neraka’ di Piala Thomas dan Uber, Begini Komentar PBSI

 

Piala ThomasChinaPBSIBulutangkisBerita Bulutangkis

Berita Terkini