x

Lee Zii Jia Anggap Jonatan Christie dan Anthony Ginting Ancaman Serius bagi Malaysia di Piala Thomas

Kamis, 21 April 2022 14:54 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
Lee Zii Jia masih menganggap dua tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting sebagai ancaman serius bagi Malaysia di Piala Thomas

INDOSPORT.COM – Lee Zii Jia masih menganggap dua tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting sebagai ancaman serius bagi Malaysia di Piala Thomas bulan depan.

Belakangan, tunggal putra Indonesia menjadi sorotan setelah dua legenda tanah air, Liem Swie King dan Taufik Hidayat, melontarkan kritikan tajam atas performa dan prestasi di sektor ini.

Baca Juga

Swie King, pemenang Piala Thomas pada tahun 1976, 1979 dan 1984, dilaporkan mendukung sentimen Taufik Hidayat bahwa Anthony Ginting dan Jonatan masih belum bisa disebut pebulutangkis kelas dunia.

Taufik, yang mengharumkan nama Indonesia di Piala Thomas 2000 dan 2002, menyatakan bahwa Ginting dan Jonatan saat ini masih berjuang mengembalikan performa terbaik mereka, meskipun peringkat mereka tinggi.

Kritik tajam terhadap Anthony Ginting dan Jonatan pun terdengar sampai negara tetanggara Malaysia. Khususunya Lee Zii Jia, tunggal putra terbaik di Negeri Jiran itu justru percaya sebaliknya.

Baca Juga

Dilansir dari NST, juara All England 2021 tersebut mengatakan bahwa Anthony Ginting yang berperingkat 5 dunia dan peringkat 8 Jonatan masih pemain yang sulit dia kalahkan.

Dengan Piala Thomas dan Uber (8-15 Mei) sebentar lagi akan dilangsungkan, Lee Zii Jia menargetkan harus bisa mengalahkan dua andalan Merah Putih itu di turnamen nanti.

“Saya tidak setuju dengan mereka (Liem King dan Taufik Hidayat). Saya pikir Anthony (Ginting) dan Jonatan (Christie) sudah menjadi pemain top dengan cara mereka sendiri,” ujar Lee Zii Jia.

Baca Juga

“Saya sudah menghadapi keduanya berkali-kali, dan mereka bukan lawan yang mudah,” sambung pemain nomor 7 dunia itu.

“Saya sudah mempersiapkan diri untuk menghadapi mereka (di Piala Thomas), karena mereka bisa memenangkannya untuk Indonesia.”


1. Head-to-Head Lee Zii Jia dengan Ginting dan Jonatan

Pebulutangkis tunggal putra Lee Zii Jia (Malaysia) dan Anthony Sinisuka Ginting (Indonesia).

Sebagai catatan, Lee Zii Jia memang baru berhasil mengalahkan Ginting dan Jonatan masing-masing satu kali dalam lima pertemuan sebelumnya.

Bahkan, Ginting dan Jonatan masing-masing mendulang satu poin saat Indonesia mengalahkan Malaysia 3-0 di perempat final Piala Thomas 2020 di Aarhus, Denmark, Oktober lalu.

Baca Juga

Kedua pemain ini juga mempunya peran penting ddalam perjalanan Indonesia meraih gelar juara ke-14 pada turnamen lambang supremasi beregu putra tersebut.

Jonatan, pemenang medali emas Asian Games 2018, sendiri baru berhasil mengakhiri puasa gelarnya selama tiga tahun dengan memenangkan gelar Super 300 Swiss Open bulan lalu.

Sementara gelar terakhir yang dimenangkan Anthony Ginting adalah di Indonesia Masters 2022, dengan dirinya masih mampu memenangkan medali perunggu di Olimpiade Tokyo tahun lalu.

Baca Juga

Meski Indonesia masih dianggap kurang bersaing di sektr tunggal putra, mereka memiliki kekuatan di sektor ganda putra yang bakal jadi ancaman di Piala Thomas 2022.

Tiga pasangan di antaranya menduduki 10 besar dunia, sedangkan tiga pasangan lainnya berada di di peringkat 25 besar. Ini jelas membuka peluang Indonesia untuk mempertahankan trofi Piala Thomas tahun ini.

Baca Juga

Sementara pada Piala Thomas 2022 bulan depan, Malaysia tergabung di Grup D bersama dengan juara tahun 2014 Jepang, Inggris dan Selandia Baru. Sementara Indonesia berada di Grup A bersama Korea Selatan, Thailand dan Singapura.


2. Tatap Piala Thomas 2022

Piala Thomas dan Uber.

Legenda bulutangkis Malaysia, Muhammad Hafiz Hashim menyebut bahwa Lee Zii Jia bisa menjadi amunisi mematikan untuk skuat Negeri Jiran di Piala Thomas 2022.

Sejumlah pebulutangkis dari berbagai negara bakal kembali unjuk gigi di ajang bergengsi Piala Thomas dan Uber 2022. 

Tercatat ada 16 negara bakal ambil bagian dalam Piala Thomas edisi ke-32, dan Piala Uber ke-29. Indonesia sendiri menjadi juara tim Piala Thomas 2020, dan China menjadi juara tim Piala Uber 2020.

Baca Selengkapnya: Karena Hal ini, Pelatih Asal Indonesia Kagumi Skuat Malaysia Jelang Piala Thomas 2022

 

Piala ThomasMalaysiaAnthony Sinisuka GintingJonatan ChristieBulutangkisLee Zii JiaBerita Bulutangkis

Berita Terkini