x

Jadi Kapten Tim Thomas Malaysia, Lee Zii Jia Tanggung Beban Berat?

Selasa, 19 April 2022 15:11 WIB
Penulis: Dyah Fitri Hapsari | Editor: Isman Fadil
Pebulutangkis Malaysia, Lee Zii Jia.

INDOSPORT.COM - Lee Zii Jia didapuk menjadi kapten tim Thomas Malaysia di ajang Piala Thomas yang akan diselenggarakan pada 8 sampai 15 Mei 2022.

Pelatih Zii Jia, Indra Wijaya mengatakan bahwa status kaptennya bukanlah masalah. Hal ini karena merupakan tugas negara untuk membawa kembali piala kemenangan.

Baca Juga

Tetapi, Lee Zii Jia tidak akan menganggap enteng peran yang diberikan kepadanya untuk ajang Piala Thomas tersebut.

"Dia bermain untuk Malaysia. Tanggung jawab Zii Jia sama dan dia tidak akan menganggap enteng perannya,” kata Indra, dilansir dari The Star.

Indra juga menyatakan bahwa meskipun Lee Zii Jia merupakan pebulutangkis independen, kondisi ini tidak akan menjadi masalah.

Baca Juga

"Bermain di Piala Thomas bukan untuk kejayaan individu dan tidak masalah apakah kaptennya seorang pebulutangkis independen atau terikat dengan BAM," ujar Indra.

Indra juga menyatakan bahwa latihan dan persiapan Zii Jia untuk Piala Thomas sangatlah bagus. "Persiapannya sejauh ini sangat bagus dan ini upayanya untuk merebut gelar juara," kata Indra.

Sebagian besar pemain top dunia akan bermain di Piala Thomas dan bukanlah wajah-wajah baru. Menurut Indra ini merupakan keuntungan bagi Zii Jia karena ia sudah tahu kemampuan lawan-lawannya.

Baca Juga

“Sebagian besar pemain top yang akan bermain di Piala Thomas bukanlah wajah baru. Zii Jia telah ada di panggung internasional selama beberapa tahun dan sekarang dia tahu lawannya,” kata Indra.

Jadi, meskipun Zii Jia baru saja terjun ke dalam kejuaraan ini, ia dianggap memiliki bekal yang cukup untuk memimpin tim Thomas Malaysia.


1. Target Lee Zii Jia di Piala Thomas

Lee Zii Jia dan BAM berdamai. Foto: Fasebook Lee Zii Jia

Indra Wijaya tidak bersedia mengungkapkan target anak didiknya tersebut dalam pertandingan Piala Thomas mendatang.

Ia hanya berharap Zii Jia mampu menghasilkan penampilan yang baik dan konsisten di ajang Badminton Asia Championships 2022 di Manila.

Baca Juga

Kemudian, Indra juga berharap anak didiknya itu bisa kembali memberikan penampilan yang maksimal di ajang Piala Thomas di Bangkok sebagai kapten dengan penuh rasa percaya diri.

Sebelum berlaga di ajang Piala Thomas, Lee Zii Jia akan bertanding di ajang bergengsi Badminton Asia Championship 2022. Ajang tersebut menjadi kesempata untuk Zii Jia memperoleh gelar Asia pertamanya.

Beberapa waktu, dilansir dari NST, Lee Zii Jia menganggap dua wakil Indonesia yakni Anthony Sinisuka Ginting dan Shesar Hiren sebagai jebakan kulit pisang di ajang BAC 2022.

Baca Juga

Dimana diketahui kedua atlet putra Indonesia tersebut merupakan pemain unggulan dalam kejuaraan Badminton Asia Championships 2022. Sedangkan, Zii Jia sendiri diketahui baru kali pertama mengikuti ajang tersebut.

Langkah Lee Zii Jia di Badminton Asia Championships 2022 juga tidak mudah. Pasalnya, ada Kento Momota wakil dari Jepang yang akan mempersulitnya.

Dilansir dari NST, untuk pertandingan Badminton Asia Championship 2022 Lee Zii Jia menargetkan emas di sektor tunggal putra.

Baca Juga

Ia akan mengikuti jejak pendahulunya yaitu Lee Chong Wei (2006, 2016), Foo Kok Keong (1994), Rashid Sidek (1991, 1992), Tan Aik Mong (1971) dan Teh Kew San (1962).

Dan meskipun banyak pemain top yang akan menghalangi langkahnya, pemain bulutangkis asal Malaysia ini optimis dan mengaku tidak gentar untuk meraih hasil yang bagus di BAC 2022.


2. Tebar Ancaman

Lee Zii Jia

Bahkan, Lee Zii Jia juga sempat menebar ancaman meski statusnya baru sebagai debutan di ajang Badminton Asia Championships (BAC).

Setelah Korea Masters 2022 (12-17 April), turnamen bulutangkis dunia akan dilanjutkan dengan Badminton Asia Championships 2022 pada akhir April nanti.

Ajang Badminton Asia Championships atau BAC sendiri akan berlangsung mulai 26 April hingga 1 Mei di Manila, Filipina.

BAC pada edisi kali ini merupakan ajang yang sudah ditunggu-tunggu pecinta bulutangkis. Pasalnya, sudah 2 tahun lamanya hajatan tersebut absen lantaran pandemi covid-19.

Kali terakhir BAC digelar adalah 2019 silam, dimana Jepang dan China sangat mendominasi di turnamen tersebut. Sedangkan Indonesia hanya mampu jadi runner-up lewat Kevin Sanjaya/Marcus Gideon.

BACA SELENGKAPNYA
 

Piala ThomasBulutangkisLee Zii JiaBerita Bulutangkis

Berita Terkini