x

Siap Tempur di Badminton Asia Championships, Anthony Ginting: Misi untuk Bangkit!

Minggu, 24 April 2022 21:10 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
Anthony Sinisuka Ginting berusaha memperbaiki perfomanya yang merosot tajam dalam beberapa bulan terakhir saat mentas di ajang Badminton Asia Championships 2022

INDOSPORT.COM – Pebulutangkis Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting berusaha memperbaiki perfomanya yang merosot tajam dalam beberapa bulan terakhir saat mentas di ajang Badminton Asia Championships 2022.

Penampilan Anthony Sinisuka Ginting dalam beberapa turnamen terakhir terbilang jeblok. Di turnamen terakhir pada ajang Korea Open 2022, dia bahkan langsung tersingkir di babak 32 besar.

Baca Juga

Anthony Ginting saat itu dikalahkan oleh pemain yang sama sekali tidak diunggulkan yaitu Lucas Claerbout dari Prancis. Tak ayal, sorotan hingga kritikan pun santer ditujukan padanya.

Pemain tunggal putra berperingkat 5 dunia tersebut juga dibanding-bandingkan dengan rekannya, Jonatan Christie, yang mulai bangkit performanya saat menjuarai Swiss Open 2022.

Maka dari itu, Anthony Ginting bertekad mencari momentum untuk bangkit dari keterpurukan saat tampil di Badminton Asia Championships 2022 yang akan digelar di Manila, Filipina, 26 April – 1 Mei 2022 mendatang.

Baca Juga

“Semua pemain pastinya mau juara di sini (Badminton Asia Championships), apalagi poinnya besar setara Super 1000,” ujar Anthony Ginting dalam Konferensi Pers Kejuaraan Asia 2022 di Hotel Crimson, Manila, Filipina, Minggu (24/04/22), yang dinukil dari rilis PBSI.

“Saya ingin menampilkan permainan terbaik dari pertandingan pertama, kedua dan seterusnya.”

“Saya mau cari momentum untuk bangkit, cari percaya dirinya lagi setelah performa yang kurang bagus di beberapa turnamen terakhir,” katanya.

Baca Juga

Ginting sendiri merasa semakin percaya diri karena sebelumnya dia juga pernah meraih gelar juara Filipina sebelumnya. Modal itulah yang ia ingin ulangi sekarang.

Saat itu, Ginting berhasil membawa Indonesia meraih podium tertinggi di beregu SEA Games 2019 dan Kejuaraan Asia Beregu 2020.


1. Ginting Punya Modal Bagus di Filipina

Anthony Ginting kalah dari Chen Long

“Saya punya kenangan manis di Filipina. Dua kali bertanding di sini dan bisa membawa Indonesia juara. Semoga itu bisa terulang lagi sekarang,” sambung Ginting.

“Saya tidak sabar untuk segera bertanding,” ungkapnya lagi.

Baca Juga

Ginting yang berstatus sebagai unggulan kedua di Badminton Asia Championships 2022 akan langsung ditantang wakil Thailand, Sittikhom Thammasin, di babak pertama.

Sitthikom Thammasin tercatat baru mengawali turnamennya tahun ini dengan tampil di Swiss Open 2022. Di ajang tersebut, wakil Thailand itu hanya mampu melaju hingga babak 16 besar.

Di atas kertas, Anthony Ginting lebih diunggulan untuk menang melawan Thammasin yang berperingkat ketiga di level nasional negaranya.

Baca Juga

Keduanya baru bertemu sekali, dengan Ginting keluar sebagai pemenang. Ini terjadi di ajang Japan Open 2019, di mana Ginting menang rubber set dengan skor 22-20, 17-21, dan 6-21.

Kejuaraan Asia 2022 akan bergulir pada 26 April - 1 Mei di Muntinlupa Sports Complex. Sebagai informasi, Muntinlupa Sports Complex merupakan arena yang digunakan saat SEA Games 2019

Chair of Event Badminton Asia Bambang Roedyanto atau akrab disapa Rudy mengungkapkan alasan mengapa Filipina dipilih menjadi tuan rumah Kejuaraan Asia 2022.

Baca Juga

“Filipina sudah pernah dan sukses menggelar dua turnamen berskala besar. SEA Games 2019 dan Kejuaraan Asia Beregu 2020. Saat mereka ditawari untuk menjadi tuan rumah dengan waktu persiapan yang singkat mereka menyanggupi,” jelas Rudy.

“Kami yakin mereka juga akan sukses di sini mencetak sejarah menjadi tuan rumah Kejuaraan Asia 2022 yang setara dengan BWF Super 1000,” tutup Rudy.


2. Visa Bermasalah, Calon Lawan Anthony Ginting Batal Tampil di BAC 2022

Waduh! Visa Bermasalah, Calon Lawan Anthony Ginting dari Sri Lanka Batal Tampil di Badminton Asia Championships

Empat pebulutangkis Siri Lanka, termasuk calon lawan Anthony Sinisuka Ginting, tidak bisa mengikuti Badminton Asia Championships 2022 karena masalah visa.

Dilansir dari Dailynews.lk, Niluka Karunaratne, Buwaneka Gunathilleka, Sachin Dias, dan Thilini Hendahewa, dijadwalkan berangkat ke Manila pada Sabtu (23/04/22) untuk mengikuti turnamen.

Akan tetapi, pejabat senior Bulutangkis Sri Lanka (SLB) mengabarkan bahwa keempat pemain tersebut batal berangkat karena visa mereka ditolak di menit-menit akhir.

Alhasil, mereka tidak bisa mengikuti turnamen tersebut yang sedianya akan berlangsung (26 April -1 Mei) mendatang.

Merujuk pada drawing Badminton Asia Championships, keeempat pemain Sri Lanka ini berpotensi berjumpa dengan pemain dari Indonesia, salah satunya Anthony Sinisuka Ginting.

Niluka Karunaratne sendiri merupakan pemain yang turun di sektor tunggal putra. Menurut drawing BAC 2022, dia akan berhadapan dengan pemain asal Jepang, Kenta Nishimoto.

Jika Karunaratne berhasil menyingkirkan Nishimoto, maka pemain berperingkat 114 dunia itu berpotensi melawan Anthony Ginting.

Baca Selengkapnya: Waduh! Visa Bermasalah, Calon Lawan Anthony Ginting Batal Tampil di Badminton Asia Championships

Anthony Sinisuka GintingBulutangkisBerita BulutangkisBadminton Asia Championships 2022

Berita Terkini