x

Persiapan Mepet, Hong Kong Tolak 'Golden Ticket' ke Piala Thomas dan Uber 2022

Jumat, 6 Mei 2022 14:59 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
Hong Kong memutuskan tidak menerima wild card atau tiket lolos otomatis ke Piala Thoma dan Uber 2022 lantaran saking mepetnya persiapan.

INDOSPORT.COM – Hong Kong memutuskan tidak menerima wild card atau tiket lolos otomatis ke Piala Thoma dan Uber 2022 lantaran saking mepetnya persiapan.

Sebanyak 16 tim teratas dunia akan bersaing memperebutkan trofi lambang supremasi bereg putra dan putri, Piala Thomas dan Uber, di Impact Arena, Bangkok, Thailand, pada 8 -15 Mei 2022.

Baca Juga

Akan tetapi, perwakilan Oceania, Selandia Baru, memutuskan mundur setelah dipastikan tidak bisa mengirimmkan wakilnya karena sebagian besar skuat dinyatakan positif COVID-19.

Dengan tidak adanya negara Oceania lain yang bisa memenuhi kuota, Hong Kong pun diundang sebagai urutan cadangan berikutnya berdasarkan peringkat dunia menurut Federasi Bulutangkis Dunia (BWF).

Namun, Hong Kong pun memutuskan menolak tawaran emas tersebut sehingga tempat tersebut akhirnya diserahkan kepada Amerika Serikat yang posisinya ada di bawah mereka.

Baca Juga

Kepala Pelatih Asosiasi Bulutangkis Hong Kong (HBA), Tim He Yiming, menjelaskan bahwa mereka terpaksa melepas kesempatan itu karena para pemain, khususnya tim putra harus menjalani karantina hotel.

Para pemainn ini baru saja kembali dari Badminton Asia Champioships 2022. Dengan karantina di hotel yang memakan waktu kurang lebih lima hari membuat persiapan ke Piala Thomas dan Uber sangat terbatas.

“Ini adalah kesempatan yang baik untuk melawan yang terbaik di dunia, tetapi sayangnya kami tidak punya waktu (persiapan) dan karena itu harus menolak undangan itu,” kata pelatih kepala Tim He Yiming, dilansir dari South China Morning Post.

Baca Juga

“Pemain kami masih dikarantina setelah kembali dari Kejuaraan Asia di Manila dan bahkan jika mereka melakukan perjalanan ke Thailand minggu ini, mereka tidak akan memiliki performa dan kebugaran untuk bertanding di ajang tersebut,” jelas He Yiming.


1. Hong Kong Bersiap ke Asian Games 2022

Piala Thomas dan Uber.

Amerika Serikat yang mendapat wild card ke Piala Thomas nantinya akan tampil di Grup D bersama Jepang, Malaysia dan Inggris.

Sementara juara bertahan Indonesia berada di grup A, sedangkan China berada di grup B yang juga dihuni tim kelas berat, Denmark. Grup C akan dipimpin oleh Chinese Taipei dan India.

Baca Juga

Hong Kong sendiri terakhir kali tampil di Piala Thomas pada 2018 dan juga tampil dalam dua kesempatan turnamen dua tahunan ini pada edisi sebelumnya.

Selain karena terhalang masa karantina, He Yiming juga mengatakan bahwa pihaknya sengaja memrioritaskan para pemain tampil di Badminton Asia Championships di Manila pekan lalu.

Baca Juga

Dipahai, acara tersebut telah terdaftar sebagai turnamen yang setara dengan Super 1000, sekelas All England. Para pemain berisiko kehilangan poin peringkat jika mereka tidak hadir.

He Yiming menambahkan bahwa nantinya para pemain akan mengikuti seleksi  setelah kembali dari Manila untuk persiapan ke Asian Games 2022 paling lambat Mei, sesuai tengga waktu yang ditetapkan Komite Olimpiade.

Baca Juga

“Asian Games adalah prioritas utama kami tahun ini dan kami harus mengirimkan pemain terbaik kami dengan mengorbankan acara lainnya,” tandasnya.


2. Asian Games Hangzhou 2022 Resmi Ditunda Gara-gara Covid-19

Asian Games 2022 yang berlangsung di Hangzhou, China, resmi ditunda

Pesta olahraga se-Asia atau Asian Games 2022 yang akan digelar di Hangzhou, China, kini resmi ditunda hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Asian Games 2022 yang akan berlangsung di Hangzhou pada bulan September nanti, dipastikan ditunda tanpa ada batas waktu.

Hal ini diungkapkan oleh penyelenggara Asian Games 2022 pada hari ini, Jumat (6/5/22), ketika China masih berjuang melawan naiknya kasus Covid-19. B

Tidak ada alasan khusus yang diberikan penyelenggara Asian Games 2022 untuk penundaan itu, tetapi China diketahui memang gigih menuntaskan Covid-19.

"Dewan Olimpiade Asia mengumumkan bahwa Asian Games ke-19, yang semula dijadwalkan diadakan di Hangzhou, China pada 10-25 September 2022 akan ditunda.

"Tanggal baru untuk kontes olahraga ini akan diumumkan di kemudian hari," tertulis dalam rilis di website Asian Games.

Baca selengkapnya: Asian Games Hangzhou 2022 Resmi Ditunda Gara-gara Covid-19

Piala ThomasHong KongBulutangkisBerita Bulutangkis

Berita Terkini