x

Gara-gara Fajar/Rian, Herry IP Pertaruhkan Nama Kevin/Ahsan di Piala Thomas 2022

Rabu, 11 Mei 2022 19:09 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
Pelatih bulutangkis Indonesia, Herry IP. Foto: Humas PP PBSI

INDOSPORT.COM - Gara-gara Fajar Alfian/M. Rian Ardianto, pelatih ganda Indonesia, Herry IP pertaruhkan nama Kevin Sanjaya/Mohammad Ahsan di Piala Thomas 2022.

Sebagaimana diketahui, Piala Thomas ialah pertandingan bulutangkis beregu, dan tiap tim berhak bongkar pasang pemainnya.

Indonesia memanfaatkan momen tersebut ketika Marcus Fernaldi Gideon absen usai operasi kaki bulan lalu. Maka, Kevin Sanjaya harus siap dipasangkan dengan siapa saja.

Baca Juga

Setelah sebelumnya dipasangkan dengan Bagas Maulana, kini Kevin Sanjaya lagi-lagi dipasangkan dengan Mohammad Ahsan.

Meski Kevin/Bagas menang di Piala Thomas 2022, tapi Kevin/Ahsan tak bisa menyusul pencapaian tersebut. Mereka kalah dari wakil Korea di hari ketiga fase Grup A.

Kevin Sanjaya/Mohammad Ahsan kalah dari pasangan Kang Minhyuk/Seo Seungjae di rubber game, skor akhir 18-21, 21-13, 12-21.

Baca Juga

Kekalahan ini membuat Indonesia tertinggal 2-0 dari Korea Selatan, setelah sebelumnya Anthony Sinisuka Ginting juga kalah dari Heo Kwanghee di angka 16-21, 21-15, 14-21.

Pelatih ganda putra Indonesia, Herry IP cukup menyayangkan hasil kekalahan ini. Padahal, ia yakin bahwa duet Kevin/Ahsan adalah kolaborasi terbaik di Piala Thomas.

Baca Juga

"Sayang ya, sebenarnya ada kans Kevin/Ahsan bisa menang. Di gim ketiga, sudah unggul 8-4, dan tersusul, Kevin/Ahsan jadi goyang dan skor berubah jadi 8-11."

"Ketika pindah tempat, lawan menang angin dan semua polanya jadi berubah. Kita akui, pasangan Korea juga bagus. Mereka layak diwaspadai," tambah pelatih Herry IP.


1. Peluang Fajar/Rian Menang atas Korea

Pasangan ganda putra Indonesia, Fajar Alfian dan Muhammad Rian Ardianto di BAC 2022. Foto: PBSI

Terlepas dari kekalahan ini, pelatih ganda putra Indonesia, Herry IP mengaku punya pertinbangan mengapa Kevin Sanjaya/Mohammad Ahsan turun di Piala Thomas.

Apalagi, Kevin Sanjaya/Mohammad Ahsan ditempatkan di ganda urutan pertama, padahal pasangan gado-gado ini baru dipasangkan sesaat jelang pertandingan.

Baca Juga

Di sisi lain, ada pasangan ganda putra yang sudah solid dan lebih lama berpasangan, yaitu Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Pelatih Herry IP justru menempatkan Fajar/Rian sebagai ganda kedua, melawan Yong Jin/Na Sung Seung di Piala Thomas 2022.

"Kevin/Ahsan kita pilih sebagai ganda pertama, karena mereka yang paling baik dan siap," ucap Herry IP usai pertandingan.

Baca Juga

"Kalau menaikkan Fajar/Rian sebagai ganda pertama, kansnya 50-50. Apalagi terakhir di final Korea Open, Fajar/Rian juga kalah."

"Kans Fajar/Rian justru akan lebih besar prosentase menang kalau tetap jadi ganda kedua. Makanya diputuskan Kevin/Ahsan pertama dan Fajar/Rian kedua," jelasnya.

Baca Juga

Namun, ia tak menyesal saat Kevin/Ahsan kalah. Setidaknya, Herry IP mengantongi kekuatan Korea untuk jadi pembelajaran.

"Ini menjadi perhatian dan pekerjaan rumah untuk kita. Ke depan, akan kita coba dengan ganda-ganda muda kita yang belum masuk tim ini," pungkas sang pelatih berjuluk Naga Api.


2. Hasil Sementara Piala Thomas Indonesia vs Korea

Tim Indonesia menjajal lapangan Impact Arena jelang Piala Thomas dan Uber 2022.

Anthony Sinisuka Ginting vs Heo Kwanghee 16-21, 21-15, 14-21.

Kevin Sanjaya/Mohammad Ahsan vs Kang Minhyuk/Seo Seungjae 18-21, 21-13, 12-21.

Shesar Hiren Rhustavito vs Jeon Hyeok Jin 19-21, 21-8, 21-10

Fajar Alfian/M. Rian Ardianto vs Yong Jin/Na Sung Seung

Syabda Perkasa Belawa vs Yun Gyu Lee

Mohammad AhsanPiala ThomasFajar Alfian/Muhammad Rian ArdiantoHerry IPHerry Iman PierngadiBulutangkisBerita BulutangkisMohammad Ahsan/Kevin Sanjaya

Berita Terkini