x

Pakai Line Up Coba-coba di Piala Uber 2022, Pelatih Puas Meski Bilqis dkk Kalah

Rabu, 11 Mei 2022 15:04 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
Pebulutangkis tunggal putri Indonesia, Bilqis Prasista. Foto: PBSI

INDOSPORT.COM - Pakai line up coba-coba di Piala Uber 2022, para pelatih bulutangkis Indonesia puas meski Bilqis Prasista dkk harus kalah 1-4 dari Jepang, Rabu (11/05/22).

Berbeda dari line up sebelumnya, di mana Bilqis Prasista yang jadi pemain tunggal ketiga, kali ini, atlet 18 tahun itu justru jadi unggulan satu, melawan Akane Yamaguchi.

Baca Juga

Kemudian, Komang Ayu Cahya Dewi dan Aisyah Sativa Fatetani yang belum pernah kalah, justru tidak diturunkan, guna menjaga kondisi mereka untuk babak perempat final.

"Komang Ayu Cahya Dewi dan Aisyah Sativa Fatetani kita beri waktu rehat agar semakin siap saat turun di perempatfinal nanti," ujar pelatih skuat tunggal putri, Morico Harda.

"Kami juga memberikan kesempatan bagi Tasya Farahnailah dan Siti Sarah Azzahra main di Piala Uber," tambah sang pelatih.

Baca Juga

Hal serupa juga diterapkan oleh tim ganda putri Indonesia di Piala Uber 2022, karena Merah Putih sudah dipastikan lolos grup.

Pelatih ganda putri Indonesia, Prasetyo Restu Basuki, memberi jatah istirahat bagi pemain yang sudah diturunkan di dua laga, melawan Prancis dan Jerman kemarin.

"Febriana/Amalia kita istirahatkan, juga Nita Violina biar rehat dulu. Mereka biar makin bugar saat main di pertandingan penentuan di perempat final nanti," ungkap Prasetyo. 

Baca Juga

Maka, pasangan Melani Mamahit/Tryola Nadia diturunkan sebagai ganda pertama.

Sementara Lanny Tria Mayasari masih diturunkan sebagai ganda kedua di Piala Uber 2022, tapi kali ini ia berpasangan dengan Jesita Putri Miantoro.


1. Apa Kata Tim Uber Indonesia

Pebulutangkis ganda putri Indonesia, Melani Mamahit/Tryola Nadia. Foto: PBSI

Walau menurunkan line up coba-coba di Piala Uber 2022, tapi Indonesia justru bisa memberi perlawanan maksimal atas wakil Jepang saat bertanding di Impact Arena.

Bilqis Prasista, pebulutangkis tunggal putri pemilik rangking 333 itu sukses menjegal Akane Yamaguchi, pemain nomor wahid dunia, dengan skor sengit 21-19, 21-19. 

Baca Juga

Dari pertarungan ini, sosok Bilqis bisa jadi contoh. Dengan bermodalkan keyakinan dan percaya diri, semua kesulitan dan tantangan di tengah lapangan bisa diatasi. 

"Saya tadi main tanpa beban. Saya yakin saja, di pertandingan tidak ada yang tidak mungkin. Saya kan rangkingnya masih jauh. Tetapi bisa menang atas Akane," ucapnya. 

Di ganda pertama, Melani Mamahit/Tryola Nadia, sempat mencuri satu gim, sebelum takkuk dari pasangan Chiharu Shida/Nami Matsuyama, skor akhir 16-21, 21-18, 15-21. 

Baca Juga

"Tadi kami tampil tanpa beban saja, tidak memikirkan soal harus menang atau apa. Lawan memang pasangan kelas dunia, bisa mencuri satu gim pun sudah senang," kata Melani. 

Indonesia jadi tertinggal 1-2 setelah Tasya Farahnailah tidak bisa keluar dari tekanan dan mengeluarkan performa terbaik. Dia kalah dari Sayaka Takahashi, 9-21, 5-21. 

"Saya tidak bisa cepat beradaptasi. Ini penampilan pertama saya. Lawan juga bagus dan cepat sekali. Yang saya sesali, permainan saya tidak keluar sama sekali," kata Tasya. 

Baca Juga

Kekalahan Lanny Tria Mayasari/Jesita Putri Miantoro dari wakil Jepang, Yuki Fukushima/Mayu Matsumoto dengan skor 14-21, 15-21, membuat Indonesia makin tertinggal 1-3. 

"Tadi karena baru pertama main, adaptasi dengan lapangan masih kurang, masih cari taktik yang pas. Apalagi, saya juga baru main lagi bareng Lanny," papar Jesita. Apa


2. Hasil Piala Uber Indonesia vs Jepang

Tim bulutangkis putri Indonesia siap berjuang di Piala Uber 2022.

Bilqis Prasista vs Akane Yamaguchi, 21-19, 21-19.
Melani Mamahit/Tryola Nadia vs Chiharu Shida/Nami Matsuyama, 16-21, 21-18, 15-21.
Tasya Farahnailah vs Sayaka Takahashi, 9-21, 5-21.
Lanny Tria Mayasari/Jesita Putri Miantoro vs Yuki Fukushima/Mayu Matsumoto, 14-21, 15-21.
Siti Sarah Azzahra vs Riko Gunji, 12-21, 22-24.

Piala UberBulutangkisBerita BulutangkisJesita Putri Miantoro/Lanny Tria MayasariMelani Mamahit/Tryola NadyaBilqis PrasistaSiti Sarah AzzahraLanny Tria Mayasari/Jesita Putri Miantor

Berita Terkini