x

Profil Bilqis Prasista, Si 'Pembunuh' Raksasa Akane Yamaguchi Berjiwa Tenang

Rabu, 11 Mei 2022 13:01 WIB
Editor: Juni Adi
Pebulutangkis tunggal putri Indonesia, Bilqis Prasista. Foto: PBSI

INDOSPORT.COM - Nama Bilqis Prasista menjadi perbincangan setelah ia mengalahkan pebulutangkis asal Jepang, Akane Yamaguchi di lanjutan Piala Uber 2022.

Tim putri Indonesia untuk Piala Uber 2022 kembali bertanding melawan Jepang, untuk menentukan juara Grup A di Impact Arena, Bangkok, Thailand, pada Rabu (11/05/22) pagi WIB.

Baca Juga

Partai pertama dibuka antara Bilqis Prasista melawan unggulan nomor satu dunia, Akane Yamaguchi. Meski sama-sama sudah lolos ke babak perempatfinal, namun keduanya tampil penuh dengan persaingan.

Bilqis Prasista mengawali gim pertama dengan mulus, karena dirinya mampu meraih poin demi poin hingga kedudukan 4-0. 

Sayang, sedang berada di atas angin tapi Bilqis Prasista melakukan kesalahan, usai gagal mengembalikan shuttlecock dekat net, yang membuahkan poin pertama untuk Akane Yamaguchi.

Baca Juga

Akane Yamaguchi perlahan mulai bangkit dan menyusul poin Bilqis Prasista menjadi 6-6. Bilqis Prasista lantas coba keluar dari tekanan, dan unggul lagi, tapi kesalahan bola out membuat Akane mengejarnya.

Akane Yamaguchi kemudian berbalik unggul dan menutup interval gim pertama dengan skor 11-9, berlawan dari kesalahan Bilqis Prasista yang menyerobot shuttlecock di depan net tapi ternyata out.

Selepas jeda gim pertama, pertandingan kembali berlangsung sengit. Kedua pebulutangkis saling mengejar skor 11 sama, 12 sama, 13 sama, 14 sama.

Baca Juga

Namun setelah itu Akane Yamaguchi sempat menahan Bilqis Prasista untuk tidak mengejar perolehan poinnya, dengan keunggulan dua angka 16-14.

Tapi Bilqis pantang menyerah dan terus mengejar. Skor pun imbang lagi di skor 17-17! Dengan impresif Bilqis kemudian sempat unggul pada kedudukan 19-17.

Walaupun Akane bisa menyamakan skor lagi jadi 19 sama. Namun, Bilqis Prasista pada prosesnya mampu menambah dua poin lagi untuk merebut gim pertama 21-19. 

Gim Kedua

Berlanjut di gim kedua, Yamaguchi lebih menang angin sehingga membuatnya mampu mendominasi permainan melawan Bilqis.

Bilqis sendiri nampaknya sulit keluar dari tekanan. Dirinya masih tertinggal jauh 2-6 atas Yamaguchi yang lebih berani menyerang bervariasi di gim kedua.

Perlahan-lahan, Bilqis mulai kembali ke performanya. Namun usahanya itu tetap tak mampu ketinggalan kedudukan saat Yamaguchi mengamankan interval kedua unggul 6-11.

Usai jeda, Yamaguchi lebih mempercepat tempo permainan. Pukulan-pukulannya membuat Billqis sempat lari pontang-panting mengejar bola.

Bilqis mampu meraih tiga angka beruntun berkat hentakan pukulannya yang sulit diprediksi Yamaguchi.

Yamaguchi nampaknya kehilangan fokus. Pukulannya yang terlalu power ternyata malah memberi keuntungan Bilqis untuk menyamakan kedudukan menjadi 13-13.

Netting menyilang yang gagal dikembalikan Bilqis membuatnya berbalik unggul, namun Yamaguchi tak membiarkan hal ini terjadi begitu lama saat dia melakukan serangan netting.

Dalam posisi tertinggal, Bilqis memamerkan pukulan pukulan lop-nya yang mengejutkan Akane. Dia kembali menyamakan kedudukan 17-17 sebelum berbalik unggul.

Reli panjang dengan terjadi, dengan Bilqis tampak tak bisa mengimbangi keuletan Akane Yamaguchi. Laga pun semakin memanas karena kedudukan kembali sama kuat 18-18.

Smash bola tanggung dimanfaatkan Bilqis untuk berbalik unggul. Pukulan Akane keluar memastikan Bilqis meraih gimpoin.

Sayangnya, pukulan lopnya keluar lapangan memberi nafas bagi Yamaguchi. Pukulan nettingnya membuat Akane terpaku dan Biliqis memastikan kemenangan di gim kedua dengan skor 21-19.

Keberhasilan Bilqis Prasista menumbangkan tunggal putri nomor satu dunia Akane Yamaguchi.

Membuat Indonesia unggul 1-0 atas Jepang, dan juga namanya langsung menjadi trending topic dielu-elukan oleh publik Tanah Air. Seperti apa profilnya?


1. Profil Bilqis Prasista

Bilqis Prasista di Mola TV PBSI Home Tournament.

Penampilan gemilang Bilqis Prasista rupanya bukan hanya di Piala Uber 2022 menumbangkan Akane Yamaguchi saja.

Sebelumnya ia juga mengukir prestasi gemilang saat menjadi bagian dari tim Indonesia di turnamen Badminton Asia Tim Championship (BACT 2022) di Malaysia beberapa waktu lalu.

Tak seperti atlet-atlet Indonesia lainnya yang melakukan selebrasi dengan berteriak keitka mendapat poin. Bilqis Prasista justru tetap tenang.

Ia bahkan nyaris tak bersuara tiap kali mendapatkan poin.

Penampilannya pada ajang partai kelima babak penyisihan Grup A Uber Cup 2022, Indonesia vs Perancis, menjadi salah satu buktinya, yang berlanjut di partai melawan Jepang.

Baca Juga

Bilqis Prasista lahir pada 24 Mei 2003 lalu di Magelang, Jawa Tengah. Darah bulutangkis rupanya sudah mengalir dalam darahnya sedari kecil, karena kedua orang tuanya merupakan mantan legenda bulutangkis Indonesia.

Kedua orang tuanya adalah Joko Supriyanto dan Zelin Resiana. Joko Supriyanto merupakan mantan pemain pelatnas di era 90an. 

Salah satu prestasi tertingginya adalah menjadi juara dunia 1993 di tunggal putra.

Baca Juga

Sementara Zelin Resiana juga aktif di medio 90an dan masuk dalam tim putri Indonesia yang menjuarai Uber Cup 1994 dan 1996.

Bilqis Prasista sendiri membela klub PB Djarum, kemudian ditarik ke Pelatnas PBSI setelah talentanya tercium untuk dikembangkan di level internasional pada 2020 lalu.

Tak butuh waktu lama, Bilqis Prasista kemudian menjadi bagian dari wakil Indonesia di beberapa turnamen bulutangkis Internasional.

Salah satunya terbaru adalah ketika ia membantu Indonesia dalam Badminton Asia Team Championship (BATC) di Malaysia.

Baca Juga

Kemudian pada Mei 2022, dia menjalani debutnya pada ajang Piala Uber di Bangkok, Thailand.

Debutnya berakhir manis dengan menang atas wakil Perancis, Yaelle Hoyaux pada Minggu (8/5/2022), 17-21, 21-14, dan 21-18.

Ternyata, Bilqis mempunyai saudara kembar bernama Bilqis Pratista yang sama-sama bermain bulu tangkis dan masuk klub PB Djarum pada 2018.

Namun baru Bilqis Prasista yang berhasil menembus pelatnas PBSI. Berikut profil lengkapnya:

Bodata Bilqis Prasista Nama: Bilqis Prasista

Nama akrab: Bilqis

Tempat lahir: Magelang, Jawa Tengah

Tanggal lahir: 24 Mei 2003 (18 tahun)

Tangan dominan: Kanan

Sektor: Tunggal putri

Klub: PB Djarum

Prestasi: Juara Bangladesh Junior International Series 2021, Juara Jakarta Junior International Series 2019, Semifinalis Badminton Asia Junior Championship 2019.


2. Kunci Sukses Bilqis Prasista

Pebulutangkis tunggal putri Indonesia, Bilqis Prasista. Foto: PBSI

Sekadar diketahui, Bilqis Prasista diturunkan sebagai tunggal putri pertama saat Indonesia bersua Jepang di matchday ketiga Grup A Piala Uber 2022. 

Bilqis Prasista yang menempati peringkat 333 dunia dihadapkan dengan Akane Yamaguchi yang kaya prestasi.

Baca Juga

Pertandingan itu dilangsungkan di Impact Arena, Bangkok, Rabu (11/5/2022) pagi WIB. Mampu tampil konsisten, Bilqis Prastis pun meraih kemenangan dengan straight game, 21-19, 21-19.

"Saya tidak menyangka bisa menang atas Akane. Karena dia itu pemain nomor satu dunia dan memiliki prestasi banyak," ungkap Balqis selepas pertandingan seperti dirilis yang diterima dari PBSI.

Baca Juga

"Saya bisa membuat kejutan. Saya kan rangkingnya masih jauh. Tetapi bisa menang atas Akane," imbuh Bilqis.

Bilqis Prasista mengaku hampir menangis setelah memberikan kemenangan bagi Indonesia. Ia pun merasa kemenangan tersebut terasa seperti mimpi.

Baca Juga

"Tadi di lapangan setelah memastikan menang, saya mau menangis haru dan gembira karena seperti mimpi bisa menang dan membuat kejutan. Tetapi air mata ini tidak keluar," tegas Bilgis.

Piala UberAkane YamaguchiBulutangkisBilqis Prasista

Berita Terkini