x

Hasil Piala Uber 2022: Febriana/Amalia Dihajar Ganda No.1 Dunia, Indonesia 0-2 China

Kamis, 12 Mei 2022 11:05 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
Hasil perempat final Piala Uber 2022, ganda putri Indonesia, Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi menantang andalan China, Chen Qing Chen/Jia Yi Fan.Pratiwi. Foto: PBSI

INDOSPORT.COM - Berikut hasil pertandingan perempat final Piala Uber 2022, di mana ganda putri Indonesia, Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi menantang andalan China, Chen Qing Chen/Jia Yi Fan

Bertanding di Impact Arena, Bangkok, Thailand, Rabu (11/5/22) siang WIB, tim putri Indonesia  berhadapan  dengan juara bertahan China di babak perempat final Piala Uber 2022.

Baca Juga

Tampil sebagai ganda putri pertama, Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi memikul beban agar Indonesia bisa menyamakan kedudukan dengan China.

Terlebih, lawannya adalah pasangan berperingkat 1 dunia di ranking BWF. Namun, status peringkat Chen Qingchen/Jia Yi Fan tak menciutkan nyali Febriana/Amalia yang terbilang baru debut di Piala Uber tahun ini.

Meski mampu melakukan perlawanan alot Febriana/Amalia harus mengakui keunggulan Chen Qing Chen/Jia Yi Fan secara straigt game dengan skor 21-19 dan 16-21 dalam waktu 48 menit.

Baca Juga

Febriana/Amalia sejatinya tampil mengejutkan di set pertama melawan Qingchen/Yi Fan. Bagaimana tidak, serangan rapi dan solid membuat mereka langsung unggul 5-3 atas pasangan China.

Qingchen/Yi Fan, di sisi lain, masih belum terlihat nyaman dengan permainan mereka. Alhasil, mereka kerap melakukan kesalahan yang justru menguntungkan Febriana/Amalia.

Jelang interval, Febriana/Amalia unggul empat angka dari Qingchen/Yi Fan dengan kedudukan 9-5. Pukulan datar Yi Fan menyangkut net membuat mereka lagi-lagi unggul.

Baca Juga

Usai reli panjang yang berujung poin untuk Qingchen/Yi Fan, Febriana/Amalia sempat kehilangan fokus. Namun mereka tetap mampu mengamankan keunggulan di interval pertama 11-8.


1. Febriana/Amalia Dikalahkan Chen Qingchen/Yi Fan

Chen Qingchen dan Jia Yifan.

Pada kedudukan 14-15, pasangan China melakukan serangan beruntun. Sebuah pukulan tepat sasaran akhirnya membuat mereka menyamakan kedudukan dengan Febriana/Amalia.

Kejar-kejaran skor sempat terjadi, dengan Febriana/Amalia akhirnya kembali unggul 19-17. Dua angka beruntun berhasil mereka raih berkat kesalahan Qingchen/Yi Fan.

Baca Juga

Kedudukan kembali imbang 19-19, kedua pasangan pun saling beradu drive namun sayang pukulan Febriana/Amalia keluar memberi angka matchpoint bagi pasangan China.

Sebuah lucky ball di depan net tak bisa diselamatkan Febriana/Amalia, mengantarkan Chen Qingchen/Jia Yi Fan memenangkan set pertama dengan skor  21-19.

Berlanjut di set kedua, Cheng Qingchen/Jia Yi Fan bermain menekan ke pertahanan Febriana/Amalia. Hasilnya, mereka langsung unggul jauh 7-4.

Baca Juga

Dalam posisi melawan angin, Febriana/Amalia justru semakin tertekan dan kesulitan mengimbangi permainan Chen Qingchen/Jia Yi Fan. Mereka dipaksa tertingga jauh pada interval kedua 5-11.

Usai turun minum, Febriana/Amalia perlahan-lahan bangkit. Namun hal itu tetap tak mampu membuat mereka mengejar ketertinggalan.

Delapan poin tertinggal pada kedudukan 11-19, Febriana/Amalia mencoba menunda kemenangan cepat Chen Qingchen/Jia Yi Fan.

Baca Juga

Sebuah miskomunikasi terjadi antara Febriana/Amalia, dan situasi ini dimanfatakan Chen Qingchen melakukan smash untuk mematikan reli panjang yang berujung matchpoint 15-20.

Tiga angka beruntun kembali diraih Febriana/Amalia meski harus melalui jalan terjal. Namun serangan beruntun Chen Qingchen/Jia Yi Fan memastikan pasangan China memenangkan set kedua dengan 16-21.


2. Indonesia Tertinggal dari China

Pebulutangkis ganda putrai Indonesia, Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi. Foto: PBSI

Kekalahan yang dialami Febriana/Amalia ini membuat Indonesia tertinggal 2-0 dari China di babak perempat final Piala Uber 2022.

Sebelumnya, tunggal putri Komang Ayu Cahya Dewi lebih dulu kalah dari Chen Yufei dalam dua set langsung dengan skor 21-15, 21-13.

Selanjutnya, tunggal putri kedua Bilqis Prasista akan diturunkan. Pemain berusia 18 tahun ini akan menghadapi He Bing Jiao di partai ketiga.

Tentunya, Bilqis Prasista diharapkan melanjutkan performanya yang mengejutkan usai mengalahkan Akane Yamaguchi di pertandingan pamungkas fase grup antara Indonesia v Jepang kemarin.

Rekap Hasil perempat final Piala Uber 2022, Kamis (12/05/22)

Indonesia vs China

WS1 – Komang Ayu Cahya Dewi vs Chen Yu Fei, 21-15, 21-15
WD1 – Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi vs Chen Qingchen/Jia Yi Fan 21-19, 21-16
WS2 –  Bilqis Prasista vs He Bing Jiao
WD2 – Nita Violina Marwah/Lanny Tria Mayasari vs Huang Dong Ping/Zheng Yu
WS3 – Siti Sarah Azzahra/Wang Zhi Yi

Piala UberChinaChen Qingchen/Jia YifanFebriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi

Berita Terkini