x

SEA Games 2021: Peran Pelatih Indonesia Bawa Tim Putri Vietnam ke Semifinal Bulutangkis

Selasa, 17 Mei 2022 08:35 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Indra Citra Sena
Pada hajatan SEA Games 2021, ada peran pelatih Indonesia, Hariawan, yang turut mengantarkan tim beregu putri Vietnam untuk lolos ke babak semifinal bulutangkis.

INDOSPORT.COM – Pada hajatan SEA Games 2021, ada peran pelatih Indonesia, Hariawan, yang turut mengantarkan tim beregu putri Vietnam untuk lolos ke babak semifinal bulutangkis.

Sebagaimana diketahui, pesta olahraga terbesar di Asia Tenggara, SEA Games 2021, sedang bergulir di Hanoi, Vietnam, pada 12-23 Mei 2022.

Baca Juga

Kurang lebih ada 40 cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan, termasuk bulutangkis. Olahraga tepok bulu ini memainkan sektor beregu pada 16-18 Mei 2022, dan individu pada 19-22 Mei 2022.

Negara-negara dengan tradisi medali seperti Indonesia, Thailand, dan Malaysia memiliki peluang besar untuk memborong medali bulutangkis di SEA Games 2021.

Namun bukan berarti negara lain di Asia Tenggara tak punya peluang untuk menyabet medali. Vietnam misalnya. Sebagai tuan rumah, Vietnam pasti membidik hasil maksimal.

Baca Juga

Raihan positif pertama bahkan telah ditunjukkan oleh Vu Thi Trang (B) dan kawan-kawan saat menghempas tim favorit juara Malaysia dengan skor 3-1 di perempat final, (Senin (16/5/22).

Pemain putri Vietnam yaitu Nguyen Thuy Linh, Vu Thi Trang (B), dan Vu Thi Anh Thu sukses meluluh-lantahkan tim muda Malaysia, Siti Nurshuhaini, Siti Zulaikha, dan Ong Xin Yee.

Hasil itu tentunya menorehkan sejarah positif bagi Vietnam yang pada akhirnya melesat ke semifinal untuk berjumpa tim putri Indonesia.

Baca Juga

Namun perlu diketahui, bahwa ada peran pelatih bulutangkis Indonesia, Hariawan, yang sukses membawa Vietnam ke semifinal beregu SEA Games 2021.

Kedatangan pelatih Hariawan ke Vietnam, tentu sangat diharapkan bisa membantu tim bulutangkis Negeri Naga Biru yang tengah kering prestasi dan minim regenerasi.


1. Target Bulutangkis Vietnam di SEA Games 2021

Pelatih bulutangkis asal Indonesia, Hariawan, memiliki misi untuk membantu Vietnam menyabet medali SEA Games 2021.

Hariawan sendiri bukan pelatih yang sembarangan. Pria bertangan dingin itu tercatat sudah malang-melintang ke berbagai klub dan negara dalam misi menghasilkan juara.

Pelatih bulutangkis asal Indonesia, Hariawan, didatangkan ke Vietnam dalam upaya untuk membantu Vietnam asa menyabet medali SEA Games 2021 bulutangkis.

Baca Juga

Karena tak bisa dipungkiri bahwa dalam hajatan SEA Games 2021 ini, Vietnam masih minim regenerasi dan mengandalkan pemain-pemain veteran seperti Nguyen Tien Minh hingga Vu Thi Trang (B).

Melansir media lokal Vietnam, 24 H, negaranya bahkan hanya berani mematok 1 medali perunggu cabang olahraga bulutangkis Sea Games 202.2

“Bulutangkis hanya bertujuan untuk memenangkan setidaknya 1 medali perunggu di kandang. Itu menunjukkan misi minimal dan kewajaran dengan situasi bulutangkis Vietnam saat ini,” tulisnya.
 

Baca Juga

Selain itu, dengan kedatangan Hariawan, Asosiasi Bulutangkis Vietnam juga diharapkan dapat membantu meningkatkan skill dan strategi para pemain bulutangkis negaranya untuk menghadapi turnamen di masa depan.

“Kami berharap dengan hadirnya tenaga ahli dari Indonesia itu, dapat membantu meningkatkan kualitas professional tim kami,” ucap Mr.Le Thanh Ha, selaku sekretaris Jenderal Asosiasi Bulutangkis Vietnam.

Pemain muda tunggal putri seperti Nguyen Tien Linh pun mengakui bahwa persiapan demi SEA Games 2021 telah maksimal dilakukan oleh tim Vietnam.

Baca Juga

“Meskipun banyak kesulitan karena pandemi, tetapi saya dan seluruh tim akan bekerja keras untuk mencapai hasil terbaik di Sea Games ke-31, untuk berkontribusi dalam pencapain Delegasi Olahraga Vietnam,” ucap Nguyen Thuy Linh.

Kini, berkat campur tangan pelatih Indonesia Hariawan, kini Vietnam sukses merealisasikan misi untuk menyabet medali SEA Games 2021. Karena tim putri Vietnam sukses ke semifinal.

Laga semifinal bulutangkis beregu putri antara Indonesia vs Vietnam, akan berlangsung pada Selasa (17/5/22) di Bac Giang Provincial Gymnasium.


2. Tim Beregu Putra Indonesia Lolos Semifinal SEA Games 2021

Tumbangkan Kamboja, tim beregu putra Indonesia sukses ke semifinal bulutangkis SEA Games 2021.

Selain kesuksesan peran pelatih Hariawan yang meloloskan tim putri Vietnam ke semifinal bulutangkis beregu SEA Games 2021, ada fakta membanggakan lain di semifinal.

Tak lain karena tim beregu putra Indonesia juga sukses melaju ke semifinal usai menumbangkan Kamboja dengan skor telak 3-0 di babak perempat final yang berlangsung Senin (16/5/22).

Chico Aura Dwi Wardoyo menjadi pemain pertama yang meraih kemenangan, usai mengalahkan tunggal putra Kamboja, Vannthoun Vath dengan mudah yakni 21-6 dan 21-9.

Pada partai kedua, Pramudya/Yeremia sukses mengalahkan Heng Mengleap/Yam Samnang dengan mudah yakni lewat dua gim dengan skor 21-7, 21-14. 

Selanjutnya kemenangan Indonesia ditutup lewat penampilan apik tunggal putra Christian Adinata yang mengalahkan Sok Rikreay dengan skor 21-7 dan 21-6.

Tim putra Indonesia akan berjumpa dengan Thailand di babak perempat final, ditemani tim putra Singapura jumpa Malaysia.

Baca selengkapnya: Rekap Hasil Bulutangkis SEA Games 2021: Babat Habis Kamboja, Indonesia ke Semifinal

SEA GamesVietnamBulutangkisBerita BulutangkisSEA Games 2021

Berita Terkini