x

SEA Games 2021: Target Medali Emas Tunggal Putra Meleset, Begini Respons PBSI

Sabtu, 21 Mei 2022 09:34 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Subhan Wirawan
Kabid Binpres PBSI, Rionny Mainaky, memberikan respons usai kegagalan sektor tunggal putra menyumbangkan medali SEA Games 2021, sekaligus gagal capai target.

INDOSPORT.COM – Kabid Binpres PBSI, Rionny Mainaky, memberikan respons usai kegagalan sektor  tunggal putra menyumbangkan medali SEA Games 2021, sekaligus gagal capai target.

Seperti diketahui bahwa pesta olahraga terbesar di Asia Tenggara, SEA Games 2021, sedang bergulir  di Hanoi, Vietnam, pada 12-23 Mei 2022.

Baca Juga

Bulutangkis menjadi salah satu cabang olahraga yang paling dinantikan. Ada 2 kategori dipertandingkan, yaitu beregu (16-18 Mei 2022) dan perorangan (19-22 Mei 2022).

Berlangsung di Bac Giang Gymnasium, Indonesia sendiri menetapkan tiga target medali emas dari cabang olahraga (cabor) bulutangkis.

Medali emas itu diharapkan bisa lahir dari nomor beregu putra, tunggal putra, dan ganda putra. Untuk itulah Indonesia mengirimkan sejumlah pebulutangkis potensial untuk mencapai target.

Baca Juga

Sayang 2 medali emas sudah lepas dari nomor beregu putra dan tunggal putra. Nomor beregu putra yang dipenggawai Chico Aura Dwi Wardoyo dkk harus puas dengan raihan medali perunggu.

Sedangkan medali emas lain yang lepas adalah dari nomor tunggal putra.  Dari 2 tunggal putra yang dikirim PBSI, yaitu Chico Aura Dwi Wardoyo dan Christian Adinata gagal menyumbang medali.

Pebulutangkis Christian Adinata langsung kandas di babak 16 besar SEA Games 2021 usai kalah dari pemain veteran tuan rumah, Nguyen Tuen Minh.

Baca Juga

Sementara, di babak perempat final SEA Games 2021 pada Jumat (20/5/22), sebagai unggulan ketiga, Chico Aura Dwi Wardoyo juga harus tumbang di perempat final dari wakil Singapura, Jia Heg Jason Teh.

Usai kegagalan tunggal putra Indonesia mempersembahkan medali bulutangkis SEA Games 2021, Kabid Binpres PBSI, Rionny Mainaky, langsung memberi respons. Seperti apakah responsnya?


1. Respons Menarik Rionny Mainaky

Kandas di perempat final, Chico Aura Dwi Wardoyo sesungguhnya adalah satu pemain yang diharapkan bisa menyabet emas bulutangkis SEA Games 2021.

Melansir dari laman PB Djarum, sebagai perwakilan pelatih Indonesia di PBSI, Rionny Mainaky memberikan respons atas penampilan tunggal putra di SEA Games 2021.

Dimulai dari dirinya yang mengevaluasi penampilan tunggal putra Chico Aura Dwi Wardoyo saat dikalahkan pebulutangkis Singapura ranking 88 dunia, Jia Heng Jason Teh dengan skor 21-16, 21-16.

Baca Juga

Menurutnya, Chico Aura Dwi Wardoyo adalah salah satu pemain yang diharapkan bisa menyabet medali emas bulutangkis perorangan SEA Games 2021.

Hal itu berkaca dari impresifnya Chico saat meraih perunggu Badminton Asia Championship (BAC) 2022. Namun lantaran tegang, dianggap Rionny Mainaky sebagai faktor penyebab kekalahan sang atlet.

“Chico yang kita harapkan (meraih medali emas SEA Games 2021), mainnya tadi tegang sekali,” ucap Rionny Mainaky melansir PB Djarum.

Baca Juga

“Mungkin kaget juga, karena SEA Games ini kan beda dengan kejuaraan-kejuaraan lain. Tekanan besar dan mainnya tidak lepas. Jadi serba salah,” sambung Rionny Mainaky.

“Tadi sebenarnya di poin 16, dia kelihatan percaya diri. Tapi kemudian di-break sama lawan. (Hal) ini yang butuh pengalaman, “ imbuh Rionny Mainaky.

“Kalau kita lagi enak terus di-break sama lawan, kita harus bagaimana. (Kekalahan) itu disayangkan dan (Chico) masih butuh pengalaman,” pungkas Kabid Binpres PBSI, Rionny Mainaky.

Baca Juga

Sebelumnya, tiga pebulutangkis tunggal putra Indonesia juga gagal menyumbang poin saat Indonesia dikalahkan Thailand di semifinal nomor beregu SEA Games 2021.

Mereka adalah Chico Aura Dwi Wardoyo, Christian Adinata, dan Bobby Setiabudi. Artinya, performa tunggal putra Indonesia yang dikirim PBSI secara keseluruhan tampil di bawah performa terbaik.  

Meski demikian, Indonesia masih memiliki asa medali lain di nomor perorangan bulutangkis SEA Games 2021. Pada laga semifinal, Sabtu (21/5/22), Indonesia sukses menempatkan tujuh wakilnya.


2. Jadwal Bulutangkis Perorangan SEA Games 2021

Jadwal Semifinal Bulutangkis SEA Games 2021: 7 Wakil Merah Putih Siap Sumbang Medali, Sabtu (21/5/22).

Sesuai pernyataan Kabid Binpres PBSI, Rionny Mainaky dengan target 3 medali emas SEA Games 2021, maka tersisa 7 wakil Indonesia yang diharapkan bisa mencapainya.

Perjuangan 7 wakil Indonesia di semifinal bulutangkis SEA Games 2021 nomor individu akan dimulai Sabtu (21/5/22) pada pukul 13.00 WIB, live MNC TV hingga streaming gratis RCTI+.

Salah satu wakil Indonesia yang lolos ke babak semifinal bulutangkis SEA Games  2021 yakni pasangan ganda putri Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti.

Ganda putri racikan terbaru PBSI ini tampil luar biasa di babak perempat final usai menumbangkan unggulan pertama, Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai.

Kini, Apriyani Rahayu/ Siti Fadia Silva Ramadhanti bakal menghadapi wakil dari Singapura Insyirah Khan/Zhi Rui Bernice Lim guna memperebutkan tiket ke babak final.

Baca selengkapnya:  Jadwal Semifinal Bulutangkis SEA Games 2021: 7 Wakil Merah Putih Siap Sumbang Medali

PBSIChico Aura Dwi WardoyoBulutangkisBerita BulutangkisChristian AdinataSEA Games 2021Rionny Mainaky

Berita Terkini