x

Baru Juara Hylo Open 2021, Ganda Putri Jepang Mendadak Umumkan Pensiun

Rabu, 25 Mei 2022 20:45 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Indra Citra Sena
Atlet bulutangkis ganda putri asal Jepang yang baru menjuarai Hylo Open 2021, Aoi Matsuda, dikabarkan gantung raket atau pensiun pada usia ke-26 tahun.

INDOSPORT.COM –  Atlet bulutangkis ganda putri asal Jepang yang baru menjuarai Hylo Open 2021, Aoi Matsuda, dikabarkan gantung raket atau pensiun pada usia ke-26 tahun.

Diketahui, Aoi Matsuda adalah ganda putri Jepang yang berpasangan dengan Chisato Hoshi. Tercatat keduanya menduduki ranking 38 dunia.

Baca Juga

Penampilan terakhir keduanya adalah di turnamen German Open 2022. Sayangnya Aoi Matsuda/Chisato Hoshi memutuskan mundur dari kejuaraan tanpa diketahui alasannya.

Sebelum German Open 2022, keduanya juga sempat tampil Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2021 pada 12-19 Desember. Sayangnya mereka kalah di 32 besar oleh Lee So Hee/Shin Seung-chan.

Kemudian di Indonesia Open 2022, Aoi Matsuda/Chisato Hoshi uga terhenti di babak 32 besar oleh kompatriotnya, Rin Iwanaga/Kie Nakanishi.

Baca Juga

Kendati demikian, Aoi Matsuda/Chisato Hoshi sukses menjuarai Hylo Open 2021 yang berlangsung pada 2-7 November 2021 di Saarbrucken, Jerman.

Praktis, di antara absennya Aoi Matsuda/Chisato Hoshi pada turnamen pada 2022, ada berita mengejutkan bahwa Aoi Matsuda memutuskan pensiun pada usia 26 tahun.

Ya, pebulutangkis kelahiran 26 Februari 1996 itu memutuskan pensiun sebagaimana dilansir dari laman resmi klubnya, Biprogy pada Minggu (15/5/22).

Baca Juga

Dalam rilisnya, Aoi  Matsuda tergabung di klub Unisys yang sekarang bernama Biprogy pada Maret 2019. Bersama Chisato Hoshi, keduanya mentereng dengan gelar di turnamen bulutangkis internasional.

Sayangnya, karier mereka mungkin belum sementereng ganda putri Jepang lainnya seperti Matsuyama/Chiharu Shida, Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara, Yuki Fukushima/Sayaka Hirota, dan lain-lain.

Dalam rilis Biprogy, tidak diketahui pasti alasan Aoi Matsuda pensiun. Namun dia menyatakan pesan yang sangat menyentuh untuk perjalanan kariernya.


1. Pesan Menyentuh Aoi Matsuda

Pesan menyentuh yang diucapkan Aoi Matsuda saat memutuskan pensiun.

Dilansir dari laman resmi klub bulutangkis Jepang, Biprogy, berikut adalah pesan menyentuh yang diucapkan Aoi Matsuda saat memutuskan pensiun.

“Terima kasih untuk 3 tahun. Satu hari telah berlalu sejak saya bergabung dengan perusahaan, dan itu sangat cepat dan saya dapat menghabiskan waktu yang memuaskan," ucap Aoi Matsuda.

Baca Juga

“Hal pertama yang saya rasakan ketika bergabung dengan tim adlaah kemampuan untuk bersatu dalam pertempuran tim. Saya sangat gugup pada pertandingan yang saya diizinkan untuk bermain," sambung juara Hylo Open 2021 itu.

Kemudian dalam rillisnya, Aoi Matsuda juga mengatakan bahwa perjalanannya menjadi atlet bulutangkis Jepang tidaklah mudah. Terlebih saat memasuki turnamen bulutangkis level senior.

“Setelah itu, saya mencoba untuk menjadi yang terbaik dan mengejar jalan saya di level senior. Saya dapat meningkatkan nilai saya sedikit demi sedikit, dan itu menajdi kenangan yang akan bertahan seumur hidup saya.”

Baca Juga

“Saya sangat bersyukur bisa bermain dengan tim yang hebat dan memiliki banyak pengalaman. Terima Kasih! Saya telah mendukung Anda untuk waktu yang kama, jadi tolong untuk teruskan yang terbaik!”

Berita tentang pensiunnya Aoi Matsuda langsung menimbulkan kesedihan bagi rekan-rekannya, baik di tim nasional bulutangkis Jepang maupun di klubnya, Biprogy.

Rekan-rekannya satu klub yaitu Chisato Hoshi, Misaki Matsutomo, Sayaka Takahashi, Arisa Higashino, Kie Nakanishi, Rin Iwanaga, memberi ucapan terima kasih.

Baca Juga

Selain itu, para penggemar bulutangkis Jepang maupun  internasional pun dibuat kaget dan sedih dengan kabar pensiunnya Aoi Matsuda yang terkesan mendadak.

Hal itu salah satunya yang disampaikan oleh pemilik akun twitter @irfanifrnamaul4. “Dari berita baru-baru ini, Aoi Matsuda Jepang resmi umumkan pensiun dari dunia bulutangkis. Happy retirement.”


2. Ganda Putra Jepang Gusur The Daddies

Takuro Hoki/Yugo Kobayashi menggusur Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan dari peringkat dua BWF.

Selain kabar pensiunnya Aoi Matsuda, ada fakta lain tentang ganda putra Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi yang menggusur Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan dari peringkat dua BWF.

Hal itu lantaran Takuro Hoki/Yugo Kobayashi baru saja menjadi juara Thailand Open 2022 pada 17-22 Mei 2022 lalu usai mengalahkan pebulutangkis Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

“Menjadi Juara dari Thailand Open 2022, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi mencapai ranking tertinggi dalam karirnya, yaitu ranking 2 dunia!” tulis Badminton Talk.

Badminton Talk memprediksi bahwa Hoki/Kobayashi bakal mendapatkan tambahan poin yang membuat mereka mengantongi 104.350 poin per Senin (23/05/22).

Baca selengkapnya: The Daddies Tergusur! Ganda Putra Jepang Duduki Ranking 2 Dunia usai Juara Thailand Open
 

JepangBulutangkisBerita BulutangkisNippon Badminton Association (NBA)Hylo Open 2021

Berita Terkini