x

Greysia Polii Pensiun, Musuh Bebuyutannya asal China Berikan Pesan Penuh Haru

Kamis, 9 Juni 2022 10:02 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Prio Hari Kristanto
Ganda putri ranking satu dunia asal China, Chen Qing Chen/Jia Yi Fan, sampaikan respons haru saat musuh bebuyutannya, Greysia Polii, baru memutuskan pensiun.

INDOSPORT.COM – Ganda putri ranking satu dunia asal China, Chen Qing Chen/Jia Yi Fan, sampaikan respons haru saat musuh bebuyutannya, Greysia Polii, baru memutuskan pensiun.

Sebagaimana diketahui, peraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020, Greysia Polii, resmi pensiun dari bulutangkis pada usia ke-34 tahun.

Baca Juga

Keputusan pensiun tersebut disampaikan oleh Greysia Polii dalam testimonial day di Social Garden, Mall Senayan City, Jakarta, Jumat (03/06/22).

Dalam pernyataannya saat itu, Greysia Polii tidak akan bertanding di dua ajang prestisius bulan ini yakni Indonesia Masters maupun Indonesia Open 2022 di Istora Senayan. 

Nantinya, ada seremoni perpisahan melalui laga eksibisi di Final Indonesia Masters 2022 pada 12 Juni untuk pemain ganda putri peringkat enam dunia ini. 

Baca Juga

Keputusan Greys – sapaan akrab Greysia Polii – mengakhiri 19 tahun kariernya di dunia tepok bulu ini pun mendapatkan tanggapan dari musuh bebuyutannya asal China, Chen Qing Chen/Jia Yi Fan.

Dilansir dari laman Djarum Badminton, Chen Qing Chen/Jia Yi Fan memberikan pesan menyentuh agar Greysia Polii  bisa lebih berbahagia usai memutuskan pensiun.

Menurut Chen Qing Chen, Greysia Polii adalah sosok pebulu tangkis yang berkarakter dan meninggalkan kesan tak terlupakan di setiap kompetisi.

Baca Juga

“Kami sudah  bertemu dalam banyak pertandingan, dan terakhir di Olimpiade (Tokyo 2020). Greysia bisa juara, dan kami melihat mereka sangat senang dengan hasil itu,” ucap Chen Qing Chen.

Ya, rivalitas Greysia Polii bersama Apriyani Rahayu vs Chen Qing Chen/Jia Yi Fan memang terkenal mengesankan dan panas.

Terutama di final Olimpiade Tokyo 2020 lalu. Siapa sangka Greysia Polii/Apriyani Rahayu yang tertinggal 4-6 secara head to head, justru tampil dominan untuk meraup medali emas Olimpiade.


1. Berharap Bisa Bertemu Greysia Polii Usai Pensiun

Chen Qing Chen/Jia Yi Fan mengutarakan bahwa dia berharap bisa bertemu dengan Greysia Polii di luar arena kompetisi bulutangkis.

Senada dengan Chen Qing Chen, sang partner, yaitu Jia Yi Fan mengutarakan bahwa dia berharap bisa bertemu dengan Greysia Polii di luar arena kompetisi bulutangkis.

Juara Dunia bulutangkis 2021 asal China itu juga berharap bisa berbagi cerita dengan Greysia Polii soal pertandingan yang pernah mereka lalui atau kah hal santai lainnya.

Baca Juga

“Pasti kami akan rindu (aksi Greysia Polii). Senang bisa bertanding melawan Greysia. Saya berharap setelah pandemi, dia bisa datang ke China,” ucap Chen Qing Chen.

“(Di China kami bisa) menciptakan banyak pengalaman seru,” tambah Jia Yi Fan bercerita tentang Greysia Polii.

Kesedihan Chen Qing Chen/Jia Yi Fan berpisah dengan Greysia Polii juga menjadi hal cukup diwajarkan. Terlebih dia adalah sosok yang dikenal sebagai atlet  bulutangkis yang humble dengan para atlet lain.

Baca Juga

Sejumlah sahabat luar negeri yang dekat dengan Greysia Polii misalnya Chang Ye Na, Shin Seung-chan (Korea Selatan), Chen Qing Chen/Jia Yi Fan (China),  Sapsiree Taerattanachai (Thailand), hingga Misaki Matsutomo (Jepang).

Sementara para atlet di Indonesia pun sangat mengagumi sosok Greysia Polii yang mengayomi, termasuk atlet-atlet dari ganda putri seperti Apriyani Rahayu, Siti Fadia Silva Ramadhanti, dan lain-lain.

Selain keramahannya,  Greysia Polii juga tak bisa dipisahkan dari dedikasinya sebagai atlet bulutangkis. Media China, Sohu, bahkan secara khusus menulis karakter Greysia Polii yang penuh inspirasi.

Baca Juga

Media Sohu secara khusus menulis, “Menengok ke belakang, Greysia Polii masih bisa memenangkan kejuaraan Olimpiade (Tokyo 2020) ketika dia berusia 34 tahun.”

“Sementara itu, ada cukup banyak pemain bulutangkis China pensiun pada usia 23 atau 24 tahun, jadi ini patut untuk dipelajari..”

“Yang perlu kita pelajari bukan hanya keterampilannya menangkis bola, akan tetapi juga semangatnya yang tidak takut tantangan dan mengatasi diri sendiri
.”


2. Rencana Greysia Polii Pascapensiun dari Bulutangkis

Rencana Greysia Polii usai memutuskan pensiun dari bulutangkis.

Dapat pesan mengharukan dari musuh bebuyutannya asal China, Chen Qing Chen/Jia Yi Fan, begini rencana Greysia Polii pascapensiun dari bulutangkis.

Pebulu tangkis berusia 34 tahun itu mengungkapkan bahwa ia tetap ingin berkontribusi bagi dunia bulutangkis Tanah Air, meski tak lagi aktif di lapangan.

Namun untuk saat ini, dia masih ingin menomorsatukan suami yakni Felix Djimin dan keluarganya dulu. Terlebih, dirinya juga punya beberapa bisnis yang sedang dibangun.

“Seperti yang selalu saya bilang, saya sudah 30 tahun mendedikasikan untuk bulutangkis, bahkan sudah tinggal di asrama dari usia 11 tahun,” ujar Greysia Polii.

“Jadi waktu saya buat keluarga, mama, suami saya, itu yang harus dinomorsatukan untuk saat ini. Paling enggak untuk beberapa tahun ke depan,” lanjutnya.

"Bahkan sekarang ada beberapa bisnis yang sedang saya bangun juga. Saya juga menjadi ketua atlet dari BWF, lalu PBSI juga bilang jangan meninggalkan Pelatnas begitu saja. Ya, semoga dengan waktu dan hidup saya bisa kasih itu," kata Greysia Polii.

Baca selengkapnya: Tak Akan 'Lupa Daratan', Ini Rencana Greysia Polii Setelah Gantung Raket

 

Greysia PoliiBulutangkisBerita BulutangkisChen Qingchen/Jia Yifan

Berita Terkini