x

Rapor Tunggal Putra di Indonesia Masters 2022 Sejauh Ini

Sabtu, 11 Juni 2022 18:15 WIB
Editor: Juni Adi
Tunggal Putra Indonesia Jonatan Christie di Indonesia Masters 2022. Foto: PBSI

INDOSPORT.COM - Indonesia cukup banyak meloloskan wakilnya ke babak kedua Indonesia Master 2022, namun sayang sektor tunggal putra tidak begitu sukses tampil di depan publik sendiri.

Salah satu turnamen bulutangkis bergengsi di dunia, Indonesia Masters 2022, masih berlangsung di Istora Senayan, Jakarta, mulai Selasa (07/06/22) hingga Minggu (12/06/22).

Baca Juga

Istora Senayan ditunjuk menjadi venue pertandingan, dengan bolehnya dihadiri oleh penonton. Ini merupakan kali pertama sejak dua tahun terakhir Indonesia Masters digelar lagi di Jakarta.

Sebelumnya pada edisi 2021 lalu, Indonesia Masters digelar di Bali dengan sistem protokol kesehatan yang ketat, tanpa adanya penonton karena berlansung di tengah situasi pandemi Covid-19.

Sederet atlet bulutangkis top dunia mengonfirmasi kehadirannya di kejuaraan level BWF World Tour Super 500 ini yang menyediakan hadiah total 360 ribu dolar AS (sekitar Rp5,1 miliar).

Baca Juga

"Sebanyak 273 atlet dari 28 negara akan ikut berpartisipasi yang mana berasal dari negara-negara terkuat bulu tangkis dunia akan mengirimkan pemain terbaiknya ke Jakarta," kata Wakil Ketua PP PBSI Alex Tirta dalam keterangan pers virtual.

"Melihat pemain-pemain yang hadir, kualitas turnamen ini bisa disebut layaknya perang bintang. Semua pebulutangkis top dunia datang dan meramaikan persaingan sejak babak awal," ujarnya menjelaskan.

Beberapa atlet top yang akan berlaga di Istora Senaya di antaranya Viktor Axelsen, Anders Antonsen, Chou Tien Chen, Lakshya Sen, Loh Kean Yew, hingga pasangan Lee Yang/Wang Chi-Lin dan Aaron Chia/Soh Wooi Yik.

Baca Juga

Di sektor putri akan hadir Carolina Marin, Chen Yu Fei, He Bing Jiao, Pusarla V Sindhu, hingga ratu bulu tangkis Korea Selatan, An Se Young.

Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana yang baru Ganda putra yang baru saja menjuarai All England 2022 juga disebut akan tampil.

Marcus Fernaldi Gideon yang saat ini sedang cedera juga dipastikan bakal tampil bersama rekannya di sektor ganda putra yakni Kevin Sanjaya Sukamuljo.

Sementara itu untuk saat ini Indonesia Masters 2022 telah memasuki babak semifinal.

Kiprah tuan rumah sendiri bisa dibilang cukup baik, karena meloloskan banyak wakil di babak semifinal ini.

Mereka adalah Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti, Anthony Ginting, Marcus Fernaldi/Kevin Sanjaya, dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Dari beberapa sektor yang mengirimkan wakilnya, sektor tunggal putra menjadi sorotan banyak pihak.

Sebab Indonesia hanya mampu meloloskan satu nama Anthony Ginting dari beberapa nama besar yang diturunkan oleh PBSI.

Berikut rapor beberapa nama wakil Indonesia di sektor tunggal putra di Indonesia Master 2022 sejauh ini.


1. Chico Aura

Tommy Sugiarto

Chico Aura sukses tampil mengejutkan di babak pertama kualifikasi atau R1 Indonesia Master 2022, dengan melanjutkan tren positif di tunggal putra.

Ia lolos ke babak 16 besar, setelah memulangkan wakil India, Sameer Verma, dengan skor 21-17, 21-15.

Namun sayang di babak 16 besar, Chico Aura harus tunduk dari wakil Korea Selatan, Loh Kean Yew dengan skor 21-11, 21-14.

Baca Juga

Tommy Sugiarto

Jejak positif Chico Aura gagal diikuti oleh wakil tunggal putra Indonesia lain di Indonesia Masters 2022, Tommy Sugiarto.

Mantan atlet pelatnas PBSI itu gagal meraih tiket ke babak kedua setelah kalah dari tunggal putra Hong Kong, Lee Cheuk Yiu.

Menang di set pertama dengan skor 21-17, Tommy justru kalah telak di set kedua dengan skor 9-21. Sayangnya, Tommy juga belum mampu meraih kemenangan di set ketiga dan harus kalah dengan skor 17-21.

Baca Juga

Shesar Hiren Rhustavito

Kegagalan juga dialami oleh Shesar Hiren Rhustavito yang tak bisa melangkah jauh di turnamen Indonesia Masters 2022 ini. 

Vito belum mampu mengatasi perlawanan tunggal putra terbaik dunia asal Denmark, Viktor Axelsen. 

Tak butuh waktu lama bagi Viktor Axelsen untuk menyudahi perlawanan Vito. Vito tunduk dua set langsung dengan skor 14-21, 7-21.


2. Jonatan Christie

Tunggal Putra Indonesia Jonatan Christie di Indonesia Masters 2022. Foto: PBSI

Nama besar lain dari tunggal putra Indonesia yang mengalami nasib buruk di Indonesia Master 2022 adalah Jonatan Christie.

Pebulutangkis berpengalaman ini merupakan unuggulan keenam, tapi gagal melangkah jauh karena kalah di babak pertama.

Baca Juga

Jojo -sapaan karib Jonatan Christie- tak bisa lolos ke 16 besar, usai kalah dari wakil China, Zhao Jun Peng lewat permainan rubber.

Jonatan menang di set pertama dengan skor meyakinkan 21-10. Sayangnya, Jonatan dipaksa bermain rubber setelah kalah dengan skor 14-21 di set kedua. 

Di set penentuan pun Jonatan belum bisa bangkit sehingga akhirnya menyerah dengan skor 11-21 atas tunggal putra China, Zhao Jun Peng.

Baca Juga

Anthony Ginting

Anthony Ginting menjai satu-satunya wakil tunggal putra tuan rumah di Indonesia Masters 2022 yang tampil cukup gemilang.

Pebulutangkis asal Cimahi itu berhasil melaju hingga babak semifinal, bertemu wakil Denmkar, Viktor Axelsen, pada Sabtu (11/06/22).

Perjuangan apik Anthony Ginting dimulai di babak pertama dengan mengalahkan wakil Thailand, Kunvalut Vitidsarn, dengan permainan rubber.

Baca Juga

Ini merupakan pertemuan keempat kedua pemain. Ginting kalah head to head dengan skor 1-2. Ia juga kalah dipertemuan terakhir mereka. 

Tertinggal di set pertama dengan skor 16-21, Ginting berhasil paksakan rubber set setelah menang 21-16 di set kedua. 
Kembali fokus, Ginting akhirnya bisa meraih kemenangan dengan skor 21-18 di set penentuan.

Di babak kedua atau 16 besar, Anthony Ginting bertemu wakil Thailand lainnya, Sitthikom Thammasin dengan skor 21-13, 21-14.

Di babak perempatfinal atau 8 besar, lagi-lagi Ginting tampil baik. Berhadapan dengan wakil unggulan Malaysia, Lee Zii Jia, dirinya menang dengan skor 18-21, 21-16, 21-15.

Dengan hasil ini, Indonesia dipastikan hanya meloloskan satu wakil tunggal putra di semifinal Indonesia Masters 2022. 

Tommy SugiartoJonatan ChristieIndonesia MastersAnthony GintingBulutangkisIndonesia Masters 2022

Berita Terkini