x

Termasuk Kegemukan, Ini Penyebab Cedera Praveen Jordan di Indonesia Open

Kamis, 16 Juni 2022 14:55 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Prio Hari Kristanto
Dari kegemukan hingga salah gerak, ini penyebab mundurnya pasangan ganda campuran Indonesia Praveen Jordan/Melati Daeva di Indonesia Open 2022. Foto: PBSI

INDOSPORT.COM - Pasangan ganda campuran Indonesia Praveen Jordan/Melati Daeva harus menarik diri dari babak 16 besar Indonesia Open 2022, Kamis (16/06/22).

Praveen Jordan/Melati Daeva terpaksa mundur dari Indonesia Open 2022 karena Praveen Jordan mengalami cedera pinggang.

Baca Juga

Mundurnya Praveen Jordan/Melati Daeva pun diumumkan oleh Vita Marissa selaku pelatih keduanya. "Memang setelah Kejuaraan Asia kita cek, di situ istilahnya ada low back pain HNP L5 S1, jadi ada syaraf yang kejepit," ucap Vita Marissa.

Tentu kabar ini mengejutkan, sebab pada babak 32 besar Indonesia Open Praveen Jordan tampak baik-baik saja.

Terkait cedera yang dialami oleh Praveen Jordan memang banyak penyebabnya. Seperti diutarakan oleh dokter Octaviani yang memang banyak menangani pebulu tangkis Indonesia.

Baca Juga

"Penyebabnya banyak ya, yang pasti karena dia atlet maka gerakan-gerakan tertentu yang salah juga pasti memicu," buka dr Octa saat ditemui di Istora Senayan.

"Kemudian tekanan-tekanan juga, lalu Jordan juga sempat berat badannya meningkat, itu juga pengaruh."

"Cuma menurut saya dia lebih ke gerakannya. Gerakan mendadak yang terlalu cepat tanpa disadari, bisa kompresi ke sarafnya," jelas dokter Octa.

Terkait proses penyembuhan cedera Praveen Jordan, dokter Octa pun mengaku tidak ada jangka waktu. Bahkan bisa saja Praveen Jordan harus naik meja operasi untuk penyembuhan cederanya ini.

"Tidak ada jangka waktu yang pasti. Tergantung dari fisik atletnya sendiri karena saraf tidak seperti otot, bisa kembali normal lagi."

Baca Juga

"Kalau saraf itu enggak,jadi yang terbaik memang harus rest dulu," jelas dokter Octa.

"Kalau memang sampai terlalu menekan dan sakitnya tidak bisa ditahan lagi, bisa dioperasi. Itu pilihan terakhir," tutup dokter Octa.


1. Sakit hingga Sulit Berjalan, Praveen/Melati Mundur dari Indonesia Open 2022

Pebulutangkis ganda campuran Indonesia Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti di BAC 2022. Foto: PBSI

Sebelumnya, kabar mengejutkan datang dari ganda campuran Indonesia, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti. Keduanya memutuskan mundur dari babak 16 besar Indonesia Open 2022.

Pasangan Praveen Jordan/Melati Daeva memang dijadwalkan tampil di babak 16 besar Indonesia Open siang ini di mana mereka akan menghadapi pasangan ganda campuran asal Malaysia, Chen Tang Jie/Valeree Siow.

Baca Juga

Mundurnya Praveen Jordan/Melati diumumkan langsung oleh pelatih mereka, Vita Marissa.

"Jadi hari ini Jordan memang mengalami sakit yang kemarin di Kejuaraan Asia itu kambuh. Memang setelah kejuaraan asia kita cek, di situ istilahnya dia low back pain, jadi ada syaraf yang kejepit," ucap Vita Marissa.

Praveen Jordan/Melati Daeva sudah bermain di Indonesia Masters dan juga di babak 32 besar Indonesia Open 2022 menghadapi pasangan Skotlandia, Adam Hall/Julie Macpherson.

Baca Juga

Namun memang Vita mengatakan Praveen Jordan mengaku tidak merasakan sakit dan siap bermain. Tetapi pada pagi tadi, Praveen mengeluh merasakan sakit yang luar biasa.

"Kemarin memang sebenarnya sudah dilakukan treatment, dia juga sudah pakai korset sebelum Indonesia Masters," jelas Vita.

"Kemarin pun saya juga sudah tanya lagi, siap tidak kondisinya?. Dia bilang dia masih mau main di depan publik sendiri kan, tapi sayangnya kemarin itu ketika main tidak masalah tapi tadi pagi sakit lagi," beber Vita Marissa.

Bahkan Vita mengatakan imbas sakit yang dirasakan, Praveen Jordan sampai kesulitan berjalan. Makanya demi keselamatan anak asuhnya, Vita memutuskan menarik mundur Praveen Jordan/Melati di babak 16 besar Indonesia Open 2022.

Baca Juga

"Memang kalau menurut dokter syaraf kejepit itu agak susah, kapan saja bisa kejadian lagi."

"Tadi pagi dia bilang mulai terasa, mau jalan saja sakit. Jadi untuk keamanannya saya memutuskan lebih baik tarik mundur saja," tutup Vita Marissa.


2. Praveen/Melati Evaluasi Diri Demi Gelar Juara

Pebulutangkis ganda campuran Indonesia Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti di BAC 2022. Foto: PBSI

Sebelumnya, ganda campuran Indonesia, Praveen Jordan/Melati Daeva mengaku akan lebih siap lagi dalam melakoni babak kedua Indonesia Open 2022 demi meraih gelar juara.

Bertanding di Istora Senayan, Jakarta, Rabu (15/06/22), ganda campuran non-pelatnas Praveen/Melati berhadapan dengan wakil Skotlandia, Adam Hall/Julie Machperson.

Usai bertanding selama  30 menit Praveen/Jordan sukses menumbangkan Hall/Machperson secara straight gim 21-6, dan 21-18.

Praveen/Melati membuka set pertama dengan langsung tampil mengerikan. Mereka terlihat mendikte permainan dan mampu raih empat angka beruntun perdana.

Dalam waktu empat menit, Praveen/Melati yang sudah unggul telak dari Hall/Machperson mampu mengamankan interval pertama dengan skor sementara 11-4.

Baca Selengkapnya: Lolos 16 Besar Indonesia Open, Praveen/Melati Evaluasi Diri Demi Gelar Juara

Praveen JordanIndonesia OpenPraveen Jordan/Melati DaevaIndonesia Open 2022

Berita Terkini