x

Serba-serbi Wimbledon 2022: Daniil Medvedev Absen, Rafael Nadal Antusias Tampil

Rabu, 22 Juni 2022 21:50 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Prio Hari Kristanto
Rafael Nadal tumbangkan Novak Djokovic di perempat final French Open 2022. Foto: REUTERS-Yves Herman

INDOSPORT.COM – Berikut serba-serbi Wimbledon 2022. Absennya Daniil Medvedev, membuat juara bertahan Novak Djokovic jadi unggulan pertama dan Rafael Nadal antusias.

Raja tanah liat asal Spanyol, Rafael Nadal, sangat bersemangat untuk kembali beraksi di Wimbledon 2022 yang berlangsung 22 Juni-10 Juli.

Baca Juga

Diketahui, penyelenggara Grand Slam lapangan rumput itu telah melarang petenis dari Rusia dan Belarusia untuk bermain di Wimbledon 2022.

Hal itu menyusul dampak dari Invasi Rusia ke Ukraina, yang disebut Rusia sebagai ‘Operasi Khusus.’ Alhasil sejumlah petenis kenamaan seperti Daniil Medvedev tidak berlaga di Wimbledon 2022.

Sementara dikutip dari Reuters, petenis Alexader Zverev juga dipastikan absen dari Wimbledon 2022 lantaran cedera ligament sejak semifinal French Open 2022 lalu.

Baca Juga

Absennya Alexander Zverev dan Daniil Medvedev, membuat petenis Novak Djokovic sebagai unggulan pertama Wimbledon 2022.

Sementara petenis yang menjadi juara French Open 2022, Rafael Nadal, langsung melesat menjadi unggulan kedua Wimbledon 2022.

Dengan kondisi demikian, Rafael Nadal dan Novak Djokovic berada di bagian yang berbeda dari undian dan tidak dapat saling berhadapan sampai final pada 10 Juli 2022.

Baca Juga

Absennya para pesaing seperti Daniil Medvedev hingga Alexander Zverev, membuat Novak Djokovic berkesempatan untuk mempertahankan gelarnya di Wimbledon 2022.

Sedangkan Rafael Nadal yang sempat cedera pada kakinya di Italia Open 222 lalu, mengaku bersemangat tampil di Grand Slam Wimbledon 2022.


1. Rafael Nadal Semangat di Wimbledon 2022

Rafael Nadal bersemangat tampil di Wimbledon 2022.

Rafael Nadal yang merajai perolehan gelar Grand Slam dengan 22 piala, telah menjajal rumput Mallorca sebagai bentuk persiapan awal meskipun penyembuhan kakinya pascacedera belum sempurna.

“Saya senang. Saya belum berlatih selama seminggu dan proses pelatihan sedang berkembang,” ucap Rafael Nadal melansir ATP Tour.

Baca Juga

“Dari hari ke hari, rasa sakitnya mulai mereda dan itu adalah kemajuan. Niat saya adalah mencoba bermain di Wimbledon,” sambung Rafael Nadal.

“Minggu ini sepertinya akan ada banyak peluang untuk mengasah kemampuan,” sambungnya lagi.

Meski proses penyembuhan cederanya berjalan baik, namun rival sengit Novak Djokovic itu tetap akan berhati-hati dalam mengatur potensi fisiknya. Terlebih dia sudah lama tak merasakan suasana persaingan di Wimbledon.

Baca Juga

“Saat ini perkembangannya menurut saya cukup memuaskan. Tapi saya harus bijaksana karena saya tahu segalanya berubah,” ucap Rafael Nadal untuk Wimbledon 2022.

“Bisa berlatih beberapa hari sebelumnya adalah kemajuan dan memungkinkan saya untuk kembali ke Wimbledon setelah tiga tahun. Saya begitu bersemangat telah memberi diri ini kesempatan untuk bersaing."

Berbeda dengan Novak Djokovic yang berstatus sebagai juara bertahan Wimbledon, justru Wimbledon 2022 adalah comeback bagi Rafael Nadal sejak 2019.

Baca Juga

“Saya sudah tiga tahun tidak bermain di rumput, saya harus bersabar dengan perkembangan (cedera). Setiap hari ada peningkatan dan ada pekan ini yang tersisa untuk berlatih di London sebelum memulai turnamen.”

“Saya harap saya bisa menggunakan (kesempatan) untuk bisa bersaing (di Wimbledon 2022),” pungkas petenis Rafael Nadal.


2. Naomi Osaka Mundur dari Wimbledon 2022

Mantan petenis ranking 1 dunia, Naomi Osaka, mundur dari Wimbledon 2022.

Jika Novak Djokovic dan Rafael Nadal ‘diuntungkan’ dari absennya Daniil Medvedev dan Alexander Zverev, hal yang sama pun juga terjadi di sektor putri Wimbledon 2022.

Seperti Aryna Sabalenka yang tak bisa ikut Wimbledon 2022, petenis asal Jepang, Naomi Osaka juga mundur dari grand slam 2022 itu.

“Kondisi Achilles saya masih belum dalam keadaan bagus. Sampai jumpa lain waktu. Saya mencoba untuk positif di situasi negatif. Hilang sudah impian di lapangan rumput,” ujar Naomi Osaka melansir ESPN.

Naomi Osaka sudah menderita cedera Achilles sejak Madrid Open 2022. Dia kemudian tampil loyo di French Open 2022. Kala itu dia kalah dari Amanda Anisimova dengan skor 5-7 dan 4-6.

Saat itu, Naomi Osaka sampai harus menggunakan pereda rasa sakit ketika menjalani pertandingan. Kondisi ototnya saat menghadapi Amanda Anisimova sudah mengalami penurunan.

Baca selengkapnya: Kena Apes, Mantan Petenis Ranking 1 Dunia Mundur dari Wimbledon 2022

 

Rafael NadalWimbledonNovak DjokovicDaniil MedvedevTenisBerita Tenis

Berita Terkini