x

Kandas di Malaysia Open 2022, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Sebut Faktor Kalah Angin

Kamis, 30 Juni 2022 16:37 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
Ganda campuran Indonesia, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, mengatakan bahwa faktor lapangan berangin jadi penyebab mereka kandas di Malaysia Open 2022.

INDOSPORT.COM – Ganda campuran Indonesia, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, mengatakan bahwa faktor lapangan berangin jadi penyebab mereka kandas di Malaysia Open 2022.

Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari gagal melaju ke babak perempat final Malaysia Open 2022  usai dihentikan pasangan Hong Kong unggulan enam, Tang Chun Man/Tse Ying Suet.

Baca Juga

Bertanding di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Kamis (30/06/22), Rinov/Pitha harus mengakui keunggulan lawan usai melalui drama straight gim dengan skor 13-21, 10-21 dalam tempo 26 menit.

Rinov/Pitha mengaku sangat kecewa dengan hasil tersebut. Pasalnya, mereka gagal mengeluarkan kemampuan terbaiknya selama menghadapi perlawanan pemain Hong Kong.

“Hari ini kita masih under performed banget mainnya. Juga tadi masih banyak kendala yang dirasakan, jadi kita tidak bisa mengeluarkan kemampuan terbaik," ujar Rinov dilansir dari rilis resmi PBSI.

Baca Juga

Selain itu, ada faktor non-teknis lainnya yang membuat permainan Rinov/Pitha kalah dominan dari pasangan Hong Kong. Faktor yakni dimaksud ini adalah angin.

Ya, Rinov/Pitha nampaknya kurang siap mengatasi lapangan yang cukup berangin. Akibatnya, mereka kerap mengalami tekanan dari pihak lawan dan angka pun tertinggal jauh.

“Kendala yang utama adalah dengan lapangan berangin seperti ini belum bisa kita atasi, belum bisa kontrol,” sambung Pitha.

Baca Juga

“Bahkan sampai di gim kedua kita masih terus tertekan dari lawan, tidak bisa keluar dari tekanan," tandasnya.

Pada set pertama, Rinov/Pitha terlihat kurang siap menghadapi serangan-serangan pemain Hong Kong yang sarat jebakan. Alhasil, mereka langsung tertinggal 3-6.


1. Jalannya Pertandingan

Pasangan ganda campuran Indonesia, Rinov Rivaldy dan Pitha Haningtyas Mentari di Korea Open 2022. Foto: PBSI

Dalam posisi tertinggal 5-10, Rinov/Pitha mencoba bangkit. Namun pukulan Tse yang jatuh di depan net gagal dikembalikan Pitha membuat interval pertama berakhir 6-11.

Usai turun minum, posisi Rinov/Pitha semakin tertinggal dari lawannya. Pada kedudukan 9-18, Rinov/Pitha sempat mampu mendapat momentum untuk bangkit.

Baca Juga

Namun memasuki momen krusial, Rinov/Pitha justru melakukan fault servis. Ini memberi angin segar untuk Tang/Tse mengunci kemenangan di set pertama dengan skor 21-13.

Berlanjut di set kedua, Rinov/Pitha masih belum kembali ke performa terbaiknya. Mereka kerap gagal meredam serangan Tang/Tse.

Tang/Tse memanfaatkan momen ini untuk memperlebar jarak hingga interval pertama mereka mampu unggul dengan skor 11-4.

Baca Juga

Dua kali pukulan Pitha menyangkut di net memberi dua poin cuma-cuma untuk Tang/Tse dan memastikan kemenangan di set kedua dengan skor 10-21.

Hasil ini memastikan Rinov/Pitha tersingkir dari 16 besar. Sementara Tang Chun Man/Tse Ying Suet berhak melaju ke babak perempat final Malaysia Open 2022.

Baca Juga

Setelah kekalahan ini, Rinov/Pitha langsung fokus untuk evaluasi jelang Malaysia Masters 2022 yang akan dihelat pekan depan di arena yang sama, yakni di Axiata Arena, Kuala Lumpur.


2. Rinov/Pitha Alihkan Fokus ke Malaysia Masters 2022

Pasangan ganda campuran Indonesia, Rinov Rivaldy dan Pitha Haningtyas Mentari di Korea Open 2022. Foto: PBSI

Berbekal pengalaman di Malaysia Open 2022, Rinov/Pitha mengaku bakal lebih siap terutama saat mengontrol angin demi bisa meraih poin demi poin.

“Minggu depan, yang pasti harus lebih tahu harus main seperti apa sejak masuk lapangan. Saat kalah angin bagaimana, saat menang angin bagaimana. Melihat pola lawan juga karena lawan kan pasti berkembang,” sahut Pitha.

“Pasangan Hong Kong ini juga mereka bermain jauh lebih baik dari saat di Manila," tutupnya.

Sebagai informasi, Rinov/Pitha mampu menang di pertemuan terakhir kontra Tang/Tse dengan skor 10-21, 19-21. Tepatnya di babak 16 besar Kejuaraan Asia 2022 di Manila bulan April lalu.

Tang Chun Man/Tse Ying SuetBulutangkisRinov Rivaldy/Pitha HaningtyasBerita BulutangkisMalaysia Open 2022

Berita Terkini