x

Ganda Putra Indonesia Catat Rekor Apik di Malaysia Masters, Akankah Berlanjut?

Selasa, 5 Juli 2022 14:58 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
Ganda putra Indonesia mencatatkan rekor apik dalam sejarah Malaysia Masters. Akankah rekor tersebut berlanjut di edisi kali ini?

INDOSPORT.COM – Ganda putra Indonesia mencatatkan rekor apik dalam sejarah Malaysia Masters. Akankah rekor tersebut berlanjut  di edisi kali ini?

Hanya selang satu hari setelah berakhirnya ajang Malaysia Open 2022, para pebulutangkis dunia akan beralih fokus ke ajang Malaysia Masters 2022.

Baca Juga

Turnamen dengan level BWF Supepr 500 ini dihelat mulai 5-10 Juli di Axiata Arena, Kuala Lumpur. Ajang ini memperebutkan hadiah total 360 ribu dolar Amerika Serikat.

Tidak seperti gelaran Malaysia Open yang diramaikan sejumlah pemain top dunia, Malaysia Masters kali ini bakal jauh dari persaingan panas.

Pasalnya, sejumlah pebulutangkis dunia memutuskan mundur dari ajang ini karena cedera dan faktor kelelahan fisik usai digeber selama empat pekan sejak Indonesia Open bulan lalu.

Baca Juga

Beberapa pemain yang memutuskan mundur dari Malaysia Masters 2022, yakni Viktor Axelsen, Lee Zii Jia, Anders Antonsen, Shesar Hiren Rhustavito, Rasmus Gemke, Sitthikom Thammasin.

Sementara Indonesia dipastikan menurunkan 19 wakilnya dia ajang ini. Namun khusus untuk sektor ganda putra, hanya akan tiga wakil Merah Putih yang ambil bagian.

Ketiga pasangan ganda putra yang akan turun yakni Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri.

Baca Juga

Membahas rapor ganda putra di Malaysia Masters, Indonesia bisa dikatakan adalah juaranya.

Ya. Indonesia satu-satunya negara yang mengoleksi 5 gelar juara, terbanyak di sektor ganda putra sejak turnamen ini dihelar pada 2009.


1. Kevin/Marcus Kantongi 2 Gelar, Fajar/Rian Menyusul?

Pasangan ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di Final Malaysia Open 2022. Foto: PBSI

Malaysia, selaku tuan rumah, telah mengoleksi 4 gelar. Sementara raksasa Jepang, Korea dan Singapura masing-masing mengoleksi 1 gelar juara di sektor yang sama.

Merujuk dari data Wikipedia, gelar pertama Indonesia di sektor ganda putra Malaysia Masters diraih mending Markis Kido bersama Hendra Setiawan pada tahun 2010.

Baca Juga

Ganda putra nomor 1 dunia, Kevin Sanjaya/Marcus Gideon sudah memenangkan dua gelar di tahun 2016 dan 2019. 

Bahkan, dengan dua gelar tersebut, Minions – julukan Kevin/Marcus –  membuntuti catatan legenda tuan rumah Koo Kien Keat/Tan Boon Heuong yang juara di tahun 2009, 2011, dan 2012.

Pasangan Berry Angriawan/Hardianto, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto juga pernah juara ajang Super 750 ini masing-masing pada tahun 2018 dan 2018.

Nah, akankah tradisi menjuarai Malaysia Masters bisa dilanjutkan oleh tiga pasangan Indonesia yang akan bertanding pekan ini?

Baca Juga

Fajar/Alfian yang tengah on fire tahun ini tentunya sangat difavoritkan untuk menambah koleksi mereka yang kedua di ajang ini. Ini bakal menyamai catatan Kevin/Marcus yang terpaksa absen karena Marcus masih jalani masa pemulihan.

Terlebih, Fajar/Alfian sempat gagal memenangkan gelar di Axiata Arena pekan lalu usai dikalahkan Takuro Hoki/Yugo Kobayashi di partai final Malaysia Open pekan lalu.

Pasangan gaek Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan tentunya juga tak akan menyerah hingga titik akhir demi memenangkan gelar pertama mereka tahun ini.

Baca Juga

Terlebih bagi Hendra Setiawan, jika dirinya bisa juara di Malaysia Masters 2022 maka ini bisa membangkitkan kenangannya semasa masih bermitra dengan mendiang Markis Kido.

Sementara Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri juga diharapkan bisa kembali ke ‘Mode-All England’ mereka demi menambah pundi-pundi poin peringkat dunia.


2. Jadwal Wakil Indonesia di Malaysia Masters

Logo Malaysia Master 2022.

Di mulai hari ini, Selasa (05/07/22), jadwal Malaysia Masters yang dimulai pukul 09.00 WIB akan menyajikan partai kualifikasi dan sebagian pertandingan babak pertama ganda putri serta ganda putra. 

Empat wakil Indonesia yang akan bertanding hari ini, yakni Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana, serta Febby Valencia Dwijayanti Gani/Ribka Sugiarto. 

Menariknya, dari jadwal Malaysia Masters 2022 hari ini, empat wakil Indonesia pada babak utama, seluruhnya langsung ditantang jagoan tuan rumah, sehingga pertandingan akan diprediksi langsung panas.

Baca Selengkapnya

IndonesiaFajar Alfian/Muhammad Rian ArdiantoMohammad Ahsan/Hendra SetiawanKevin Sanjaya/Marcus GideonBulutangkisBerita BulutangkisBagas Maulana/Muhammad Shohibul FikriMalaysia Masters 2022

Berita Terkini