x

Gelar Kejuaraan Paling Bergengsi, PBSI Ukir Sejarah untuk Pertama Kalinya

Selasa, 26 Juli 2022 07:39 WIB
Penulis: Yudha Riefwan Najib | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) kembali mengukir sejarah dengan menggelar kejuaraan Piala Presiden 2022, di era kepeminpinan Agung Firman Saputra. PBSI

INDOSPORT.COM – Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) kembali mengukir sejarah dengan menggelar kejuaraan Piala Presiden 2022, di era kepeminpinan Agung Firman Sampurna.

Kejuaraan paling bergengsi di Tanah Air bernama Piala Presiden Bulutangkis 2022 tersebut, bakal digelar di GOR Nanggala, Cijantung, Jakarta Timur pada 1-6 Agustus 2022 mendatang.

Baca Juga

Piala Presiden 2022 ini menjadi kejuaraan bulutangkis yang pertama kali diselenggarakan sejak organisasi PBSI berdiri di Bandung 1951 silam. Ajang ini memperebutkan total hadiah satu miliar rupiah lebih.

"Ini merupakan sebuah sejarah baru di Indonesia, di mana digelar sebuah kejuaraan bulutangkis dengan memperebutkan Piala Presiden Republik Indonesia,” ungkap Agung dari rilis yang di terima INDOSPORT.

“Upaya PP PBSI yang memperjuangkan adanya kejuaraan Piala Presiden, akhirnya bisa terwujud," tambahnya di Pelatnas PBSI di Cipayung, Jakarta Timur, Senin (25/7) sore.

Baca Juga

Dalam konferensi pers ini dihadiri pula oleh Julius Aslan, Direktur PT Adaro Energy Indonesia, Tbk., Lok Budianto dari PwC

Turut pula hadir Hariyanto Arbi dari Flypower serta tiga pebulutangkis andalan Merah-Putih Anthony Ginting, Apriyani Rahayu, dan Siti Fadia Silva Ramadhanti.

Agung Firman Saputra berambisi untuk menggelar kejuaraan bulutangkis dengan memperebutkan Piala Presiden dalam visi-misi kepengurusan PBSI masa bakti 2020-2024,

Baca Juga

"Bulutangkis dengan prestasi yang membanggakan, malah belum pernah sekalipun menggelar Piala Presiden. Di kepengurusan saya, kita ingin menggelar Piala Presiden secara rutin. Dan alhamdulillah kita diberikan kesempatan mulai tahun ini," jelas Agung.

"Namun, berkat dibantu Bapak Maruarar Sirait sebagai Ketua Steering Committee, sehingga semuanya bisa berjalan lancar," tambahnya.


1. Tujuan Agung dalam Menyelenggarakan Kejuaraan Piala Presiden 2022

Ketua Umum PP PBSI, Agung Firman Sampurna. Foto: Humas PP PBSI

Menurut Agung firman Saputra, ajang yang baru pertama kali diselenggarakan ini bertujuan untuk menjaring bibit-bibit terbaik masa depan bulutangkis Indonesia.

Langkah ini dilakukan sebagai estafet regenerasi untuk menjaga prestasi dan supremasi bulutangkis Indonesia di pentas dunia.

Baca Juga

Selain itu, ajang Piala Presideb 2022 ini sekaligus digelar untuk memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Dalam kejuaraan ini, para pemain akan berlaga dengan membela provinsinya masing- masing. Daerah dengan jumlah raihan medali emas terbanyak, akan berhak atas trofi bergilir Piala Presiden.

Baca Juga

Sementara itu, Ketua Umum PBSI, Agung Firman Saputra juga tidak lupa untuk mengucapkan terima kasih kepada Presiden RI, Joko Widodo.

"Terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kami haturkan kepada Bapak Presiden Jokowi,” ungkap Agung Firman Saputra.

Baca Juga

Tak hanya itu, dia juga turut mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak terkait yang turut serta dalam mendukung kelancaran ajang Piala Presiden 2022.

“Juga kepada PT Adaro Energy Indonesia, Tbk., sebagai sponsor tunggal Piala Presiden 2022. Juga kepada semua pihak yang sudah mendukung terlaksananya kejuaraan ini," tambahnya.


2. Prediksi Ranking BWF

Ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya/Marcus Gideon.

Berikut adalah prediksi ranking bulutangkis ganda putra usai BWF mencabut aturan pembekuan (freeze) ranking pada 2 Agustus 2022 mendatang.

Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) secara resmi akan mencairkan ranking bulutangkis dunia (unfreeze) pada awal bulan Agustus, setelah pembekuan beberapa waktu lalu.

Artinya, jika unfreeze tersebut terlaksana, maka empat minggu poin ranking BWF sejak minggu ke 12 tahun 2019 akan dihapuskan.

Apabila BWF benar-benar melakukan pencairan poin ranking BWF (unfreeze), maka sektor yang mengalami perubahan siginifikan adalah sektor ganda putra.

Melansir dari Badminton Eropa, jika pencairan poin ranking BWF terjadi, ada pergeseran peringkat secara signifikan, khususnya sektor ganda putra Indonesia.

Baca selengkapnya

PBSIAnthony Sinisuka GintingApriyani RahayuBulutangkisAgung Firman SampurnaSiti Fadia Silva RamadhantiPiala Presiden Bulutangkis 2022

Berita Terkini