x

Piala Presiden Bulutangkis 2022 Resmi Dibuka, Menanti Calon Penghuni Pelatnas Cipayung

Senin, 1 Agustus 2022 17:18 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
Menpora Zainudin Amali dan Ketua Umum PP PBSI, Agung Firman Sampurna membuka Piala Presiden Bulutangkis 2022. Hadir pula Ketua Komite Olimpiade Indonesia, Raja Sapta Oktohari (paling kanan). Foto: PBSI

INDOSPORT.COM - Piala Presiden Bulutangkis 2022 resmi dibuka pada Senin (1/8/22) di GOR Nanggala, Jakarta. Ketua Komite Olimpiade Indonesia, Raja Sapta Oktohari menyampaikan harapannya.

Raja Sapta Oktohari memberi apresiasi terhadap pembinaan berjenjang yang dirancang PBSI, lewat turnamen Piala Presiden 2022, pada 1-6 Agustus 2022.

Baca Juga

Piala Presiden 2022 diikuti oleh 606 atlet dari 30 provinsi, yang terbagi dalam tiga kelompok usia, dari U-13, U-15, dan U-17.

Okto, sapaan karib Raja Sapta, mengakui Piala Presiden ialah bukti nyata komitmen PP PBSI untuk melahirkan atlet-atlet andal yang akan mengharumkan Merah Putih.

"Saya selalu mengatakan PBSI menjadi benchmark utama dalam pembinaan prestasi olahraga Indonesia, baik tata kelola organisasinya maupun pembinaan prestasi."

Baca Juga

"Piala Presiden ini adalah langkah luar biasa karena ini merupakan legitimasi," kata Okto.

Hal ini dikarenakan PBSI memiliki turnamen yang komplet, mulai dari kejuaraan dunia, rangkaian tour BWF series, lalu kejuaraan nasional, dan teranyar ada Piala Presiden.

"Semoga ini dapat memotivasi cabang olahraga lain untuk melakukan hal yang sama," ujar sosok yang menjabat sebagai Ketua Komite Olimpiade Indonesia tersebut.

Baca Juga

"Kita saat ini punya DBON yang merupakan program utama Kemenpora, sehingga akan selalu ada promosi dan degradasi," ujarnya.

Pada pembukaan Piala Presiden 2022, Menpora Zainudin Amali juga hadir dan memberi apresiasi atas terselenggaranya turnamen yang merangkul atlet usia muda itu.


1. Menpora Nantikan Wajah Baru di Pelatnas Cipayung

Menpora Zainudin Amali dan Ketua Umum PP PBSI, Agung Firman Sampurna membuka Piala Presiden Bulutangkis 2022. Foto: PBSI

Ketua Umum PP PBSI, Agung Firman Sampurna menjelaskan bahwa turnamen Piala Presiden menjadi salah satu bagian penting pembinaan bulutangkis Indonesia.

Piala Presiden 2022 diikuti oleh 606 atlet dari 30 provinsi, yang terbagi dalam tiga kelompok usia dan ada sebelas sektor.

Kelompok yang dipertandingkan mulai dari anak-anak U-13 (tunggal putra dan tunggal putri) dan pemula U-15 (tunggal putra, tunggal putri, ganda putra dan ganda putri).

Baca Juga

Tak lupa, Piala Presiden 2022 juga dibuka untuk kelompok remaja U-17 dengan lima sektor, tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran.

"Yang dipantau di sini pebulutangkis usia 13, 15, hingga 17 tahun. Nanti akan terus kami lakukan pemantauan lewat sistem database kami, sehingga ketika mereka masuk jalur profesional, mereka sudah bisa terdata."

Baca Juga

"Ini pembinaan awal, tetapi kita akan lihat komitmen mereka, apakah bulutangkis ini untuk menyalurkan bakat saja atau ingin menjadi profesi," kata Agung Firman lagi.

Sementara itu, Menpora Zainudin Amali memberikan apresiasi yang luar biasa atas Piala Presiden 2022 ini, karena bulutangkis merupakan cabor unggulan dalam DBON. 

Baca Juga

"Kami akan pantau dan monitor terus, apa yang dilakukan PP PBSI, kami mengapresiasi dan berterima kasih luar biasa, apalagi Piala Presiden ini adalah kejuaraan untuk atlet di kelompok umur, bukan yang senior."

"Kami berharap akan lahir talenta yang dapat menggantikan seniornya di Pelatnas Cipayung," tukas Menpora Zainudin Amali.


2. Daftar Peserta Piala Presiden 2022

Menpora Zainudin Amali dan Ketua Umum PP PBSI, Agung Firman Sampurna membuka Piala Presiden Bulutangkis 2022. Foto: PBSI

Berikut daftar jumlah peserta Piala Presiden 2022 berdasarkan kontingen provinsi.

Bali: 14 atlet
Banten: 29 atlet
Bengkulu: 5 atlet
D.I. Yogyakarta: 26 atlet
DKI Jakarta: 71 atlet
Gorontalo: 10 atlet
Jambi: 24 atlet
Jawa Barat: 66 atlet
Jawa Tengah: 66 atlet
Jawa Timur: 61 atlet
Kalimantan Barat: 14 atlet
Kalimantan Selatan: 16 atlet
Kalimantan Tengah: 5 atlet
Kalimantan Timur: 29 atlet
Kalimantan Utara: 2 atlet
Bangka Belitung: 9 atlet
Kepulauan Riau: 12 atlet
Lampung: 8 atlet
Aceh: 4 atlet
Nusa Tenggara Barat: 12 atlet
Papua: 11 atlet
Riau: 23 atlet
Sulawesi Barat: 11 atlet
Sulawesi Selatan: 13 atlet
Sulawesi Tengah: 10 atlet
Sulawesi Tenggara: 13 atlet
Sulawesi Utara: 11 atlet
Sumatera Barat: 12 atlet
Sumatera Selatan: 12 atlet
Sumatera Utara: 18 atlet

PBSIPelatnasPelatnas CipayungMenporaKomite Olimpiade IndonesiaRaja Sapta OktohariBulutangkisZainudin AmaliBerita BulutangkisAgung Firman SampurnaPiala Presiden Bulutangkis 2022

Berita Terkini