x

Tim Bulutangkis Malaysia Raih Medali Emas Commonwealth Games, Netizen: Terima Kasih Lee Zii Jia

Rabu, 3 Agustus 2022 11:12 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
Keberhasilan tim bulutangkis Malaysia meraih medali emas di ajang Commonwealth Games 2022 membuat publik di Negeri Jiran berterima kasih kepada Lee Zii Jia.

INDOSPORT.COM – Keberhasilan tim bulutangkis Malaysia meraih medali emas di ajang Commonwealth Games 2022 membuat publik di Negeri Jiran berterima kasih kepada Lee Zii Jia.

Malaysia baru saja kembali menambah pundi-pundi medali emasnya usai berhasil mengalahkan India pada nomor beregu campuran cabang olahraga bulutangkis di Commonwealth Games 2022.

Baca Juga

Emas ketiga yang diraih skuad Negeri Jiran itu didapat setelah Aaron Chia dan koleganya mengalahkan India di babak final di National Exhibition Center (NEC),  Birmingham, Inggris, Rabu (03/08/22).

Malaysia berhasil merebut gelar juara dari India yang berstatus sebagai juara bertahan dengan skor akhir 3-1 di babak final beregu campuran.

Kemenangan pertama diraih oleh Aaron Chia/Soh Wooi Yik dengan skor 21-18 dan 21-15 atas ganda putra andalan India, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty.

Baca Juga

India sempat menyamakan kedudukan lewat kemenangan PV Sindhu yang menang dengan skor 22-20 dan 21-17 atas tunggal putri Malaysia, Goh Jin Wei.

Meski demikian, Malaysia berhasil membalasnya lewat dua kemenangan yang diraih oleh Ng Tze Yong yang kembali membuka keunggulan.

Ng Tze Yong mampu menang lewat rubber games dengan skor 21-19, 6-21 dan 21-16 atas Srikanth Kidambi, dan skor kini Malaysia 2-1 atas India di final beregu campuran Commonwealth Games 2022.

Baca Juga

Di partai keempat, Pearly Tan/Muralitharan Thinaah berhasil mengalahkan ganda putri India, Treesa Jolly/Gayatri Gophicand Pullela.

Pearly/Thinaah mampu menang mudah dengan skor 21-18 21-17 atas wakil India, sekaligus menjadi penentu kemenangan dan meraih medali emas di nomor beregu campuran.


1. Ng Tze Yong Bersinar Berkat Absennya Lee Zii Jia

Ng Tze Yong Bersinar di Commonwealth Games 2022 Berkat Absennya Lee Zii Jia

Pencapaian ini membuat Malaysia menjadi negara peraih emas terbanyak di ajang beregu campuran Commonwealth Games, dengan sebelumnya mereka juga meraih emas di Melbourne (2006), New Delhi (2010) dan Glasgow (2014)

Terlepas dari pencapaian tersebut, permainan tunggal putra Ng Tze Yong  yang sangat berapi-api ketika berjuang mengalahkan Srikanth Kidambi menjadi sorotan netizen Malaysia.

Baca Juga

Mengalahkan pemain yang pernah membawa India juara Piala Thomas 2022 pada Mei lalu membuktikan bahwa Ng Tze Yong kini layak dijadikan tunggal putra no.1 nasional.

Hal ini juga diungkapkan oleh beberapa netizen Malaysa. Menurut mereka, sinar Ng Tze Yong semakin bersinar di Commonwealth Games yang mana Malaysia sejak awal tidak diperkuat Lee Zii Jia.

Padahal sebelumnya, publik Malaysia sempat meragukan Ng Tze Yong menggantikan peran Lee Zii Jia menyusul keputusan Lee Zii Jia mundur dari Commonwealth Games.

Baca Juga

Tak ayal. Netizen Negeri Jiran pun mengucapkan terima kasih kepada Lee Zii Jia karena berkat keputusannya mundur bisa memberi kesempatan Ng Tze Yong menunjukkan bakatnya.

"Saat semua orang keberatan Lee Zii Jia melewatkan Commonwealth Games, maka datangkan adiknya Ng Tze Yong. Sebuah penampilan brilian dari seluruh pemain Malaysia," tulis akun @tkhzd. 

Selain itu, netizen yang awalnya menuduh Lee Zii Jia tidak nasionalis gara-gara absen di Commonwealth Games memuji pemikiran dewasa tunggal putra no. 5 dunia tersebut.

"Lee Zii Jia memang berfikiran jauh. Saya sudah tidak kaget jika dia sudah memperhitungkannya. Tanpa dia, maka mereka akan berkonsentrasi lebih pada Ng Tze Yong. Mental Jiia outof the box, siapa bilang dia pengkhianat, minta maaflah. Bangga denganmu Yong, Terima kasih Lee Zii Jia," tulis akun theone_xyz. 

Baca Juga

"Kenapa yang mengecam Lee ZIi Jia waktu dia meninggalkan BAM dan menarik diri dari Commonwealth Games, apakah kamu melihat betapa bersinarnya Ng Tze Yong?" tulis akun @farizaakhalid. 

"Kita mungkin tidak bisa melihat ini kalau Lee Zii Jia tidak menarik diri. Selamat Ng Tze Yong! Sangat bangga," lanjut akun tersebut. 

Komentator Gillian Clarck bahkan menilai Ng Tze Yong punya kemampuan backhand yang mirip dengan Lee Zii Jia. Hal ini ditunjukkan Ng Tze Yong saat memastikan kemenangan di set pertama.  


2. Malaysia Amankan Emas Ketiga Commonwealth Games 2022

Logo Badminton Association of Malaysia (BAM).

Selanjutnya, Ng Tze Yong masih akan mengasah kemampuannya di nomor perorangan tunggal putra cabor bulutangkis Commonwealth Games 2022.

Melansir dari BHarian Sports, kemenangan ini menjadicmedali emas ketiga yang diraih oleh Malaysia di Commonwealth Games 2022.

Dua medali emas sebelumnya diraih lewat cabang olahraga angkat besi yang digondol oleh Mohamad Aniq Kasdan dan Muhamad Aznil Bidin melalui kategori 55 kg dan 61kg.

Malaysia sendiri hanya mengincar enam medali emas saja di pesta olahraga yang berlangsung empat tahunan tersebut.

Baca selengkapnya: Balas Dendam ke India, Tim Bulutangkis Malaysia Raih Medali Emas di Commonwealth Games 2022

Commonwealth GamesMalaysiaBulutangkisNg Tze YongBerita Bulutangkis

Berita Terkini