x

Tampil di Kejuaraan Dunia 2022, Hendra Setiawan Menuju Rekor Baru Mencengangkan

Sabtu, 13 Agustus 2022 06:09 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Subhan Wirawan
Bakal kembali tampil di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022, Hendra Setiawan punya peluang untuk mencetak sejarah sebagai ganda putra pertama yang meraih 5 emas.

INDOSPORT.COM – Bakal kembali tampil di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022, Hendra Setiawan punya peluang untuk mencetak sejarah sebagai ganda putra pertama yang meraih 5 emas.

Diketahui sebentar lagi Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022 bakal segera digelar pada 22-28 Agustus di Tokyo Metropolitan Stadium.

Baca Juga

Kejuaraan tersebut mengadopsi sistem undangan pemain. Jadi, jika pemain dan federasi menyetujui undangan BWF, maka mereka berhak untuk berpartisipasi.

Indonesia sendiri menjadi salah satu negara yang bakal berpartisipasi dengan 15 pemain terkonfirmasi. Salah satu yang bakal tampil adalah ganda putra senior, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan.

Penampilan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan ini tentunya sangat spesial mengingat saat ini usia mereka sudah tidak muda lagi.

Baca Juga

Jelang kejuaraan dunia bulutangkis 2022, Mohammad Ahsan berusia 35 tahun, dan Hendra Setiawan berusia 38 tahun. Meski di usia tidak muda lagi, sampai saat ini mereka masih bisa kompetitif.

Bahkan di ajang kejuaraan dunia bulutangkis 2022 ini, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan datang dengan status sebagai ganda putra ranking 3 dunia.

Pasangan berjuluk The Daddies ini punya kesempatan untuk menyabet medali emas Kejuaraan Dunia dalam kesekian kali partisipasi mereka di ajang ini.

Baca Juga

Tercatat sebelumnya Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan sukses meraih medali emas dalam 3 edisi Kejuaraan Dunia Bulutangkis, yaitu tahun 2013, 2015, dan 2019.

Terkhusus bagi Hendra Setiawan, dia bahkan juga pernah meraih medali emas Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2007 bersama Markis Kido.

Jika Hendra Setiawan bisa kembali meraih emas dalam edisi 2022 ini, maka dia akan meciptakan rekor mencengangkan. Selengkapnya ada di halaman kedua.


1. Rekor Mencengangkan Hendra Setiawan

Hendra Setiawan yang telah meraih 4 gelar juara dunia, berkesempatan untuk mencetak rekor mencengangkan di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022.

Hendra Setiawan yang telah meraih 4 gelar juara dunia, berkesempatan untuk mencetak rekor mencengangkan di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022.

Jika dia berhasil menjadi juara dunia 2022 bersama Mohammad Ahsan, maka Hendra Setiawan akan menjadi ganda putra terbanyak yang menyabet gelar juara dunia.

Baca Juga

Rival terdekatnya di sektor ganda putra adalah Cai Yun/Fu Haifeng yang juga menorehkan 4 gelar juara dunia. Namun Cai Yun/Fu Haifeng tidak lagi bisa mengejar Hendra Setiawan karena mereka sudah pensiun.

Media China, Sohu, bahkan turut mendukung agar Hendra Setiawan bisa mencetak sejarah di ajang Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022 nanti.

“Saat ini, dia (Hendra Setiawan) dan ganda putra Tiongkok Cai Yun/Fu Haifeng telah menjadi ganda putra dengan gelar terbanyak,” tulis media Sohu.

Baca Juga

“Jika (Hendra Setiawan) bisa memenangkan lagi Kejuaraan Dunia Bulutangkis ganda putra tahun ini, dia akan menjadi ganda putra pertama dalam sejarah (yang meraih 5 gelar juara dunia),” lanjut media Sohu.

Selain Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, nama-nama pemain yang masih aktif dan berpeluang mencetak sejarah di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022 adalah Carolina Marin.

Tunggal putri asal Spanyol itu berkesempatan untuk meraih gelar dunia keempatnya usai sebelumnya dia berjaya pada edisi 2014, 2015, dan 2008.

Baca Juga

Ganda putri China Cheng Qing Chen/Jia Yi Fan juga berkesempatan meraih gelar ketiga mereka secara berturut-turut di ajang Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022.

Sebagai informasi tambahan, sejak ajang kejuaraan dunia bulutangkis digelar pada 1977, China secara keseluruhan masih yang terbanyak dengan perolehan medali.

China juga begitu mendominasi perolehan medali di setiap sektor, kecuali ganda putra yang menempatkan Indonesia sebagai yang teratas.


2. Update Ranking BWF Jelang Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022

Update ranking BWF jelang kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022.

Berikut update ranking BWF jelang Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022. Jonatan Christie kian pepet Anthony Ginting, serta ganda putra Indonesia kuasai 5 besar.

Poin yang dirilis adalah bagian dari tahapan BWF mencairkan ranking yang sempat dibekukan efek batalnya beberapa turnamen karena Covid-19.

Update ranking BWF terbaru sektor tunggal putra mengalami perubahan cukup menarik. Bagaimana tidak. Jelang Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022, Jonatan Christie naik satu tangga ke posisi 7 dunia.

Juara Asian Games 2018 itu sukses menggeser posisi Chen Long yang sudah hiatus lama sejak Olimpiade Tokyo 2020. Artinya Jonatan Christie tepat di bawah posisi Anthony Sinisuka Ginting di posisi keenam.

Sementara ganda putra Indonesia menguasai lima besar. Mereka adalah Kevin Sanjaya/Marcus Fernaldi Gideon (1), Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan (3), dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (5).

Baca selengkapnya: Update Ranking BWF Jelang kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022: Jonatan dan Grego Meroket Bersama
 

Mohammad AhsanHendra SetiawanMohammad Ahsan/Hendra SetiawanBulutangkisKejuaraan Dunia BulutangkisKejuaraan Dunia Bulutangkis 2022

Berita Terkini

Berita Terpopuler