x

Terhindar dari 'Raksasa' Ganda Campuran, Rinov/Pitha Lega Hadapi Kejuaraan Dunia 2022

Selasa, 16 Agustus 2022 18:30 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
Pasangan ganda campuran Indonesia Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari di laga Malaysia Open, Minggu (10/07/22). Foto: PBSI

INDOSPORT.COM - Terhindar dari 'raksasa' ganda campuran, pebulutangkis Indonesia, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari ingin raih medali di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022.

Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022 akan segera dilangsungkan di Tokyo Metropolitan Gymnasium, Tokyo, Jepang, 22-28 Agustus. Indonesia mengirimkan 15 wakil terbaiknya.

Baca Juga

Dari sektor ganda campuran, PBSI mengirim tiga wakil, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati, dan Zachariah Josiahno Sumanti/Hediana Julimarbela.

Berdasarkan hasil drawing, tiga pasangan Indonesia terhindar dari pemain peringkat atas ganda campuran seperti Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong atau Yuta Watanabe/Arisa Higashino.

Baca Juga

Khususnya Rinov/Pitha, mereka mendapat golden ticket tak perlu bermain di babak awal, dan langsung masuk ke 32 besar.

Sementara Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati akan menghadapi Lee Jhe-Huei/Hsu Ya Ching asal Chinese Taipei di babak 64 besar Kejuaraan Dunia 2022.
 
Kemudian, Zachariah Josiahno Sumanti/Hediana Julimarbela akan berjumpa wakil Denmark, Mikkel Mikkelsen/Rikke Søby.

Baca Juga

"Hasil undian cukup bagus. Rinov/Pitha termasuk unggulan, karena di Kejuaraan Dunia daftar unggulannya sampai 16, jadi di babak awal belum bertemu unggulan lain," kata sang pelatih, Nova Widianto.

"Untuk Rehan/Lisa dan Zacha/Bela juga bagus, hasil undian kan untung-untungan. Mereka tidak langsung bertemu pasangan yang sangat kuat, istilahnya begitu," lanjut Nova.


1. Nova Widianto Benahi Komunikasi Pemain

Nova Widianto di ajang China Open 2016.

Walaupun terhindar dari 'raksasa' ganda campuran, Nova Widianto tidak main-main dalam mempersiapkan anak asuhnya jelang Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022 di Tokyo.

"Setelah tur Asia Tenggara, Indonesia, Malaysia, dan Singapura ada waktu sebulan jelang Kejuaraan Dunia 2022. Jadi saya rasa cukup bagus untuk persiapan anak-anak."

Baca Juga

"Belajar dari hasil kemarin, semua aspek diperbaiki. Tapi untuk kondisi lapangan dan bola, di Jepang beda dengan tiga turnamen kemarin, itu yang harus diantisipasi," lanjut Nova.

Nova Widianto menambahkan bahwa ada faktor penting yang sudah mulai mengalami kemajuan positif, yaitu komunikasi pemain.

"Yang paling terlihat dari anak-anak adalah komunikasi mereka sudah semakin baik. Selama ini memang komunikasi ini yang miss, seperti kurang percaya sama partner." 

Baca Juga

"Tapi sejauh ini, setelah Indonesia Open, saya lihat jauh lebih baik. Sudah bisa saling mengisi dan mengerti, karena sebenarnya ini yang paling penting," tambah Nova lagi.

Di sisi lain, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari mengaku sudah siap menghadapi Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022 di Tokyo.

"Persiapan sejauh ini sudah 80 sampai 90 persen, jadi dari komunikasi, teknik hingga power sudah jauh lebih baik," tutur Pitha.

Baca Juga

"Pastinya merasa ada peningkatan di fisik dan power, karena sepulang dari Singapura memang fokus latihannya di sana. Untuk kepercayaan diri juga saya rasa meningkat."

"Pastinya kita latihan untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada. Tambah power, dan sudah mendekati pertandingan harus menjaga fokusnya," sambung Rinov.


2. Lawan Ganda Campuran Indonesia di BWC 2022

Ganda campuran Indonesia Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati.

Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari vs BYE

Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati vs Lee Jhe-Huei/Hsu Ya Ching (Chinese Taipei)
 
Zachariah Josiahno Sumanti/Hediana Julimarbela vs Mikkel Mikkelsen/Rikke Søby (Denmark)

Nova WidiantoBulutangkisRinov Rivaldy/Pitha HaningtyasBerita BulutangkisKejuaraan Dunia BulutangkisRehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu KusumawatiZacharia Joshiano Sumanti/Hediana JulimarbelaZachariah Josiahno Sumanti/Hediana JulimarbelaBWF World ChampionshipsKejuaraan Dunia Bulutangkis 2022

Berita Terkini