x

4 Hal Penting dan Wajib Tahu tentang US Open 2022, Novak Djokovic Gawat Darurat

Selasa, 23 Agustus 2022 15:39 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Novak Djokovic belakangan kembali menjadi sorotan karena terancam tidak bisa bermain di US Open 2022. Foto: Quinn Rooney/Getty Images.

INDOSPORT.COM - Turnamen tenis Grand Slam US Open 2022 sudah dimulai per hari ini, 23 Agustus, dengan agenda putaran kualifikasi.

Gelaran US Open adalah agenda keempat di kalender tahunan Grand Slam yang sebelumnya diawali oleh Australian Open, French Open, dan Wimbledon.

Baca Juga

Sepanjang sejarahnya, US Open sudah mencatatkan banyak cerita dan sejarah menarik, termasuk menelurkan juara-juara baru yang tidak terduga.

Naomi Osaka dan Emma Raducanu adalah dua contoh konkret yang sempat menggebrak jagat tenis beberapa waktu lalu.

Lantas bagaimana dengan edisi kali ini? Berikut redaksi berita INDOSPORT.com telah merangkum beberapa hal menarik tentang turnamen pamungkas Grand Slam 2022 ini.

Baca Juga

Novak Djokovic

Bisa dibilang, petenis asal Serbia ini melakoni tahun 2022 dengan penuh warna-warni. Dimulai dari drama vaksin di Australian Open, Novak Djokovic comeback di sejumlah turnamen hingga menjuarai Wimbledon.

Menyusul tren positif yang ia torehkan di turnamen Grand Slam lapangan rumput, tentu saja US Open adalah bidikan sempurna untuk menutup kalender tahun ini dengan senyuman.

Akan tetapi untuk mewujudkan misi tersebut, tentu saja tidak semudah membalikkan telapak tangan. Ya, apalagi kalau bukan status vaksin Novak Djokovic yang tidak jelas.

Baca Juga

Hal ini pun bisa berakibat cukup fatal baginya apabila ingingin berkompetisi di US Open 2022, karena kendala izin masuk ke Amerika Serikat.

Isu terkait nasib Novak Djokovic di US Open 2022 ini pun sempat menjadi perbincangan di jagat tenis selama beberapa waktu terakhir.


1. Hal-Hal Lainnya

Novak Djokovic diragukan tampil di US Open 2022. Foto: REUTERS/Mike Segar.

Situasi sang petenis pun makin gawat darurat saja usai pihak US Open memberi pengarahan terkait protokol kesehatan yang harus dipatuhi selama turnamen berlangsung.

Meski begitu, masih ada harapan bagi para penikmat olahraga tenis untuk melihat penampilan Novak Djokovic karena putaran utama masih belum dimulai.

Baca Juga

Nama Besar yang In dan Out

Selain perkara Novak Djokovic, isu lain yang layak menjadi perhatian adalah daftar pemain ternama yang in dan out.

Rafael Nadal dan Serena Williams termasuk dua di antaranya. Nama yang pertama, seperti diketahui, sedang mengalami masalah pada kebugarannya.

Sementara itu, nama yang kedua belum lama ini sempat membuat heboh publik karena memutuskan mundur dari dunia tenis - meski tidak ingin disebut pensiun.

Baca Juga

Kemudian ada Alexander Zverev yang terpaksa mundur dari turnamen, begitu pula sang rekan yakni Reilly Opelka.

Alexander Zverev telah menepi sejak bulan Juni lalu karena mengalami cedera saat melawan Rafael Nadal di semifinal di Roland-Garros.

Menjelang tiebreak set kedua, pergelangan kaki kanannya bermasalah saat mengejar bola di belakang baseline, dan terpaksa meninggalkan lapangan dengan kursi roda.

Baca Juga

Setelah pertandingan, peraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020 tersebut menjalani operasi untuk tiga ligamen lateral yang robek.

Di sisi lain, absennya Reilly Opelka membuka pintu bagi Jack Sock untuk melaju ke putaran utama US Open 2022.


2. Seputar Hadiah dan Main Draw US Open 2022

Petenis muda AS, Coco Gauff. Foto: Shaun Botterill/Getty Images.

Kemudian ada petenis muda Coco Gauff yang diragukan tampil di US Open 2022 meski berstatus wakil tuan rumah.

Remaja kelahiran Atlanta, Georgia, tersebut mundur cepat dari turnamen yang baru saja berakhir di Cincinnati. Juara US Open 2020, Naomi Osaka, juga diragukan tampil di edisi kali ini.

Baca Juga

Hadiah

Bicara soal turnamen seakbar Grand Slam, rasanya tidak lengkap apabila tidak membahas hadiah yang dijanjikan untuk para kontestan US Open 2022.

Seperti diwartakan ESPN, juara untuk kategori singles akan menerima 2,6 juta dolar AS (sekitar Rp38,5 miliar).

Sementara itu, total kompensasi pemain untuk turnamen ini menyentuh angka 60 juta dolar AS, yang mana baru terjadi untuk pertama kalinya.

Baca Juga

Sebagian besar dari jumlah itu, nantinya dialokasikan untuk putaran-putaran awal. Asosiasi Tenis AS pun akan mengikuti masukan dari otoritas terkait.

Pemain akan menerima 80 ribu dolar AS (Rp1,18 miliar) jika bisa sampai di main draw dan 121 ribu dolar AS (Rp1,79 miliar) apabila memasuki putaran kedua.

Tentang Main Draw

Seperti telah disebutkan di atas, turnamen US Open 2022 saat ini baru menyentuh putaran kualifikasi, yang bakal berlangsung hingga tanggal 26 Agustus mendatang.

Baca Juga

Setelahnya, barulah kompetisi yang sebenarnya dimulai. Berdasarkan jadwal di laman resmi US Open, main draw baru akan dimlai pada 29 Agustus.

Turnamen akan ditutup dengan partai final yang rencananya bergulir pada 11 September waktu setempat di Arthur Ashe Stadium.

Serena WilliamsRafael NadalNovak DjokovicAlexander ZverevTenisUS OpenBerita Tenis

Berita Terkini