x

Ternyata, Novak Djokovic Pernah Buat 3 Rekor Ajaib Ini dan Hanya Dia yang Punya

Kamis, 4 Agustus 2022 21:30 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Novak Djokovic terancam tidak bisa main di US Open 2022. Foto: Fred Lee/Getty Images.

INDOSPORT.COM - Novak Djokovic kembali jadi perbincangan jelang turnamen Grand Slam US Open yang bakal digelar akhir Agustus ini.

Jika tidak ada halangan, US Open 2022 akan diselenggarakan di New York mulai 19 Agustus sampai dengan 11 September mendatang.

Baca Juga

Pada edisi 2021, Novak Djokovic keluar sebagai runner up di kategori men’s single usai dikalahkan petenis Rusia, Daniil Medvedev, di final.

Tentu saja, hasil ini akan membuat Novak Djokovic menggebu-gebu dalam berburu gelar di Flushing Meadows yang terakhr kali dimenangkannya pada 2018.

Roger Federer masih jadi petenis tersukses di era baru US Open dengan raihan lima gelarnya. Namun angka tersebut masih bisa disalip dua pesaing terdekatnya yakni Rafael Nadal (4) dan Novak Djokovic (3).

Baca Juga

Nama yang kedua, punya peluang besar mengingat ia sedang tampil on fire belakangan ini dengan gelar Wimbledon di tangan.

Hanya saja, partisipasi Novak Djokovic di US Open untuk saat ini cukup terancam karena terbentur izin masuk dari pemerintah.

Pasalnya, otoritas terkait meminta para pelaku perjalanan dari luar negeri wajib vaksin penuh sebagai syarat memasuki perbatasan.

Baca Juga

Hal ini pun membuat Novak Djokovic tertahan dan tidak bisa masuk New York untuk berlaga di ajang US Open 2022.

Bak deja vu, peraih 21 gelar Grand Slam tersebut seperti mengulang kisah lamanya ketika akan main di Australian Open bulan Januari lalu.


1. Melihat 3 Rekor Ajaib Novak Djokovic

Novak Djokovic terancam tidak bisa main di US Open 2022. Foto: Fred Lee/Getty Images.

Isu terkait status vaksin Novak Djokovic ini pun sudah menyentil banyak orang untuk berkomentar, mulai dari penggemar, sesama penggiat tenis, hingga mantan pejabat di New York bernama Claudia Tenney.

Hanya saja, jika regulasi tersebut tidak dapat digoyah, publik pun harus ikhlas tidak bisa menikmati penampilan Novak Djokovic di US Open tahun ini.

Baca Juga

Meski begitu, sepak terjang mantan peringkat 1 dunia itu tidak akan terbendung begitu saja. Malahan, ia berhasil menciptakan rekor-rekor yang tidak dimiliki petenis lainnya di dunia ini.

Walaupun trofi US Open nantinya gagal dikejar, setidaknya ada sejumlah hal hebat yang telah ia ukir atas namanya sendiri dan membuat para penggemarnya bangga.

Apa saja? Berikut tiga di antaranya yang telah dirangkum redaksi berita olahraga INDOSPORT.com dari berbagai sumber.

Baca Juga

Penguasa 4 Gelar Major

Bicara soal para petenis putra top dunia, Novak Djokovic nampaknya patut berbangga dengan dirinya sendiri karena memiliki rekor ini - yang bahkan tidak dipunyai Roger Federer dan Rafael Nadal.

Pasalnya, ia adalah satu-satunya petenis yang sukses menggondol empat gelar major plus satu gelar kejuaraan akhir tahun sekaligus.

Hanya Novak Djokovic, yang berhasil mengantongi empat gelar Grand Slam sekaligus namun tidak dalam satu kalender yang sama.

Baca Juga

Torehan itu ia catatkan ketika memenangi Wimbledon dan US Open 2015, yang kemudian dilanjut dengan gelar Australian Open dan French Open 2016.

Cukup unik, memang. Dan seolah menambah keunikan rekor ini, Novak Djokovic juga memenangkan satu gelar ATP Finals di tengah-tengah empat gelar major tersebut.


2. Rekor-Rekor Lainnya

Novak Djokovic telah mengukir banyak rekor sepanjang kariernya. Foto: Thomas Kronsteiner/Getty Images.

Membabat Habis Para Pemain Top 10

Catatan ini ditorehkan Novak Djokovic pada 2015 silam, membuatnya jadi satu-satunya petenis yang tidak bisa ‘disamai’ oleh siapa pun, alias tidak ada duanya.

Lantas apa rekornya? Ia berhasil mengalahkan setiap petenis dengan label 10 besar dunia, selama satu tahun!

Baca Juga

Seperti diwartakan laman Tennis365, Novak Djokovic memenangkan 31 pertandingan melawan para pemain itu sepanjang tahun 2015.

Memborong Gelar Big Titles

Puas. Mungkin kata itulah yang cocok mendeskripsikan sepak terjang Novak Djokovic ketika ia sukses menggondol gelar-gelar bergengsi (Big Titles) di agenda tur ATP.

Cincinnati (Western & Southern Open) 2018 yang notabene berlevel ATP Masters 1000 adalah ‘gong’ keberhasilan dirinya memborong gelar Big Titles pertama sepanjang kariernya.

Baca Juga

Demikianlah tiga rekor sulit tertandingi yang berhasil diukir Novak Djokovic, yang kini terancam tidak bisa ikut US Open 2022.

Meski begitu, apakah ia akan mencatatkan hal-hal hebat lainnya walau tidak dapat berpartisipasi di agenda Grand Slam lapangan keras tersebut tahun ini?

Tahun Penuh Warna Novak Djokovic

Tahun 2022 nampaknya cukup ‘nano-nano’ bagi Novak Djokovic. Ia bahkan membuka bulan Januari dengan penuh kontroversi.

Baca Juga

Setelah absen di Australian Open 2022, ia comeback di turnamen Dubai pada bulan Februari, namun gagal meraih hasil maksimal.

Namun situasi semakin membaik usai ia meraih gelar di Italian Open pada pertengahan Mei dan baru saja menjuarai Wimbledon 2022. 

Grand SlamNovak DjokovicTenisUS OpenBerita Tenis

Berita Terkini