x

Kejuaraan Dunia: Respek! Menang dari Kento Momota, Tunggal Putra Thailand Langsung 'Tanya' Resep Kalahkan Axelsen

Kamis, 25 Agustus 2022 06:45 WIB
Penulis: Triyoga Sandi Pamungkas | Editor: Prio Hari Kristanto
Pebulu tangkis tunggal putra Thailand, Kunlavut Vitidsarn, berhasil melaju ke 16 besar Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022 usai mengalahkan Kento Momota.

INDOSPORT.COM – Pebulu tangkis tunggal putra Thailand, Kunlavut Vitidsarn berhasil melaju ke 16 besar Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022 usai mengalahkan unggulan bulutangkis asal Jepang, Kento Momota.

Kunlavut Vitidsarn mengakui bahwa kemenangan tersebut dikarenakan dirinya banyak belajar dari cara pebulu tangkis Jepang, Kento Momota, bermain.

Baca Juga

Pebulu tangkis yang sebelumnya menjuarai German Open ini mengungkapkan bahwa Kento Momota memiliki kemampuan untuk mengontrol angin saat bertanding.

“Aku harus belajar dari (Kento) Momota, cara dia (saat) melawan Axelsen dulu,” kata Kunlavut Vitidsarn, dikutip dari laman resmi BWF.

“Dia sangat pandai mengendalikan angina, entah itu di gelanggang yang besar atau kecil, dia bisa mengontrol setiap tembakan. Dia bisa memainkan segalanya,” lanjutnya.

Baca Juga

Kunlavut yang sebelumnya berhasil mengalahkan Tommy Sugiarto ini mengungkapkan bahwa dirinya merasa jauh lebih baik dari sebelumnya.

Kendati demikian, dirinya merasa perlu berlatih lebih baik lagi agar tak mampu kembali mengulang kesalahan saat bertanding.

“Aku merasa lebih baik dari turnamen sebelumnya di Indonesia dan Malaysia, aku bergerak jauh lebih lambat di sana. Aku bisa saja membuat banyak kesalahan ketika (shuttlecock) melayang,” kata Kunlavut Vitidsarn saat mengomentari pertandingannya melawan Kento Momota.

Baca Juga

“Aku perlu menyerang lebih banyak lagi. Aku bisa bertahan dengan baik. Lawanku bisa bermain reli dan membuatku lelah dan memaksakan kekalahan,” katanya.

“Aku perlu lebih banyak menyerang, tetapi aku perlu belajar bagaimana bermain dalam kondisi seperti itu ketika shuttlecock lambat, dan bagaimana menyerang di waktu yang tepat.”


1. Berhasil Singkirkan Tommy Sugiarto

Kunlavut Vitidsarn, pebulutangkis Thailand.

Sebelumnya, unggulan ke-15 dunia ini berhasil menyingkirkan wakil Indonesia di nomor tunggal putra, Tommy Sugiarto. 

Tommy Sugiarto harus menyudahi perjalannya di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022. Itu terjadi setelah Tommy ditumbangkan oleh wakil Thailand Kunlavut Vitidsarnm. 

Baca Juga

Dalam laga yang dihelat di Tokyo Metropolitan Gymnasium, Jepang Tommy tumbang dua gim langsung 17-21 dan 10-21.

Sejatinya, di poin-poin awal gim pertama Tommy mampu mempertonkan permainan sengit dengan Kunlavut Vitidsarnm. 

Namun, serangkaian kesalahan demi kesalahan membuatnya kalah dengan jarak cukup jauh hingga Kunlavut Vitidsarnm menutup interval pertama dengan keunggulan 8-11 atas Tommy Sugiarto.

Baca Juga

Usai jeda, Tommy mencoba mengejar ketertinggalan. Namun Tommy kembali tampil inkonsisten.  Kunlavut Vitidsarn yang tampil agresif kian menenggelamkan Tommy. Ia pun menutup gim pertama dengan skor akhir 17-21. 

Memasuki gim kedua, Tommy gagal memperbaiki penampilannya di gim-gim awal. Ia bahkan sempat tertinggal hingga tiga angka dari Kunlavut Vitidsarn. 

Kesalahan-kesalahan kecil yang dilakukan oleh Tommy membuat Kunlavut Vitidsarn kian menjauh. Namun Kunlavut Vitidsarn yang tak memberinya napas untuk mengejar terus menjauh. Interval pertama pun ditutup dengan keunggulan 11-5.

Baca Juga

Selepas jeda, Tommy mencoba bangkit dan mengejar ketertinggalan dari Kunlavut Vitidsarn. Namun ia gagal memanfaatkan momentum. Situasi tersebut dimanfaatkan oleh Kunlavut Vitidsarn. 

Unggul hingga delapan angka, Kunlavut Vitidsarn kian di atas angin untuk memimpin. Poin demi poin pun didapat olehnya. Tommy yang gagal mengejar ketertinggalan pun harus puas dengan keunggulan Kunlavut Vitidsarn 21-10. 


2. BAM Pasang Badan Usai Wakilnya Gugur

Ng Tze Yong, tunggal putra Malaysia

Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM) pasang badan seusai Ng Tze Yong tersisih di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022. 

Direktur kepelatihan BAM Wong Choong Hann memaklumi kekalahan tersebut dan menyebut Ng Tze Yong masih terlalu ranum dan butuh jam terbang.

Diketahui sebelumnya jika Ng Tze Yong baru saja tersingkir di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022. Ng Tze Yong kalah atas Sitthikom Thammasin lewat rubber game 21-9, 10-21, 21-19. 

Dengan hasil tersebut, Ng Tze Yong harus mengakhiri tren positif yang ia dapat dalam beberapa laga terakhir. 

Bagaimana tidak, sebelum turun gelanggang di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022, Ng Tze Yong naik podium bulutangkis Commonwealth Games 2022.

Baca selengkapnya: Penghancur Chico Aura Gugur di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022, BAM Rela Pasang Badan

Tommy SugiartoKento MomotaKunlavut VitidsarnKejuaraan Dunia Bulutangkis 2022

Berita Terkini