x

PBSI-nya India Terkejut Jagoannya Singkirkan Kento Momota di Kejuaraan Dunia Bulutangkis

Kamis, 25 Agustus 2022 09:32 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
Federasi bulutangkis India (BAI) tidak menyangka tunggal putranya, Prannoy H.S berhasil menyingkirkan Kento Momota, di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022. Foto: bwfworldchampionships.bwfbadminton

INDOSPORT.COM – Federasi bulutangkis India (BAI) tidak menyangka tunggal putranya, Prannoy H.S berhasil menyingkirkan andalan tuan rumah, Kento Momota, di babak 32 besar Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022.

Kento Momota yang mendambakan podium tertinggi tahun ini demi ‘menebus dosa’ atas kegagalannya di Olimpiade Tokyo 2022 tidak berkutik saat menghadapi Prannoy H.S.

Baca Juga

Berlaga di Tokyo Metropolitan Gymnasium, Jepang, Rabu (24/8/22), eks raja bulutangkis dunia tersebut menyerah dua gim langsung dengan skor 17-21, 16-21.

Berdasarkan data Tournament Software, Momota menyerah melawan Prannoy usai digempur serangan bertubi-tubi dalam tempo 54 menit.

Kekalahan Momota di hadapan publik sendiri sangat mengejutkan. Sebab, dirinya digadang-gadang bakal jadi salah satu penantang medali bersama Viktor Axelsen di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022.

Baca Juga

Sampai-sampai, PBSI-nya India, yakni BAI, tidak menyangka bahwa pemain yang pernah menduduki peringkat 10 dunia itu berhasil menyingkirkan Momota.

Melalui akun resmi Twitter-nya, BAI mengungkapkan bahwa kemenangan Prannoy ini jadi hal yang bersejarah bagi sektor tungal putra di negara Asia Selatan tersebut.

Video yang diunggah BAI memperlihatkan detik-detik kemenangan Prannoy di set kedua. Sementara Momota terlihat sudah sangat frustasi lantaran terus tertinggal sejak set pertama.

Baca Juga

Prannoy memastikan kemenangan di babak 32 besar setelah Momota salah melakukan pengamatan saat kok yang dipukul Prannoy dinyatakan masuk ke lapangannya.

“Performa yang luar biasa dari Prannoy H.S setelah dia memastikan tiketnya ke 16 besar Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022 setelah mengalahkan mantan juara dunia Kento Momota di babak 32 besar,” tulis BAI.


1. Prannoy H.S, 'Giant Killer' Kebanggaan India

Pebulu tangkis asal India, Prannoy HS.

Bukan hanya itu, publik di India juga ikut merayakan keberhasilan Prannoy mempermalukan Momota di kandangnya sendiri pada Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022. 

Baca Juga

Ini merupakan kemenangan perdana Prannoy setelah selalu menelan kekalahan dari tujuh pertemuan melawan juara dunia dua kali tersebut.

Baca Juga

Selain itu, meski Momota saat ini dianggap bukan lagi bagian dari top dunia namun ini membuktikan bahwa Prannoy sebagai salah satu ‘Giant Killer’ yang patut diwaspadai.

Dalam 12 bulan terakhir Prannoy mengalahkan nama-nama besar seperti Chou Tien Chen (Chinese Taipei), Anthony Sinisuka Ginting (Indonesia), hingga Viktor Axelsen (Denmark).

Selain itu, mantan anak didik pelatih Indonesia Mulyo Handoyo tersebut jadi salah satu pemain yang ikut membawa India memenangkan Piala Thomas 2022.

Baca Juga

Walau tak bertanding pada final melawan Indonesia, Prannoy membantu India memenangi laga hidup mati pada partai kelima dari babak penyisihan grup hingga semifinal.

Selanjutnya, Prannoy H.S akan menghadapi rekan senegaranya sekaligus jawara tunggal putra Commonnwealth Games 2022 Birmingham, Lakshya Sen, di babak 16 besar Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022 pada Kamis (25/08/22). 


2. Prannoy HS: Perangi Masalah Kesehatan hingga Bangkit di Kejuaraan Dunia 2021

Pebulu tangkis asal India, Prannoy HS.

Menembus babak perempat final Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2021, Prannoy HS bersyukur karena bisa melawan masalah kesehatan yang menimpanya.

Melansir laman Mykhel News, Prannoy HS telah bertarung dalam dua pertandingan - satu melawan lawan di lapangan dan yang lainnya melawan tubuhnya sendiri.

Sejak 2018, tunggal putra India tersebut didiagnosis menderita penyakit refluks gastroesofageal atau semacam penyakit pencernaan di mana asam lambung atau empedu mengiritasi lapisan dalam saluran makanan.

Usai itu, pria bernama lengkap Prannoy Haseena Sunil Kumar tersebut menjalani pengobatan secara intens dan waktu yang relatif lama. Namun dia berhasil melalui itu hinga kondisinya membaik.

Dalam kondisi baru pulih, nahasnya Prannoy HS harus terpapar virus Covid-19 pada November 2020 lalu. Hal itu membawa dampak lanjutan yang mempengaruhi pernafasannya saat bermain bulutangkis.

Baca Selengkapnya: Kisah Prannoy HS Perangi Masalah Kesehatan hingga Bangkit di Kejuaraan Dunia 2021

JepangIndiaKento MomotaBulutangkisBerita BulutangkisAsosiasi Bulutangkis India (BAI)Prannoy Haseena Sunil KumarKejuaraan Dunia Bulutangkis 2022

Berita Terkini