x

Baru! Daftar Petenis dengan Penghasilan Tertinggi, Roger Federer Cetak Rekor Mencengangkan

Jumat, 26 Agustus 2022 17:23 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Roger Federer (kiri) masih sangat produktif urusan finansial meski tidak bermain lama di turnamen. Foto: Chris Trotman/Getty Images for USTA.

INDOSPORT.COM - Forbes baru saja merilis daftar petenis dengan penghasilan tertinggi yang menempatkan Roger Federer di puncak teratas.

Dalam daftar yang dirilis pada 25 Agustus, terlihat sejumlah nama pemain muda seperti Carlos Alcaraz dan Emma Raducanu.

Baca Juga

Meski begitu, sampai detik ini belum ada yang bisa mengalahkan harta Roger Federer meski sang petenis sudah absen lama dari turnamen.

Di usia 41, legenda tenis asal Swiss tersebut masih mengantongi bayaran tertinggi di dunia, yang mana sudah ia pertahankan selama 17 tahun berturut-turut.

Berdasarkan laporan Forbes, ia menghasilkan sekitar 90 juta dolar AS sebelum pajak dan biaya agen selama 12 bulan terakhir, meskipun tidak memainkan satu pertandingan pun.

Baca Juga

Seperti diketahui, Roger Federer memang tengah bermasalah dengan kondisi kebugarannya yang tidak menentu.

Hal ini pun berimbas pada jumlah turnamen yang diikutinya - yang otomatis menyusut tajam. Bahkan, belakangan ia sempat membuat geger publik lantaran terhempas dari ranking dunia.

Bertepatan setelah turnamen tenis Wimbledon 2022 usai, ia kehilangan poin di ranking ATP yang baru rilis tidak lama kemudian.

Baca Juga

Awalnya, peraih Grand Slam 20 kali itu berada di peringkat ke-97 dunia ketika memasuki agenda Wimbledon tahun ini.

Pada waktu itu, ia mempertahankan 600 poin, hasil yang selama ini ia kumpulkan dari final 2019 di Grand Slam lapangan rumput.


1. Roger Federer yang Belum Tamat

Roger Federer (kiri) masih sangat produktif urusan finansial meski tidak bermain lama di turnamen. Foto: Chris Trotman/Getty Images for USTA.

Akan tetapi, tidak bermain secara kompetitif sejak Wimbledon 2021 membuat sepak terjang Roger Federer terjun bebas hingga titik terendahnya pertengahan tahun ini.

Hanya saja, dari segi nama dan reputasi, Roger Federer tentu tidak perlu khawatir lantaran ia sudah menasbihkan sebagai salah satu petenis papan atas paling legendaris sepanjang masa.

Baca Juga

Selain itu, ia nampaknya juga tidak perlu khawatir dengan jumlah kekayaan yang dimiliki. Berada di puncak daftar Forbes secara terus-menerus tentu sebuah rekor mencengangkan bagi dirinya.

Di posisi kedua daftar yang dirilis kemarin, bertengger Naomi Osaka dengan angka 56,2 juta dolar AS yang berhasil ia kumpulkan selama setahun terakhir.

Di belakangnya ada Serena Williams, Rafael Nadal, dan Novak Djokovic yang melengkapi nama-nama pemain di lima besar.

Baca Juga

Sepak Terjang Roger Federer Setahun Terakhir

Untuk diketahui, sejak mengalami masalah kebugaran, Roger Federer sudah tidak bermain di ajang kompetitif lagi selama 14 bulan.

Sebelumnya, ia sempat berharap bisa kembali ke lapangan musim gugur ini dengan tujuan untuk bisa bermain lagi tahun depan di Wimbledon, di mana ia memenangkan 8 dari 20 gelar Grand Slam-nya.

Ya, Roger Federer sejauh ini masih jadi petenis putra paling sukses di Wimbledon dengan 8 gelarnya di Open Era.

Baca Juga

Terakhir kali, ia menjuarainya ketika berkompetisi di edisi 2017 lalu. Kini, angka tersebut pun mulai dikejar Novak Djokovic yang memenangkan gelar keenamnya di Wimbledon 2022.

Tentu besar keinginan Roger Federer untuk menambah raihan tersebut dengan kembali berlaga di Wimbledon tahun depan. Bisakah?


2. Masih Berjaya dari Segi Penghasilan

Petenis asal Swiss, Roger Federer. Foto: John Berry/Getty Images.

Walaupun telah absen di banyak turnamen dan aktivitasnya dibatasi oleh cedera, Roger Federer tetap menjadi pemain top di dunia tenis.

Tidak bergantung maupun ‘menabung’ pundi-pundi uang dari hadiah turnamen, ia tetap bisa mengisi dompetnya dari luar lapangan.

Baca Juga

Ia masih jadi pemain dengan kekayaan terbanyak dengan pendapatan tahunan luar lapangan yang mencapai 90 juta dolar AS.

Angka tersebut memang belum bisa tertandingi oleh yang lain, mengingat Roger Federer sangat laris manis bekerja sama dengan banyak sponsor termasuk Uniqlo, Credit Suisse dan Rolex.

Selain itu, menurut data Forbes, ia juga memiliki ekuitas yang signifikan di On, merek sepatu lari Swiss yang baru saja go public September lalu.

Baca Juga

Kini publik pun sangat menantikan langkah apa yang bakal diambil Roger Federer selanjutnya apabila nanti kondisi fisiknya mulai membaik.

Namun sebelum memikirkan masa depan pemain yang satu ini, mari intip sejenak daftar 10 besar pemain dengan penghasilan terbesar yang baru saja dirilis Forbes kemarin.

1. Roger Federer - $90m (Rp1,3 triliun)

2. Naomi Osaka - $56.2m (Rp831,7 miliar)

3. Serena Williams - $35.1m (Rp519,4 miliar)

4. Rafael Nadal - $31.4m (Rp464,7 milar)

Baca Juga

5. Novak Djokovic - $27.1m (Rp321,1 milar)

6. Emma Raducanu - $21.1m (Rp312,2 miliar)

7. Daniil Medvedev - $19.3m (Rp285,6 miliar)

8. Kei Nishikori - $13.2m (Rp195,3 miliar)

9. Venus Williams - $12m (Rp177,6 miliar)

10. Carlos Alcaraz - $10m (Rp148 miliar)

Roger FedererTenisBerita OlahragaBerita Tenis

Berita Terkini