x

Tak Disangka! 3 Kuda Hitam yang Menjelma Jadi Kandidat Juara US Open 2022

Jumat, 9 September 2022 15:18 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Carlos Alcaraz Garfia, titsan Rafael Nadal yang bisa jadi juara US Open 2022. Foto: Geoff Burke-USA TODAY Sports via REUTERS.

INDOSPORT.COM - Turnamen Grand Slam US Open 2022 sudah mendekati babak akhir, di mana para kontestan setidkanya sudah menginjakkan kaki di semifinal.

US Open tahun ini memang membawa banyak kejutan bagi para penikmat olahraga tenis di seluruh dunia.

Baca Juga

Terlepas dari absennya Novak Djokovic dan Alexander Zverev, sejumlah nama besar seperti Rafael Nadal, Daniil Medvedev, bahkan Serena Williams pada akhirnya harus dicoret lebih cepat.

Buntutnya, US Open 2022 pun menyisakan sejumlah kontestan kuda hitam yang masih harus berjuang di semifinal dan final pekan ini.

Carlos Alcaraz Garfia

Meski berada di daftar unggulan turnamen, pemain muda yang satu ini masih layak disebut sebagai kuda hitam di US Open 2022.

Baca Juga

Apalagi, perjuangannya untuk mencapai semifinal tidaklah mudah. Di perempat final, ia bahkan harus menaklukkan Jack Sinner dengan drama lima set ketat.

Selain itu, nama Carlos Alcaraz Garfia juga sudah meroket tajam tahun ini dengan prestasi-prestasinya di berbagai turnamen ATP.

Setelah menang di Miami Open, ia kembali meraih gelar juara saat berpartisipasi di Madrid Open, mencapai perempat final French Open, dan 16 besar Wimbledon.

Baca Juga

Belum lama ini, ia bahkan mengukir catatan impresif atas namanya sendiri dan mengangkangi Roger Federer dan Novak Djokovic sebagai pemain termuda kedelapan yang mencapai 5 besar dunia.

Kini di US Open 2022, Carlos Alcaraz Garfia hanya dua langkah lagi menuju gelar juara. Untuk sampai ke sana, ia masih harus melewati hadangan Frances Tiafoe dan pemenang antara Casper Ruud atau Karen Khachanov.


1. Carlos Alcaraz yang Naik Daun pada 2022

Carlos Alcaraz Garfia, titsan Rafael Nadal yang bisa jadi juara US Open 2022. Foto: Geoff Burke-USA TODAY Sports via REUTERS.

Keberadaan Caros Alcaraz di semfinal US Open pun makin memanaskan perburuan ranking satu ATP yang bakal ditinggalkan Daniil Medveved.

Jika Casper Ruud kalah dari Karen Khachanov dan Carlos Alcaraz kalah dari Frances Tiafoe, Rafael Nadal akan kembali ke peringkat satu dunia untuk kesembilan kalinya.

Baca Juga

Akan tetap, apabila Alcaraz dan Ruud sama-sama maju ke final, semuanya akan dipertaruhkan akhir pekan nanti. Final mens’s single pun akan berlangsung super panas.

Pasalnya, dua petenis ini bakal bertarung demi trofi Grand Slam pertama mereka dan peringkat 1 dunia.

Jika salah satu dari mereka memenangkan semifinal dan yang lainnya tidak, pemain yang mencapai final akan merengkuh peringkat pertama pada hari Senin.

Baca Juga

Berburu gelar juara US Open 2022, Carlos Alcaraz Garfia pun berusaha menjadi pemain nomor 1 dunia yang paling muda dalam sejarah ATP Rankings.

Kini berada di semifinal, pemain yang kerap digadang-gadang sebagai titisan Rafael Nadal tersebut berada di peringkat 2 - yang mana jadi pencapaian terbaik sepanjang kariernya sejauh ini.

Apakah ia akan berhasil mencapai puncak ranking ATP dan mencetak sejarah baru dengan usia yang masih 19 tahun?

Baca Juga

Namun selain Carlos Alcaraz Garfia, US Open 2022 juga memiliki dua kandidat juara yang bisa dibilang berasal dari daftar kuda hitam.

Mereka adalah Karen Khachanov dan Ons Jabeur.


2. Karen Khachanov dan Ons Jabeur

Petenis Rusia, Karen Khachanov. Foto: John Berry/Getty Images.

Karen Khachanov

Siapa pemain yang satu ini? Namanya bahkan nyaris tidak pernah muncul di daftar calon juara tunggal putra US Open 2022.

Rekan senegara Daniil Medvedev ini sampai ke semifinal setelah menumbangkan Nick Kyrgios dengan lima set tempo hari.

Baca Juga

Salah satu faktor yang membuatnya menjelma sebagai kuda hitam adalah peningkatan peringkat yang cukup signifikan selama berlaga di US Open 2022.

Karen Khachanov naik ke peringkat 18 Pepperstone ATP Live Rankings berkat penampilannya yang cemeralang di Flushing Meadows.

Ia bisa meroket lagi ke peringkat 11 jika tampil sebagai pemenang. Bukan hanya itu, US Open 2022 juga akan menjadi gelar pertamanya sejak 2018.

Baca Juga

Karen Khachanov mencapai puncak kariernya dengan bertengger di peringkat 8 dunia pada Juli 2019, setelah memenangkan Paris Masters (ATP 1000), pada November tahun sebelumnya.

Ons Jabeur

Bukan hanya US Open 2022, petenis asal Tunisia ini sudah menggebrak panggung tenis saat berlaga di Wimbledon beberapa waktu lalu.

Secara mengejutkan ia berhasil mencapai final meski akhirnya harus takluk di tangan wakil Kazakhstan, Elena Rybakina.

Baca Juga

Sekarang berhasil menyentuh final US Open 2022, Ons Jabeur pun bersiap mencetak sejarah atas namanya sendiri.

Di US Open 2022, Ons Jabeur mencapai final Grand Slam keduanya secara berturut-turut tanpa perlu banyak berkeringat usai menekuk mudah Caroline Garcia 6-1, 6-3.

Grand SlamTenisUS OpenBerita TenisCarlos Alcaraz

Berita Terkini