x

Resign dari Pelatnas dan Tolak PB Djarum, Ini Rencana Tak Terduga Febby Valencia

Kamis, 15 September 2022 18:15 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
Pebulu tangkis ganda putri Indonesia, Febby Valencia Dwijayanti Gani resmi mundur dari Pelatnas PBSI, dan menolak bermain profesional di PB Djarum.

INDOSPORT.COM - Pebulu tangkis ganda putri Indonesia, Febby Valencia Dwijayanti Gani resmi mundur dari Pelatnas PBSI, dan menolak bermain profesional di PB Djarum.

Beberapa waktu terakhir, ramai beredar kabar bahwa pebulu tangkis ganda putri Indonesia, Febby Valencia Dwijayanti Gani mundur dari Pelatnas PBSI.

Baca Juga

Konon, beredar kabar jika Febby sudah mengemasi barangnya dan meninggalkan asrama PBSI. Tanpa kata, ia meninggalkan sang partner di lapangan, Ribka Sugiarto.

Febby sempat menolak berbicara saat dimintai alasan mengapa ia meninggalkan kesempatan emas bermain untuk Indonesia.

Febby hanya terbuka kepada klubnya, PB Djarum, mengenai latar belakang mengapa ia mundur dari Pelatnas. Ketua PB Djarum, Yoppy Rosimin pun mengungkap alasannya.

Baca Juga

Konon, keputusan Febby Valencia keluar dari Pelatnas PBSI, lantaran ia ingin lanjut kuliah, tetapi tetap di bidang sport science.

"Dia (Febby) memang mau sekolah, kuliah antara di Semarang, Solo, atau Yogyakarta. Kami baru tahu dua tiga minggu lalu," kata Yoppy Rosimin.

Melihat catatan Febby yang cukup bagus dan sudah berpengalaman di Pelatnas, PB Djarum sejatinya menawarkan Febby untuk bermain profesional dan membela klub.

Baca Juga

"Kami selalu memberikan opsi. Opsinya banyak, kamu mau berhenti dari badminton apakah sudah dipikirkan dengan matang? Karena ini sudah di tingkat elite, kamu di Pelatnas."

"Jika mundur dari bulutangkis, apakah tidak eman-eman, dipikirkan matang-matang dan sebagainya. Tapi dia tetap pada kesimpulan itu," Yoppy menjelaskan pada awak media.


1. Febby Valencia Tolak Tawaran Main Profesional

Greysia Polii/Febby Valencia Dwijayanti Gani di Mola TV PBSI Home Tournament.

Ketua PB Djarum, Yoppy Rosimin, belum menyerah. Ia sempat menawari Febby Valencia untuk bermain di luar negeri, namun atlet 22 tahun itu masih ragu.

Kemudian, Yoppy juga sempat menawarkan pekerjaan di PB Djarum, agar Febby tidak benar-benar meninggalkan bulutangkis.

Baca Juga

Namun, Febby Valencia Dwijayanti Gani tetap pada keputusan awal, ia melepas semua kerja kerasnya sampai masuk Pelatnas, dan ingin melanjutkan kuliah.

"Mau kerja, bisnis sendiri, di sini banyak sekali, tinggal dia berpikir, apakah jadi pelatih atau sparring partner. Tapi terakhir kasih tahunya sekolah pakai jalur prestasi."

Baca Juga

PB Djarum pun mengupayakan agar Febby Valencia bisa kuliah dengan menggunakan jalur prestasi, namun kendala lainnya, masa pendaftaran kampus tujuan sudah ditutup.

"Ya, kami bantu pakai jalur tersebut (jalur prestasi). Tapi sekolahnya sekarang sudah tutup, jadi harus menunggu setahun lagi."

"Nah, menunggu waktu itu mau ngapain? Tidak bisa bengong di rumah. Apakah mau main dulu sampai setahun? Nah, ini dia yang belum dijawab," pungkas Yoppy.

Baca Juga

Sementara itu, Kabid Pembinaan Prestasi PBSI, Rionny Mainaky, membenarkan Febby telah mengundurkan diri dari Pelatnas PBSI, tinggal menunggu surat resmi Pengprov.

"Febby secara pribadi memang sudah mengajukan pengunduran diri dari Pelatnas, tapi secara administrasi masih menunggu surat resmi dari Pengprov PBSI Jawa Tengah, di mana Febby bernaung."


2. Atlet yang Pernah Keluar dari Pelatnas

Pasangan ganda putra Indonesia, Mohammad Ahsan dan Hendra Setiawan di Japan Open 2022. Foto: PBSI

Berkarier sebagai atlet bulutangkis nasional dan dipatok target prestasi tinggi, membuat sejumlah atlet sempat memutuskan untuk hengkang dari Pelatnas PBSI di Cipayung.

Selain Febby Valencia, sejumlah nama berikut ini juga pernah memutuskan keluar dari Pelatnas. Ada yang melanjutkan karir di bulutangkis, ada pula yang gantung raket.

Marcus Fernaldi Gideon alias Sinyo pernah keluar dari Pelatnas di tahun 2013 karena alasan pribadi. Namun, satu tahun kemudian, ia dipanggil lagi ke Cipayung.

Hendra Setiawan juga pernah memutuskan untuk meninggalkan Pelatnas PBSI di tahun 2008. Namun, di tahun 2012, ia kembali ke sektor ganda putra bersama Moh. Ahsan.

Bahkan, pemain sekelas Taufik Hidayat juga pernah keluar dari Pelatnas di tahun 2009. Berkat prestasinya selama main profesional, ia pun dipanggil kembali di tahun 2011 silam.

PBSIPelatnasYoppy RosiminPB DjarumBulutangkisBerita BulutangkisFebby Valencia Dwijayanti GaniFebby Valencia Dwijayanti Ghani/Ribka Sugiarto

Berita Terkini