x

Roger Federer Pensiun, Dunia Tenis Berduka

Kamis, 15 September 2022 22:36 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Petenis asal Swiss, Roger Federer. Foto: REUTERS/Hannah Mckay

INDOSPORT.COM - Roger Federer resmi mengumumkan akan pensiun dari dunia tenis usai turnamen Laver Cup minggu depan.

Petenis asal Swiss tersebut akan gantung raket dengan status sebagai salah satu atlet terbaik sepanjang masa. Ia telah mengumpulkan 20 gelar Grand Slam dalam 24 tahun kariernya.

Baca Juga

Melalui postingan di media sosialnya, Federer mengeluarkan pernyataan panjang tentang alasannya pensiun dalam waktu dekat.

“Kepada keluarga tenis saya, dari segala hadiah yang saya dapatkan selama bertahun-tahun, yang terbaik adalah orang-orang yang saya temui: teman-teman, lawan, dan seluruh fans yang membuat tenis menjadi hidup,” tulisnya.

“Hari ini saya mau memberi kabar untuk kalian semua. Banyak dari kalian yang tahu, tiga tahun ini saya mendapat banyak tantangan seperti cedera dan operasi.”

Baca Juga

“Saya bekerja keras untuk kembali ke performa penuh. Tapi saya tahu kapasitas tubuh dan batasan saya, pesan untuk saya akhir-akhir ini menjadi jelas.”

Federer kini telah berusia 41 tahun dan telah bermain lebih dari 1.500 pertandingan selama 24 tahun belakangan.

Ia lalu merasa ini saatnyalah ia mengakhiri karier kompetitifnya. “Laver Cup pekan depan di London akan menjadi event ATP terakhir saya,” tegasnya.

Baca Juga

Federer berjanji tidak akan berhenti begitu saja dari dunia tenis yang membesarkannya. Hanya saja ia tak lagi bermain di Grand Slam atau tur ATP.

Laver Cup akan berlangsung mulai Jumat (23/09/22) dan berakhir pada hari Minggu (25/09/22).


1. Roger Federer Pensiun, Para Atlet Patah Hati

Petenis asal Swiss, Roger Federer dan Stan Wawrinka.

Usai mengumumkan keputusannya untuk pensiun, Roger Federer pun kebanjiran pesan dari para fans dan sesama atlet di dunia tenis.

Mereka bersedih karena kehilangan sosok petenis yang mereka idolai, tapi mereka turut bersyukur atas karier gemilang Federer yang membantu memoles olahraga tenis hingga seperti saat ini.

Baca Juga

“Cheers Roger. Terima kasih atas kenangannya, temanku. Sebuah kehormatan bisa berbagi masa dan pengalaman di atas tanah suci dalam olahraga kita. Jangan jadi orang asing, ya,” cuit Andy Roddick.

“Roger, tak pernah dan tak akan ada sosok sepertimu. Kau menghancurkanku di lapangan, tapi kamu sangat baik dan tulus, jadinya aku tak bisa membencimu,” tulis eks petenis AS, James Blake.

“Kau membuat olahraga ini lebih baik, di dalam maupun di luar lapangan. Kau akan dirindukan. Semoga beruntung, kamu telah mendapatkan semua kesuksesan dan kebahagiaan di dunia.”

Baca Juga

Banyak pula yang menyematkan emoji kambing (GOAT) yang bermakna “Yang Terbaik Sepanjang Masa” dalam menanggapi cuitan Federer, seperti Thanasi Kokkinakis dan Stan Wawrinka.

Legenda tenis lainnya Billie Jean King, juga mengapresiasi jasa Federer di dunia tenis. “Roger Federer adalah juara dari segala juara,” cuitnya.

“Dia telah melengkapi seluruh pertandingan di generasinya dan merebut hati para fans olahraga di seluruh dunia dengan kecepatannya di lapangan dan pikiran tenisnya yang luar biasa.”

Baca Juga

“Dia mencatat karier bersejarah dengan kenangan yang akan terus hidup.”

Sebagian atlet lainnya merasa patah hati dan menunjukkan kesedihannya seperti Carlos Alcaraz, Garbine Muguruza, Juan Monaco, hingga Juan del Potro.


2. Daftar Petenis dengan Penghasilan Tertinggi, Roger Federer Cetak Rekor Mencengangkan

Roger Federer mengalahkan John Millman di babak ketiga Australia Terbuka 2020.

Forbes baru saja merilis daftar petenis dengan penghasilan tertinggi yang menempatkan Roger Federer di puncak teratas.

Dalam daftar yang dirilis pada 25 Agustus, terlihat sejumlah nama pemain muda seperti Carlos Alcaraz dan Emma Raducanu.

Meski begitu, sampai detik ini belum ada yang bisa mengalahkan harta Roger Federer meski sang petenis sudah absen lama dari turnamen.

Di usia 41, legenda tenis asal Swiss tersebut masih mengantongi bayaran tertinggi di dunia, yang mana sudah ia pertahankan selama 17 tahun berturut-turut.

Berdasarkan laporan Forbes, ia menghasilkan sekitar 90 juta dolar AS sebelum pajak dan biaya agen selama 12 bulan terakhir, meskipun tidak memainkan satu pertandingan pun.

Baca Selengkapnya
Roger FedererTenisBerita Tenis

Berita Terkini