x

Sangar! 2 Bulan Usai Melahirkan, Ratu Para Bulutangkis Dunia Leani Ratri Oktila Geber Latihan

Senin, 19 September 2022 14:49 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Nugrahenny Putri Untari
Leani Ratri Oktila langsung menggeber latihan meski baru saja melahirkan. Foto: NPC Indonesia.

INDOSPORT.COM – Ratu para bulutangkis dunia, Leani Ratri Oktila, terlihat langsung menggeber latihan meski baru saja melahirkan putra pertamanya dua bulan lalu.

Leani Ratri Oktila merupakan atlet para bulutangkis SL4 yang menduduki posisi pertama pada ranking dunia di tiga sektor berbeda, yakni tunggal putri, ganda putri dan ganda campuran.

Baca Juga

Ratri juga mendapatkan penghargaan bergengsi dari BWF yakni, Female Para-Badminton Player of the Year 2020/2021. Prestasi tersebut sudah dia dapatkan sebanyak 3 kali berturut-turut.

Tak mengherankan. Statusnya tersebut diraih Leani Ratri Oktila lwat usaha dan latihan keras. Bahkan, dirinya tetap berlatih meski belum lama ini berganti status sebagai seorang ibu.

Ya. Leani Ratri Oktila dua bulan lalu melahirkan putra pertamanya. Situasinya itu bahkan membuatnya harus absen di ASEAN Para Games 2022 di Solo, Jawa Tengah, 30 Juli sampai 6 Agustus 2022 lalu.

Baca Juga

Melalui story di akun pribadi Instagram-nya, Leani Ratri Oktila mengunggah video yang mengabarkan bahwa dia mulai berlatih bulutangkis.

Leani Ratri Oktila mengunggah foto berlatih bulutangkis setelah dua bulan absen usai melahirkan, Foto: Instagram/leaniratrioktila

Bahkan, Leani Ratri Oktila juga mengajak sang putra ke lapangan latihan. Sembari berlatih, dia menitipkan putranya kepada asistennya.

Dalam sesi latihan tersebut, Leani Ratri Oktila terlihat sedang melakukan latihan tangan dengan raketnya.

Baca Juga

Atlet para bulutangkis berusia 31 tahun itu memang masih berlatih dengan tempo lambat. Namun, dirinya terlihat tetap bersemangat melakukan aktivitas yang disenanginya.

Bonusnya. Leani Ratri Oktila mengaku mengalami penurunan badan yang signifikan sejak mulai berlatih bulutangkis.


1. Tanpa Leani, Indonesia Berjaya di Asean Para Games 2022

Leani Ratri Oktila langsung menggeber latihan meski baru saja melahirkan. Foto: NPC Indonesia.

Dari awalnya berat badannya sempat naik hingga 102 kg saat hamil, kemudian turun menjadi 86 kg usai melahirkan, dan kembali turun dua bulan sesudahnya.

Namun, Leani Ratri Oktila memilih tidak mengungkapkan berat badan terbarunya setelah tiga bulan melahirkan.

Baca Juga

Leani Ratri Oktila dan sang suami, Bhadu Lhata Jr., diketahui menyambut kelahiran putra pertama mereka di rumah sakit JIH, Solo, Jawa Tengah pada Jumat (22/07/22).

Kabar ini sendiri cukup mengejutkan para penggemarnya. Pasalnya, Ratri selama ini tak penah mengumbar kehidupan pribadinya di media sosial.

Meski demikian, kabar ini sekaligus menjawab pertanyaan ketika nama Ratri Leani Oktila hilang dari dafar skuad para badminton Indonesia untuk gelaran ASEAN Para Games 2022.

Baca Juga

Saat itu, sebanyak 19 atlet para badminton Indonesia diterjunkan dalam ajang ASEAN Para Games XI/2022 yang akan bergulir di Solo, Jawa Tengah, 30 Juli-6 Agustus 2022.

Absennya Leani Ratri Oktila tentunya bisa mengurangi kekuatan tim para bulutangkis Indonesia di pesta olahraga para penyandang disabilitas se-Asia Tenggara tersebut.

Untungnya, kekhawatiran itu tidak terjadi karena tim para bulutangkis Indonesia tetap mampu mempersembahkan medali di ASEAN Para Games 2022. Bahkan, mereka mampu mendulang 13 emas, 9 perak, dan 8 perunggu.

Baca Juga

Indonesia berada di atas Thailand yang eraih 3 emas, 8 perak, 9 perunggu. Sementara Malaysia di posisi ketiga dengan 3 emas, 1 perak, 4 perunggu.


2. Kebiasaan Leani Ratri Oktila yang Tidur di Atas Bubble Wrap Tiap Bertanding

Leani Ratri Oktila dan Hary Susanto di Paralimpiade Tokyo 2020. Foto: NPC Indonesia.

Ratu para-bulutangkis Leani Ratri Oktila mengungkapkan secuil kisah unik yang selalu ia lakukan setiap kali bertanding di luar negeri.

Kisah itu ia sampaikan dalam acara Tonight Show yang dipandu Vincent Rompies, Deddy Mahendra Desta, serta Hesti Purwadinata.

Hesti dan Desta lantas iseng bertanya, benarkah Leani selalu membawa bantal dan tikar setiap kali bertanding? Namun lucunya, bukan tikar biasa yang ia bawa, melainkan plastik bubble wrap.

“Saya mainnya di tiga nomor, sehari bisa 2-3 kali main. Tikar plastik bekas (bungkus) kulkas, itu yang saya bawa,” kata Leani.

“Soalnya itu kan kalau dilipat bisa kecil. Kalau tikar yang kita beli di toko-toko sport itu kan gede, saya bawanya susah,” jelas pemain berusia 30 tahun ini.

Baca selengkapnya: Kebiasaan Leani Ratri Oktila yang Tidur di Atas Bubble Wrap Tiap Bertanding

Leani Ratri OktilaBulutangkisBerita BulutangkisPara Badminton

Berita Terkini