x

Sulit Adaptasi, Komang Ayu Susah Payah Lolos 8 Besar Indonesia International Series

Kamis, 22 September 2022 16:36 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
Pebulu tangkis tunggal putri Indonesia, Komang Ayu Cahya Dewi. Foto: PBSI

INDOSPORT.COM - Walau kesulitan untuk beradaptasi di lapangan, Komang Ayu Cahya Dewi akhirnya memastikan lolos 8 besar Indonesia International Series 2022.

Sebelumnya, Komang Ayu Cahya Dewi mendapatkan bye (lawan tidak bertanding) di babak 32 besar Indonesia International Series, sehingga ia belum turun ke arena.

Baca Juga

Kini, ketika bermain di babak 16 besar, Kamis (22/09/22), Komang yang notabene ialah atlet Pelatnas PBSI, justru merasakan kesulitan untuk beradaptasi di lapangan.

Tampil sebagai unggulan pertama di sektor tunggal putri, Komang mengaku tak mudah untuk bisa mengalahkan lawannya hari ini.

Atlet binaan PB Djarum itu menghadapi Yasnita Enggira Setiawan, pebulu tangkis asal Jakarta, jebolan klub Mansion Exist.

Baca Juga

Bertanding di GOR Among Raga Yogyakarta pada Kamis (22/9/22), Komang Ayu dipaksa bermain selama 42 menit, sebelum akhirnya menang straight dengan skor 21-7, 21-19.

"Di pertandingan tadi, saya lumayan bisa mengatasi. Di game pertama, sisi lapangan dia kalah angin, lawan lumayan tertekan."

"Di game kedua saya banyak melakukan kesalahan sendiri, dan juga saya belum bisa terlalu membaca arah angin," kata Komang.

Baca Juga

"Saya baru main hari ini, jadi lumayan ada pengaruh dengan adaptasinya. Saat latihan dan mencoba lapangan itu berbeda dengan pertandingan, hawanya juga beda," ujarnya.

"Tadi di game kedua karena banyak mati sendiri, jadi banyak ragu-ragu mainnya," tambah pebulu tangkis yang mencuri perhatian saat tampil di Piala Uber 2022 itu.


1. Misi Menuju Top 100 Dunia

Pebulutangkis tunggal putri Indonesia, Komang Ayu Cahya Dewi. Foto: PBSI

Turnamen Indonesia International Series 2022 memang didominasi oleh wakil tuan rumah. Namun, bukan berarti persaingan menjadi mudah, justru ada saja kesulitan.

Seperti Komang Ayu Cahya Dewi, setelah menaklukkan Yasnita Enggira Setiawan, ia pun dihadapkan dengan atlet Pelatnas PBSI lainnya di babak 8 besar, Jumat (23/09/22) ini.

Baca Juga

Komang Ayu masih menunggu pemenang lainnya dari sektor tunggal putri, yang mempertemukan Saifi Rizka Nurhidayah dengan Maria Veronica Ngadien Prawesti.

Baik Saifi Rizka maupun Maria Veronica adalah rekan Komang di Pelatnas. Maka dari itu, ia pun bertekad untuk tampil lebih baik.

"Tadi saya masih merasa ada beban karena lawannya bukan rekan di Pelatnas. Tetapi besok ketemu rekan di Pelatnas, jadi saya harus bisa lebih lepas mainnya," tuturnya.

Baca Juga

"Apalagi setiap hari latihan dengan mereka, saya harusnya lebih hapal cara mainnya," pungkas pebulu tangkis asal Denpasar itu.

Komang Ayu Cahya Dewi menjadi buah bibir setelah mengalahkan dua pebulu tangkis yang memiliki rangking jauh di atas dirinya, tepatnya pada gelaran Piala Uber 2022 lalu.

Komang Ayu saat itu berada di peringkat 203 dunia, tetapi ia berhasil mengalahkan atlet peringkat 43 asal Prancis, Qi Xuefei, dan peringkat 25 asal Jerman, Yvonne Li.

Baca Juga

Dengan keberhasilan itu, peringkat Komang Ayu pun meroket dan kini tercatat sebagai pemilik ranking 102 di tunggal putri dunia. 

Jika berhasil menunjukkan kualitasnya, mulai dari Indonesia International Series 2022, maka besar kemungkinan Komang Ayu akan beranjak naik ke top 100 dunia.


2. Rekap Wakil Indonesia

Pebulutangkis tunggal putra Indonesia, Ikhsan Leonardo Imanuel Rumbay di di turnamen Kapal Api Indonesia International Series 2022. Foto: PBSI

Berikut ini adalah beberapa rekap hasil pertandingan wakil Merah Putih di ajang Indonesia International Series 2022 babak 16 besar, hari ini, Kamis (22/09/22).

Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja vs Prad Tangsrirapeephan/Pattaraporn Rungruengpramong 21-8, 22-13

Ikhsan Leonardo Imanuel Rumbay vs Prahdiska B. Shujiwo 21-13, 21-16

Komang Ayu Cahya Dewi vs Yasnita Enggira Setiawan 21-7, 21-19

Anisanaya Kamila/Az Zahra Ditya Ramadhani vs Isyana Syahira Meida/Rinjani Kwinara Nastine 21-19, 18-21, 21-14

BulutangkisBerita BulutangkisKomang Ayu Cahya DewiIndonesia International Series 2022

Berita Terkini