x

PB Djarum Borong Gelar Juara Indonesia International Series, Tunggal Putri Bikin Gempar

Senin, 26 September 2022 11:50 WIB
Penulis: Martini | Editor: Juni Adi
Tunggal putri Indonesia Mutiara Ayu Puspitasari di turnamen Kapal Api Indonesia International Series 2022. Foto: PBSI

INDOSPORT.COM - PB Djarum borong tiga gelar juara dan dua runner up Indonesia International Series 2022. Pemain tunggal putri, Mutiara Ayu Puspitasari bikin gempar.

Babak final Indonesia International Series 2022 baru saja tuntas digelar pada Minggu (25/9/22), bertempat di GOR Among Raga Yogyakarta. Tiap sektor berlangsung sengit.

Baca Juga

Namun, dengan pembinaan yang konsisten, PB Djarum akhirnya memborong tiga gelar juara. Pertama, Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja dari ganda campuran.

Kedua, Mutiara Ayu Puspitasari dari sektor tunggal putri, dan pemain ketiga, Ikhsan Leonardo Imanuel Rumbay sebagai salah satu atlet tunggal putra di Pelatnas PBSI.

Sementara posisi runner up diraih oleh Ridya Aulia Fatasya/Kelly Larissa dari ganda putri, dan Melati Daeva Oktavianti yang kini berduet dengan Moh Reza Pahlevi Isfahani. 

Baca Juga

Dari seluruh kampiun di ajang Indonesia International Series 2022, pencapaian atlet tunggal putri, Mutiara Ayu Puspitasari yang jadi perhatian dan cukup menggemparkan.

Bagaimana tidak, lulusan Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulutangkis 2016 itu jadi atlet termuda yang merengkuh gelar juara International Series, yakni di usia 16 tahun.

Pebulutangkis kelahiran Ngawi, 17 Mei 2006 itu meraih podium tertinggi usai menjegal tunggal putri Indonesia lainnya yang jadi unggulan ketiga, yakni Stephanie Widjaja.

Baca Juga

Mutiara Ayu Puspitasari menang lewat laga sengit tiga game atas Stephanie Widjaja, dengan skor akhir 15-21, 21-10, dan 22-20.

Prestasi Mutiara Ayu Puspitasari menjadi perhatian khusus bagi PB Djarum, apalagi Mutiara akan dikirimkan ke World Junior Championships (WJC) 2022 mendatang.


1. Modal Manis Jelang World Junior Championships

Tunggal putri Indonesia Mutiara Ayu Puspitasari di turnamen Kapal Api Indonesia International Series 2022. Foto: PBSI

Program Director Bakti Olahraga Djarum Foundation, Yoppy Rosimin, mengapresiasi hasil yang diraih oleh para atlet PB Djarum di Indonesia International Series 2022.

Secara khusus, Yoppy Rosimin juga memberi apresiasi khusus pada atlet tunggal putri, Mutiara Ayu Puspitasari, pemain yang sudah masuk Pelatnas PBSI.

Baca Juga

"Bangga dengan atlet-atlet binaan PB Djarum yang meraih gelar juara, baik yang saat ini berlatih di klub, ada Dejan/Gloria, atau yang di Pelatnas, Ikhsan dan Mutiara."

"Kalau menurut saya memang Dejan/Gloria dan Ikhsan sudah seharusnya juara di level itu, dan mereka mampu membuktikannya."

"Yang mengejutkan justru Mutiara, pemain muda (16 tahun) yang berhasil mengalahkan lawan-lawannya yang lebih di atasnya seperti di final tadi," ungkap Yoppy.

Baca Juga

Sejak pertama kali Mutiara lolos seleksi PB Djarum, masuk Pelatnas, dan kini menjuarai Indonesia International Series 2022, Yoppy melihat Mutiara sudah banyak berkembang.

"Tetapi ujian sesungguhnya bagi Mutiara sendiri nanti saat dia tampil di WJC (World Junior Championships) tahun ini, apakah dia mampu membuktikan jadi yang terbaik."

"Semoga hasil ini jadi modal kepercayaan dia di WJC maupun turnamen lainnya yang akan Mutiara ikuti nanti," lanjut Yoppy lagi.

Baca Juga

Adapun ajang World Junior Championships 2022 akan dihelat di Santander, Spanyol, pada tanggal 17-30 Oktober mendatang.

Sementara klub bulutangkis terbesar itu juga akan membuka kembali Audisi Umum PB Djarum pada 19-22 Oktober 2022, yang bertempat di Kudus, Jawa Tengah.


2. Rekap Hasil Indonesia International Series 2022

Pasangan ganda capuran Indonesia Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja di turnamen Kapal Api Indonesia International Series 2022. Foto: PBSI

Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja vs M. Reza Pahlevi Isfahani/Melati Daeva Oktavianti 19-21, 21-9, 23-21

Alfian Eko Prasetya/Ade Yusuf Santoso vs Reinard Dhanriano/Kenas Adi Haryanto 21-16, 18-21, 21-16

Ridya Aulia Fatasya/Kelly Larissa vs Ririn Amelia/Virni Putri 21-18, 13-21, 18-21

Stephanie Widjaja vs Mutiara Ayu Puspitasari 21-15, 10-21, 20-22

Ikhsan Leonardo Imanuel Rumbay vs Iqbal Diaz Syahputra 22-20, 21-15

Yoppy RosiminPB DjarumWorld Junior ChampionshipsBulutangkisBerita BulutangkisMutiara Ayu PuspitasariIndonesia International Series 2022

Berita Terkini