x

Demi Regenerasi Ganda Putra, Ahsan/Hendra Putuskan Mundur dari Asian Games 2022

Senin, 26 September 2022 07:50 WIB
Penulis: Martini | Editor: Juni Adi
Pasangan bulutangkis Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan melakukan selebrasi usai taklukan pasangan China, Liao Min Chun/Su Ching Heng di St. Jakobshalle

INDOSPORT.COM - Demi regenerasi sektor ganda putra, pasangan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan memutuskan tidak ikut bersaing di Asian Games 2022 Hangzhou.

Sekadar informasi, Asian Games yang harusnya digelar empat tahunan, dan jatuh di tahun 2022, harus ditunda hingga tahun 2023 karena efek pandemi Covid-19.

Baca Juga

Asian Games 2022 rencananya akan digelar di Hangzhou, China, pada 23 September hingga 8 Oktober 2023 mendatang.

Salah satu cabang olahraga yang akan dipertandingkan di Asian Games 2023, tentu saja bulutangkis. Apalagi, ajang ini juga jadi pemanasan sebelum Olimpiade 2024 Paris.

Namun, pebulutangkis senior, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan mengaku belum ada rencana untuk mengikuti Asian Games.

Baca Juga

Mereka ingin memberikan jatah bermain ganda putra kepada adik-adiknya yang saat ini sedang berjuang bersama di Pelatnas.

Namun, pasangan berjuluk The Daddies itu akan tetap berjuang di turnamen lainnya, dan berharap mereka masih akan menghuni posisi lima besar ganda putra terbaik dunia.

"Buat kami, paling tidak bertahan di ranking top 5 dulu. Asian Games tahun depan kami tidak ikut dulu, pemain yang muda-muda saja," ungkap Ahsan saat Meet & Greet.

Baca Juga

Saat ini, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan menghuni peringkat keempat dalam urutan ganda putra terbaik dunia.

Sementara kompatriot mereka, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo berada di peringkat kedua, setelah digusur oleh Takuro Hoki/Yugo Kobayashi (Jepang).


1. Persiapan Menuju Denmark Open 2022

Pasangan bulutangkis Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan melakukan selebrasi usai taklukan pasangan China, Liao Min Chun/Su Ching Heng di St. Jakobshalle

Walaupun Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan memutuskan untuk tak ikut serta dalam ajang prestisius Asian Games 2022, tetapi mereka tetap serius di ajang lainnya.

Seperti saat ini, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan tengah mempersiapkan diri untuk turnamen bulutangkis terdekat, yakni tur Eropa di bulan Oktober mendatang.

Baca Juga

The Daddies bersama kontestan asal Indonesia lainnya akan mengikuti ajang Denmark Open, French Open, dan Hylo Open secara berturut-turut di Eropa.

Ahsan menurutkan bahwa mereka akan memulai latihan intensif sebagai sparring partner Pelatnas, mulai Senin (26/9/22).

"Kami mulai persiapan lagi Senin. Ada waktu beberapa minggu ini untuk kami melakukan persiapan," ujar Ahsan pada Sabtu (24/9).

Baca Juga

"Mungkin di minggu-minggu berikutnya akan lebih banyak latihan teknik," imbuhnya.

Memang, jika berkaca pada statistik tahun ini, Ahsan/Hendra beberapa kali tembus ke final. Hanya saja, mereka belum sekali pun mencicipi podium tertinggi di tahun 2022.

Bahkan, dengan status sebagai juara bertahan di Kejuaraan Dunia, Ahsan/Hendra juga gagal mempertahankan gelar mereka tahun ini, dan puas dengan medali perak.

Baca Juga

Namun, bagi Hendra Setiawan, catatan itu masih berupa perjalanan, sehingga tidak masalah apakah mereka menang atau hanya sebagai runner up saja.

"Kalau dari kami sih yang penting usaha dulu, memberikan yang maksimal. Harapan pasti juara, tetapi ya itu, yang penting kami usaha dulu," pungkas Hendra Setiawan.


2. Jadwal Turnamen Bulutangkis Terdekat (World Tour)

Peraih medali perunggu Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan runner upMohammad Ahsan/Hendra Setiawan di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022. Foto: PBSI

Denmark Open 2022 - Odense, Denmark
18-23 Oktober 2022

French Open 2022 - Paris, Prancis
25-30 Oktober 2022

Hylo Open 2022 - Saarbrucken, Jerman
1-6 November 2022

Australian Open 2022
15-20 November 2022


Jadwal Non-World Tour

Indonesia International Challenge 2022 - Yogyakarta, Indonesia
27 September - 2 Oktober 2022

Vietnam Open 2022 - Ho Chi Minh, Vietnam
27 September - 2 Oktober 2022

Indonesia International Challenge 2022 - Malang, Indonesia
11-16 Oktober 2022

Indonesia Masters Super 100 - Malang, Indonesia
18-23 Oktober 2022

Asian GamesHendra Setiawan/Mohammad AhsanMohammad Ahsan/Hendra SetiawanDenmark OpenBulutangkisahsan/hendraBerita BulutangkisDenmark Open 2022

Berita Terkini