x

Namanya Menghilang di Ranking BWF Terbaru, Chen Long Resmi Pensiun?

Selasa, 4 Oktober 2022 17:40 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
Nama Chen Long menghilang dalam daftar ranking dunia BWF sektor tunggal putra yang terbaru, apakah pebulu tangkis senior China ini telah resmi gantung raket?

INDOSPORT.COM – Nama Chen Long menghilang dalam daftar ranking dunia BWF sektor tunggal putra yang terbaru. Apakah pebulu tangkis senior China ini telah resmi gantung raket?

Pada Selasa (04/10/22), Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) resmi merilis ranking terbaru para pebulu tangkis dari lima sektor berbeda.

Baca Juga

Adapun ranking terbaru ini dihitung berdasarkan raihan poin turnamen terakhir, yakni Vietnam Open dan Kanada Open yang digelar pekan lalu.

Selain itu, ranking terbaru ini juga dirilis setelah poin pada pekan ke-48 hingga pekan ke-51 pada tahun 2019 dihapuskan.

Secara mengejutkan, nama Chen Long yang pernah menjadi raja bulutangkis pada 24 Desembr 2014 menghilang dari ranking BWF terbaru pada sektor tunggal putra.

Baca Juga

Melansir dari data BWF tournament software, nama Chen Long juga tidak ada di antara nama-nama pemain tunggal putra China yang menempati beberapa posisi di ranking BWF.

Nama Chen Long menghindar dari daftar tunggal putra China di ranking BWF terbaru, Rab (04/10/22). (Sumber: bwf.tournamentsoftware.com)

Ditelusuri dari profil Chen Long di laman resmi BWF, pemenang medali emas Olimpiade Rio 2016 tersebut juga sudah tidak memiliki peringkat dunia.

Kondisi ini cukup mengejutkan banyak pihak mengingat Chen Long belum mengumumkan secara resmi bahwa dirinya pensiun dari dunia bulutangkis.

Baca Juga

Beberapa waktu lalu, selentingan rumor soal Chen Long akan pensiun sempat tersebar. Rumor ini muncul setelah Chen Long absen lama sejak meraih perunggu di Olimpiade Tokyo.

Chen Long sebelumnya mengaku belum akan pensiun karena masih ingin mengincar emas Asian Games, satu-satunya medali yang pernah dia menangkan di sepanjang kariernya.


1. Chen Long Menghilang, Zhao Jun Peng Jadi Andalan China?

Logo BWF.

Namun, rumor dirinya pensiun kembali muncul saat Dewan Olimpiade Asia mengumumkan bahwa Asia Games Hangzhou akan digelar 23 September – 8 Oktober 2023, atau ditunda tahun depan.

Sejauh ini, belum diketahui secara pasti apakah dengan digelarnya Asian Games Hangzhou menjadi tahun depan, Chen Long tetap akan pensiun tahun ini ataukah menunda sampai dirinya tampil di Asian Games ini.

Baca Juga

Namun dengan namanya menghilang dari ranking BWF terbaru, sangat memungkinkan Chen Long sudah benar-benar resmi pensiun secara diam-diam.

Sementara itu, hilangnya Chen Long yang terakhir kali terpantau menempati peringkat ke-56 per 25 September lalu, membuat China kini belum lagi memiliki tunggal putra andalan.

Pasalnya, posisi terbaik tunggal putra China ada di posisi ke-18 yang kini ditempati oleh Zhao Jun Pe dengan tabungan 60.331 poin.

Baca Juga

Zhao Jun Peng, yang mengikuti 12 turnamen pada musim 2022 sudah mampu mencapai status runner-up Indonesia Open 2022 dan semifinalis Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022.

Di belakang Zhao Jun Peng, ada Lu Guang Zu yang menempati peringkat ke-21, disusul Shi Yu Qi yang turun tiga peringkat dari posisi sebelumnya menjadi ranking ke-27.

Selain itu, ada Li Shi Feng (34), Weng Hong Yang (47), Huang Yu Xiang (114), Lei Lan Xi (336), Liu Hai Chao 411), dan Tang Kai Feng (901).

Baca Juga

Agenda turnamen BWF berikutnya adalah Tur Eropa. Dimulai Denmark Open (18-23 Oktober 2022), France Open (25-30 Oktober 2022), dan Hylo Open (1-6 November 2022). 


2. Media China Soroti Rumor Chen Long Gantung Raket

Selebrasi pemain asal China, Chen Long.

Prahara kali ini datang dari China, di mana Chen Long dan Zhang Nan dikabarkan resmi memutuskan untuk mengubur kenangan olimpiade dengan pensiun dari dunia bulutangkis.

Sebelumnya, para penikmat bulutangkis telah dikejutkan dengan rumor Zhang Nan yang menyusul Liu Cheng untuk gantung raket.

Pebulu tangkis yang namanya ikut mencuat bersama Liu Cheng itu dapat dikatakan sebagai pasangan top yang pernah berjaya pada era 2017 hingga 2018.

Akan tetapi, kerja sama antara Liu Cheng dan Zhang Nan tak bisa bertahan lebih lama, usai performa yang dicapai mereka tak kunjung membaik.

Tak lama setelah mereka 'bercerai' Liu Cheng memutuskan untuk pensiun dari tim nasional bulutangkis China di usia 30 tahun.

Baca selengkapnya: Chen Long dan Zhang Nan Sudah Pensiun! Media China: Tinggal Tunggu Pernyataan Resmi

BWFChinaChen LongBulutangkisBerita Bulutangkis

Berita Terkini