x

Viral Atlet Tunggal Putra Indonesia Tulis Kritikan Menghujam ke PBSI, Ada Apa?

Minggu, 9 Oktober 2022 13:47 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Indra Citra Sena
Ganas menjuarai turnamen di Portugal, atlet independen, Andi Fadel Munammad, layangkan kritik menghujam tajam ke Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI).

INDOSPORT.COM – Ganas menjuarai turnamen di Portugal, atlet independen, Andi Fadel Munammad, layangkan kritik menghujam tajam ke Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI).

Atlet badminton juara  Portugal International Series 2022 itu melayangkan kritikan kepada PBSI melalui instagram story pribadinya pada Sabtu (08/10/22).

Baca Juga

Terdapat empat slide kekecewaan berbahasa Inggris yang dia ungkapkan untuk Federasi Bulutangkis Indonesia yang dalam hal ini berarti PBSI.

Pada slide story pertama di instagram, Andi Fadel Muhammad menulis,” saya sangat lelah dengan Federasi Indonesia.” Tulisan ini disertai emoticon yang mendukung kekecewaannya.

Tak cukup puas, pebulutangkis Indonesia yang kini tinggal di Swedia ini kemudian melanjutkan curahan hatinya (curhatan) yang kian tajam.

Baca Juga

“Maksud saya, mengapa mereka membuatnya begitu sulit? Sejauh ini saya telah mewakili negara tanpa menggunakan uang dari mereka. Maksud saya, mengapa untuk mendaftar turnamen saja, saya begitu kesulitan?”

“Katanya karena peringkat ini atau peringkat itu, tetapi giliran saya sudah mencukupi, kenapa masih dibilang belum (memenuhi syarat)?” lanjut pebulutangkis asal Sulawesi Selatan itu.

“Saya selalu berusaha untuk membanggakan negara dengan prestasi saya selama ini. Walaupun saya tidak mendapatkan apa-apa, dan tentu saja semua orang tau bahwa hasilnya untuk Indonesia, dan saya bangga akan itu.”

Baca Juga

“Tetapi saya tidak mengerti mengapa? mengapa mereka (PBSI) memperumit sesuatu yang sederhana seperti ini? Atau hanya karena kami tidak berada di tim nasional bulutangkis?”

“Atau mereka takut kalau kami di luar timnas bisa lebih baik dari mereka?” tulis pebulutangkis Andi Fadel Muhammad menyindir PBSI.

Kritik pebulutangkis independen Indonesia, Andi Fadel Muhammad, kepada PBSI
Kritik pebulutangkis independen Indonesia, Andi Fadel Muhammad, kepada PBSI
Kritikan pebulutangkis independen Indonesia, Andi Fadel Muhammad, kepada PBSI.
Kritikan pebulutangkis independen Indonesia, Andi Fadel Muhammad, kepada PBSI.

1. Pro dan Kontra Netizen

Kalimat panjang yang ditulis Andi Fadel Muhammad untuk PBSI itu pun langsung menjadi pembahasan panas di jejaring sosial, termasuk instagram.

Kalimat panjang yang ditulis Andi Fadel Muhammad untuk PBSI itu pun langsung menjadi pembahasan panas di jejaring sosial, termasuk instagram.

Badminton lovers Indonesia di instagram fanbase @lambe.badminton, langsung berbondong memberikan beragam komentar pro dan kontra untuk PBSI dan Andi Fadel Muhammad.

Baca Juga

Ada badminton lovers Indonesia yang memahami kekecewaan pebulutangkis kelahiran Sengkang 16 Mei 1999 itu yang kesulitan mendaftar turnamen karena terhalang regulasi PBSI.

Namun ada pula badminton lovers yang netral, hingga mendoakan agar Andi Fadel Muhammad yang saat ini sedang berkarier independen di Swedia bersama sang istri, Melsya Nur Fitriani, bisa kian sukses.

“Gara-gara kasus match fixing (8 atlet Indonesia pada 2017) alias judi yg dilakukan pemain ‘antah berantah’ kemarin, jadi PBSI agak memperketat perijinan pemain,” tulis @aria*****

Baca Juga

“Gamau lgs nuduh siapa yg lbh bener atau lbh salah. Krna setiap organisasi dan turnamen ada aturan masing2. Jd semoga bs diselesaikan scr baik2 & tdk merugikan kedua belah pihak,” komentar @zah****

“Harus banyak pemain pro yg berani bersuara macam gini,” komentar @gir*****

“Iya ya katanya PBSI punya peraturan baru sekarang?” komentar @shaf****

Baca Juga

PBSI memang merevisi beberapa aturan baru untuk atlet Indonesia yang akan diberikan izin ke suatu turnamen bulutangkis. Aturan tetaplah aturan meski dibumbui dengan beragam kritik dan saran.

Andi Fadel Muhammad menjadi salah satu atlet badminton Indonesia yang berani bersuara dan harus diapresiasi dengan apa yang dialami.

Namun yang pasti, Andi Fadel Muhammad menjadi salah satu pebulutangkis independen yang terbilang sukses. Usai juara di Portugal Maret lalu, dia baru saja menjadi runner up Croatiaon International 2022 (29 September - 2 Oktober).


2. Kiprah Luar Biasa Andi Fadel di Portugal

Kiprah Luar Biasa Andi Fadel Muhammad menjuarai turnamen bulutangkis di Portugal.

Meski berangkat dari babak kualifikasi, pebulutangkis non pelatnas PBSI, Andi Fadel Muhammad, baru saja menjadi juara Portugal International Series 2022 pada 10-13 Maret.

Indonesia mengirimkan dua wakil tunggal non pelatnas PBSI melalui pasangan suami istri Andi Fadel Muhammad dan Melsya Nur Fitriani.

Kedua wakil Indonesia itu sama-sama harus berjuang dari babak kualifikasi. Kendati demikian, Andi Fadel Muhammad dan Melsya Nur Fitriani berhasil menunjukkan daya juang.

Bertanding di High Performance Centre, Caldas da Rainha, Melsya Nur Fitriani terus berjuang gigih hingga perempat final. Dia hanya kalah karena dibebat cedera.

Sedangkan Andi Fadel Muhammad berhasil melesat menjadi juara sektor tunggal putra yang berlangsung Minggu (13/03/22).

Baca selengkapnya: Berangkat dari Kualifikasi, Tunggal Putra Indonesia Juara Portugal International Series 2022

 

PBSIBulutangkisBerita Bulutangkis

Berita Terkini