x

Jonatan Christie Korban Terbaru, Media China Soroti ‘Kenakalan’ Wasit di French Open 2022

Sabtu, 29 Oktober 2022 21:25 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
Wasit Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) menjadi sorotan di China lantaran aksi kontroversial, termasuk kepada Jonatan Christie, saat memimpin French Open 2022.(Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM – Wasit Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) menjadi sorotan di China lantaran aksi kontroversial, termasuk kepada Jonatan Christie, saat memimpin pertandingan French Open 2022.

Turnamen BWF Tour Super 750 French Open tengah berlangsung pekan ini di Paris. Ajang tersebut saat ini sedang melangsungkan partai semifinal, Sabtu (29/10/22).

Baca Juga

Menariknya, French Open 2022 juga menjadi panggungnya sejumlah wasit karena aksi kontroversialnya. Aksi para wasit ini mendapat sorotan dari media di China, Sohu.

Dalam beberapa hari terakhir pertandingan, wasit (French Open) kembali menjadi pusat perhatian dunia luar,” tulis media itu dalam tulisan yang terbit Sabtu (29/10/22).

Berbagai kesalahan penilaian dan masalah skala hukuman telah memicu kecaman dari BWF termasuk pemain dan penggemar,” lanjut media ini.

Dua aksi kontroversi wasit yang paling disorot media Sohu ini adalah saat pertandingan yang melibatkan tunggal putra Malaysia, Daren Liew, dan andalan Indonesia Jonatan Christie.

Baca Juga

Daren Liew disebutkan oleh media tersebut menjalani babak pertama melawan pemain India, HS. Prannoy, pada Rabu (26/10/22). Namun pada akhirnya Daren Liew harus mengakui keunggulan lawan dengan skor 16-21, 21-16, 16-21.

Kontroversi pun terjadi menjelang tiebreak set ketiga. Saat itu, Daren tertinggal 15-19 dari Prannoy usai memukul bola di depan net. Daren protes kepada wasit soal lawannya.

Setelah berdebat, wasit memutuskan mengulang poin. Namun pada poin kritis, Daren dianggap bersikap kontroversial oleh wasit.

Setelah Daren Liew akhirnya kalah, dia melemparkan raket dengan maksud mengarahkannya ke tas, dan kartu merah diacungkan wasit, yang membuatnya didenda 500 dolar,” tulis media ini.

Baca Juga

Media ini kemudian menyoroti pernyataan Daren Liew yang merasa tidak terima dengan keputusan wasit. Sang pemain menilai wasit bertugas sangat tidak profesional.

“Saya sangat marah pada saat itu sehingga saya tidak bisa mengendalikan emosi saya,” ujar Daren Liew.

Media ini juga menyoroti rencana Daren Liew dan Federasi Malaysia (BAM) mengajukan banding ke BWF soal masalah ini tetapi Liew Daren mengurungkan niatnya karena akan berakhir sia-sia.


1. Jonatan Christie Alami Cedera tapi Kena Kartu Kuning

Tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie terpaksa retired dan terhenti di babak perempat final French Open 2022 setelah mengalami cedera kaki. (Foto: PBSI)

Aksi kontroversial wasit juga terjadi di tunggal putra lainnya, di babak perempat final, di mana pemain Indonesia, Jonatan Christie berhadapan dengan Kodai Naraoka dari Jepang.

Memasuki set ketiga pada kedudukan 21-14, 14-21, dan 13-17, Jonatan mengalami terkilir pada pergelangan kakinya sehingga dia memutuskan menepi.

Baca Juga

Sohu menyoroti wasit yang memberikan kartu kuning kepada Jonatan Christie karena menduga sengaja menunda jalannya pertandingan, terlepas dari kondisi cederanya.

Sulit dipahami setelah Jonathan cedera, ketika dia tertatih-tatih ke pinggir lapangan, dia dikartu kuning oleh wasit, memperingatkan dia bahwa dia dicurigai sengaja menunda permainan,” tulis media ini.

Keputusan wasit juga dianggap tidak manusiawi, bahkan berdarah dingin, oleh fans dan netizen,” lanjut media tersebut.

Baca Juga

Jonatan sejatinya sangat menyesal karena terpaksa retired di poin-poin kritis, di mana dirinya punya peluang untuk menyegel tiket semifinal French Open 2022.

Nasib apes Jonatan berlanjut saat dirinya terjatuh dari kursi roda saat dirinya ditarik oleh sang pelatih keluar lapangan. Hal ini membuat media China semakin mengecam panitia penyelenggara French Open.

Pelayanan seperti itu oleh panitia penyelenggara kompetisi benar-benar memalukan. Tidak heran jika organisasi dan manajemen BWF dikecam oleh banyak pemain dan penggemar baru-baru ini,” pungkas media tersebut.

Baca Juga

Daren Liew dan Jonatan Christie bukanlah satu-satunya yang jadi korban 'kenakalan' wasit di French Open 2022.

Di partai lainnya, pelatih ganda putri Jepang, juga sempat kena tegur wasit lantaran dianggap berisik saat memberi instruksi ke pasangan Nami Matsuyama/Chiharu Sida. 

IndonesiaChinaMalaysiaJonatan ChristieWasitDaren LiewBulutangkisBerita BulutangkisFrench Open 2022

Berita Terkini