x

Juara di Hylo Open 2022, Anthony Ginting Dievaluasi Habis-habisan oleh Coach Irwansyah

Senin, 7 November 2022 20:03 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Isman Fadil
Pelatih tunggal putra Indonesia, Irwansyah melakukan evaluasi besar-besaran, terutama untuk Anthony Sinisuka Ginting yang baru saja meraih gelar Hylo Open 2022. Foto: PBSI

INDOSPORT.COM – Pelatih tunggal putra Indonesia, Irwansyah melakukan evaluasi besar-besaran, terutama untuk Anthony Sinisuka Ginting yang baru saja meraih gelar Hylo Open 2022.

Sebagaimana diketahui, cabang olahraga bulutangkis kembali berhasil mengharumkan nama bangsa setelah dua wakilnya sukses menggondol gelar juara di Hylo Open 2022 pada pekan lalu.

Baca Juga

Kedua wakil Tanah Air tersebut ialah Anthony Sinisuka Ginting pada sektor tunggal putra, dan Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati di nomor ganda campuran yang meraih gelar juara di ajang BWF Super 300 tersebut.

Anthony Ginting sendiri berstatus sebagai unggulan kelima, mamp meraih gelar juara setelah mengandaskan wakil Chinese Taipei sekaligus unggulan ketiga yakni Chou Tien Chen.

Anthony Ginting menang lewat pertandingan ketat yang berlangsung tiga gim, dengan skor akhir 18-21, 21-11 dan 24-22 atas Chou Tien Chen di partai final Hylo Open 2022 pada Minggu (6/11/22) akhir pekan kemarin.

Baca Juga

Hasil ini pun membuat Anthony Ginting akhirnya sukses meraih gelar juara keduanya setelah ajang Singapore Open 2022.

Meski sukses menjadi juara, namun Anthony Ginting tetap mendapatkan evaluasi dari sang pelatih yakni Coach Irwansyah, yang menilai anak didiknya sudah menunjukkan peningkatan performa selama Tur Eropa.

“Secara umum penampilan Anthony Sinisuka Ginting sejak babak awal di turnamen Hylo Open 2022 begitu menjanjikan. Terlebih saat tampil di partai final, dia bisa bermain dengan bagus dan akhirnya tampil sebagai juara,” ucap Irwasyah dalam rilis PBSI.

Baca Juga

“Memang pada gim pertama dia masih sedikit ragu-ragu untuk menjalankan strategi yang sudah direncanakan,” tambahnya.

Meski demikian, Coach Irwansyah memuji penampilan Anthony Ginting saat sudah nyetel di final Hylo Open 2022. Tak hanya itu, sang pelatih juga memberikan evaluasi kepada tunggal putra Indonesia lainnya.


1. Coach Irwansyah Beri Evaluasi Tunggal Putra Indonesia usai Tur Eropa

Tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting juara di Hylo Open 2022. Foto: PBSI

Lebih lanjut Coach Irwansyah mengatakan bahwa Anthony Ginting sudah mengantongi peningkatan performa terutama saat final Hylo Open 2022.

“Anthony Ginting bisa mengejar ketertinggalan dengan meraih banyak poin dan bahkan sempat menyamakan kedudukan. Walaupun belum menang, tetapi pola permainan yang diterapkan dan diinginkan Ginting sudah berjalan baik,” ucap Irwansyah.

Baca Juga

“Pada gim kedua dan ketiga, permainan Ginting bisa keluar semua. Yaitu menerapkan strategi dengan pola permainan yang lebih menekan dan menyerang lawan. Terbukti di gim kedua dia bisa unggul jauh atas lawa,”

“Memang pada gim ketiga, keunggulan Ginting dari skor 20-16 sempat terkejar lawan hingga menjadi 20-20. Ini karena Ginting kurang sabar dalam bermain. Dia sepertinya terlalu buru-buru untuk segera menyelesaikan pertandingan,” jelasnya.

Lebih lanjut, mental yang kuat dan berani ambil risiko bermain penuh tekanan akhirnya mengantarkan sang anak didik juara di Hylo Open 2022.

Baca Juga

“Tapi dengan pola permainan yang terus menekan dan menyerang, akhirnya Ginting bisa tampil lebih baik. Di poin-poin kritis, dia bisa terus memegang kendali permainan. Akhirnya, dia pun bisa menang dan merebut gelar kedua tahun ini setelah memenangi Singapura Open lalu,” tukasnya lagi.

Di sisi lain, coach Irwansyah juga mengevaluasi pemain tunggal putra lainnya, yakni wajib meningkatkan rasa percaya dirinya sendiri.

“Secara umum, evaluasi dari permainan Ginting selama mengikuti tiga turnamen di tur Eropa ini sudah bagus. Begitu juga dengan penampilan Jonatan Christie, Shesar Hiren Rhustavito, dan Chico Aura Dwi Wardoyo,” ucap Irwansyah.

Baca Juga

“Menurut saya selama mengikuti tiga kejuaraan secara berturut-turut, performa mereka sudah bagus juga.Meskipun begitu, secara umum ada yang harus ditingkatkan lagi dari para pemain tunggal putra ini. Yaitu, rasa percaya diri mereka sendiri,”

“Pemain-pemain kita harus memiliki rasa percaya dengan kemampuan mereka sendiri bahwa mereka bisa menjadi juara. Insya Allah ke depannya mereka semua bisa lebih berprestasi lagi,” jelas coach Irwansyah.

Sumber: PBSI

Anthony Sinisuka GintingChou Tien ChenAnthony GintingIrwansyahBerita BulutangkisHylo Open

Berita Terkini