x

Daftar Petenis di ATP Finals 2022: Djokovic Aman, ‘Si Bengal’ Kyrgios Terjun di Ganda

Selasa, 8 November 2022 14:35 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
Turnamen ATP Finals 2022, akan berlangsung pekan depan. Berikut ini daftar pemain yang lolos termasuk Novak Djokovic dan Nick Kyrgios. Foto: REUTERS/Nir Elias.

INDOSPORT.COM – Turnamen ATP Finals 2022, akan berlangsung pekan depan. Berikut daftar pemain yang akan ambil bagian di ajang penutup musim ini termasuk Novak Djokovic dan Nick Kyrgios.

Nitto ATP Finals merupakan turnamen puncak yang akan menutup musim ATP Tour 2022. Ajang ini hanya akan menampilkan delapan pemain tunggal dan ganda putra terbaik dunia yang memenihi syarat.

Baca Juga

Sama seperti tahun lalu, ATP Finals 2022 yang merupakan edisi ke-53 ini akan diselenggarakan di stadion Pala Alphtour, Turin, Italia, mulai 13 hingga 20 November 2022.

Dengan turnamen ini akan dilangsungkan pekan depan, daftar petenis yang memenuhi syarat untuk tampil di ajang tersebut pun sudah final.

Terbaru, dua petenis Kanada Felix Auger Aliassime dan Andrey Rubev berhasil mengamankan dua tiket terakhir untuk nomor tunggal putra ATP Finals 2022.

Baca Juga

Namun demikian, Carlos Alcaraz yang mengalami cedera otot perut saat tampil di Paris Masters 2022, terpaksa mengundurkan diri dari turnamen ini.

Kabar ini jadi pukulan besar untuk Alcaraz yang sejatinya telah menyelesaikan musim dengan rekor kemenangan 57-13.

Bahkan pada 12 September 2022 kemarin, dia berhasil menduduki peringkat 1 dunia dan memecahkan rekor sebagai petenis termuda dalam sejarah Peringkat ATP Peperstone.

Petenis berusia 19 tahun itu memenangkan lima gelar Tour, termasuk gelar di ATP Masters 1000 (Miami dan Madrid) dan trofi Grand Slam pertamanya di US Open.

Baca Juga

Tempat petenis Spanyol itu akan digantikan oleh Taylor Fritz di ATP Finals. Petenis Amerika ini juga memiliki rapor apik pada 2022, termasuk memenangkan gelar Masters 1000 pertamanya di Indian Wells.

Ada pun sejumlah petenis yang telah lebih dulu mengamankan tempat di ATP Finals 2022 di antaranya Rafael Nadal, Casper Ruud, Stefanos Tsitsipas, Novak Djokovic, dan Daniil Medvedev.


1. Daftar Pemain Lolos ATP Finals 2022

Petenis Australia, Nick Kyrgios.

Menariknya, Djokovic, Tsitsipas dan Medvedev sebelumnya pernah memenangkan Nitto ATP Finals. Bahkan, juara lima kali Djokovic berpotensi menyamai rekor kemenangan enam musim terakhir Roger Federer.

Khususna Djokovic meraih tiket usai memenangkan gelar ke-90 dalam kariernya usai keluar sebagai juara di turnamen Astana Open 2022, Minggu (09/10/22).

Baca Juga

Secara matematis, Djokovic menjadi petenis kelima yang memastikan lolos dengan mengantongi 3.320 poin dari sepuluh turnamen yang dia ikuti sepanjang musim.

Menariknya, poin tersebut diperoleh Djokovic dengan tanpa mengikuti dua acara grand slam yakni Australia Open pada awal tahun lalu dan US Open pada Agustus-September lalu.

Selain tunggal putra, ATP Finals 2022 juga telah merampungkan daftar delapan pasangan terbaik dunia yang akan mentas pekan depan.

Baca Juga

Mereka adalah Wesley Koolhof/Neal Skupski, Rajeev Ram/Joe Salisbury, Marcelo Arevalo/Jean-Julien Rojer, Nikola Mektic/Mate Pavic, Marcel Granollers/Horacio Zeballos, Lloyd Glasspool/Harri Heliovaara dan Thanasi Kokkinakis/Nick Kyrgios.

Nick Kyrgios yang gagal menembus ATP Finals 2022 di sektor tunggal punya kesempatan memenangkan gelar di sektor ganda bersama Thanasi Kokkinakis.

Pasangan asal Australia tersebut pada awal musim membuat kejutan di awal musim dengan meraih gelar Australian Open. Gelar Grand Slam tersebut membuat mereka otomatis lolos.

Baca Juga

Duo ini memainkan tujuh turnamen bersama tahun ini, dengan rekor 18-5. Mereka juga berhasil mengangkat trofi di Atlanta dan melaju ke semifinal di Miami dan Tokyo.

Selengkapnya, berikut ini daftar petenis yang lolos kualifikasi ATP Finals 2022:

Tunggal Putra

1. Rafael Nadal

2. Stefanos Tsitsipas

3. Casper Ruud

4. Daniil Medvedev

5. Felix Auger-Aliassime

6. Andrey Rublev

7. Novak Djokovic

8. Taylor Fritz

Ganda Putra

1. Wesley Koolhof/Neal Skupski

2. Rajeev Ram/Joe Salisbury

3. Marcelo Arevalo/Jean-Julien Rojer

4.  Nikola Mektic/Mate Pavic

5. Ivan Dodig/Austin Krajicek

6. Marcel Granollers/Horacio Zeballos

7. Lloyd Glasspool/Harri Heliovaara

8. Thanasi Kokkinakis/Nick Kyrgios.

Novak DjokovicATP World Tour FinalsNick KyrgiosTaylor FritzATP FinalsTenisBerita TenisCarlos Alcaraz

Berita Terkini