x

Kembali ke Pelatnas, Eks Partner Hendra Setiawan Ungkap Alasan Masih Enggan Jadi Pelatih

Jumat, 18 November 2022 07:25 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Indra Citra Sena
Mantan partner Hendra Setiawan, Tan Boon Heong, mengaku belum berniat menjadi pelatih meskipun saat ini dia dipanggil pelatnas Malaysia jadi teman sparring.

INDOSPORT.COM – Mantan partner Hendra Setiawan, Tan Boon Heong, mengaku belum berniat menjadi pelatih meskipun saat ini dia dipanggil pelatnas Malaysia jadi teman sparring.

Dilansir laman The Star, Tan Boon Heong, peraih medali emas Asian Games 2006, menjawab panggilan mantan pelatihnya, Rexy Mainaky untuk kembali ke pelatnas Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM).

Pemanggilan Tan Boon Heong tersebut dimaksudkan agar sang legenda ganda putra Malaysia itu menjadi sparring partner bagi para atlet pelatnas BAM, yaitu Pearly Tan/Thinaah Muralitharan.

Menurut Tan Boon Heng, tawaran itu pantang disia-siakan mengingat itu adalah kesempatan baginya dalam berbagi pengetahuan dan pengalaman.

Kesepakatan bekerja sama itu juga terbilang fleksibel di mana Tan Boon Heong dapat memutuskan sesi sparring sesuai waktu yang dikehendaki.

Baca Juga

Pasal penting lainnya, mantan partner Hendra Setiawan dan Koo Kien Keat tersebut dapat bekerja dengan bebas tanpa terikat birokrasi manapun.

Namun, dalam sebuah wawancara, Tan Boon Heong mengaku bahwa sampai saat ini dia masih belum berniat menjadi pelatih bulutangkis.

Baca Juga

Jadi, Tan Boon Heong memiliki kemampuan untuk bersaing dengan anggota tim nasional bulutangkis Malaysia (BAM), dan dia bersedia menjadi sparring partner.

“Saya tidak berniat menjadi pelatih, tetapi saya ingin menawarkan pengabdian saya sebagai sparring partner selama saya masih bugar untuk menandingi pemain nasional,” ujar Tan Boon Heong melansir The Star.

“Pelatihan adalah yang berbeda sama sekali karena Anda perlu membuat program dan harus merencanakan semuanya mulai dari pelatihan hingga turnamen,” sambung Tan Boon Heong.

Baca Juga

1. Tan Boon Heong Jadi Sparring Partner

Ungkapan Tan Boon Heong, mantan partner Hendra Setiawan yang dipanggil lagi ke pelatnas bulutangkis Malaysia.

Lebih lanjut, mantan partner Hendra Setiawan dan Koo Kien Keat tersebut mengaku bahwa dia sangat senang menjadi sparring partner atlet di pelatnas bulutangkis Malaysia (BAM).

“Saya lebih suka sparring dengan para pemain di mana saya dapat membantu mereka untuk maju karena saya dapat memberi mereka tip dan taktik saat bermain,” ujar Tan Boon Heong.

“Jika pengetahuan dan pengalaman saya cukup berharga bagi para pemain, saya tidak keberatan berbagi tetapi saya tidak memaksakannya pada siapa pun,” sambungnya.

“Pemain yang berbeda memiliki gaya dan pendekatan yang berbeda, jadi apa yang saya lakukan selama hari-hari saya bermain mungkin tidak cocok untuk beberapa orang.”

Tan Boon Heong memulai sesi sparring partner pertamanya dengan Pearly Tan/Thinaah Muralitharan pada 15 Oktober sebelum partisipasi atlet pelatnas BAM ke tiga turnamen Eropa.

Baca Juga

“Saya bergabung dengan mereka seminggu sekali tetapi jika waktu saya mengizinkan, saya tidak keberatan bertanding selama dua atau tiga hari seminggu,” ucap Tan Boon Heong.

Direktur Kepelatihan Sektor Ganda BAM, Rexy Mainaky juga senang melihat anak buahnya mendapatkan banyak manfaat dari kedatangan Tan Boon Heong.

Baca Juga

“Dia masih mendapatkan sentuhannya dan para pemain harus mendapatkan keuntungan belajar darinya.  Ini juga baik bagi kamis elama dia bisa menjadi mata kedua dan ketiga kami dalam mengidentifikasi kekurangan para pemain dan memberikan umpan balik untuk membantu kemajuan mereka,” ucap Tan Boon Heong.

“Dia diizinkan masuk (ke pelatnas BAM) untuk bertanding kapanpun. Yang perlu dia lakukan adalah memberitahu saya sehari sebelumnya, sehingga kami dapat membuat rencana,” pungkas Rexy Mainaky.

Sekadar informasi lagi, duet gado-gado Tan Boon Heong//Hendra terbentuk karena sama-sama berstatus non pelatnas dan tanpa pasangan.  Mereka juga sempat meraih beragam gelar, seperti runner up Australian Open 2017.

Baca Juga

Sumber: The Star.

Hendra SetiawanMalaysiaTan Boon HeongHendra Setiawan/Tan Boon HeongBulutangkisAsosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM)Berita Bulutangkis

Berita Terkini