x

Rahasia Djokovic, Nadal, Federer Jadi Entitas Tak Terpisahkan Selama Bertahun-tahun

Rabu, 21 Desember 2022 21:13 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Novak Djokovic, Roger Federer, dan Rafael Nadal di sesi latihan Laver Cup 2022. Foto: Action Images via Reuters/Andrew Boyers.

INDOSPORT.COM - Big 3 tenis Novak Djokovic, Rafael Nadal, dan Roger Federer menjadi entitas yang sulit tergantikan selama beberapa tahun terakhir.

Trio petenis papan atas dunia ini masih sering mendominasi sejumlah turnamen ATP mulai dari level bawah hingga yang paling prestisius, Grand Slam.

Bahkan, dua nama pertama sampai saat ini masih eksis di lapangan dan nampaknya belum ingin berhenti memenangkan gelar dalam waktu dekat.

Novak Djokovic yang awal tahun ini terseok-seok di Australian Open berhasil comeback dan meraih gelar di beberapa turnamen.

Bahkan, tahun 2022 ditutupnya dengan trofi ATP Finals setelah mengalahkan wakil Norwegia, Casper Ruud, di final.

Baca Juga

Di sisi lain, Rafael Nadal yang diketahui sedang berkutat dengan kondisi kebugarannya yang menurun, ternyata masih bertaji di lapangan tanah liat.

Gelar French Open 2022 berhasil digondolnya pada bulan Juni lalu, meski pada akhirnya mendulang hasil minus di gelaran ATP Finals lantaran hanya mentok di putaran grup.

Baca Juga

Situasi sedikit berbeda dialami Roger Federer yang tahun ini memutuskan pensiun, setelah mengalami gangguan kebugaran dan absen lama dari turnamen.

Laver Cup pun jadi ajang perpisahan petenis kawak asal Swiss ini, yang turut dimeriahkan sesama rekannya di dunia tenis putra.

Meski demikian, Roger Federer tetap layak diperhitungkan mengingat ia masih rajanya Wimbledon di Open Era dengan raihan delapan gelar.

Baca Juga

1. Entitas yang Sulit Terpisahkan

Novak Djokovic, Roger Federer, dan Rafael Nadal di sesi latihan Laver Cup 2022. Foto: Action Images via Reuters/Andrew Boyers.

Menjadi entitas yang sulit terpisahkan selama belasan tahun lamanya, bahkan sampai dikenal dengan sebutan Big 3, Novak Djokovic, Rafael Nadal, dan Roger Federer tentu tidak sukses dalam semalam.

Karier yang dijaga dan dibina lama, ditambah seabrek prestasi yang berhasil diraih, merupakan kunci utama kesuksesan mereka di dunia tenis profesional.

Attitude dan profil di luar lapangan pun sedikit banyak berpengaruh terhadap reputasi mereka yang bisa dibilang long-lasting ini.

Roger Federer, misalnya, dikenal luas sebagai sosok family man penyayang keluarga dan pria ramah yang sangat murah senyum.

Ditambah lagi, kegiatan-kegiatan filantropinya ke berbagai penjuru dunia juga mendulang pujian dari banyak orang.

Baca Juga

Selain itu, tiga petenis ini pun punya kesamaan yang membuat nama mereka tidak berhenti berkibar di level tertinggi.

Salah satunya pernah diungkapkan oleh mantan petenis Kroasia yang menangani Milos Raonic, Mario Tudor.

Baca Juga

Mario Tudor menilai Novak Djokovic sebagai pemain yang punya tendensi untuk terus meningkatkan permainannya. Begitu pula Rafael Nadal dan Roger Federer.

Bahkan, ia mengungkapkan kecenderungan Novak Djokovic saat sesi latihan. Ia adalah pemain yang sangat teliti dan detail.

“Dia tertarik dengan segala hal kecil dan sebagai pelatih Anda harus benar-benar siap, karena Novak ingin tampil lebih baik setiap hari,” ucap Mario Tudor seperti dikutip dari Sportskeeda.

Baca Juga

2. Punya Sifat Perfeksionis

Novak Djokovic, Roger Federer, dan Rafael Nadal di sesi latihan Laver Cup 2022. Foto: Action Images via Reuters/Andrew Boyers.

Ya, sifat perfeksionis merupakan kunci utama keberhasilan Novak Djokovic, Rafael Nadal, dan Roger Federer menjadi ikon hebat seperti sekarang.

Bahkan menurut Mario Tudor, kualitas tersebut turut membantu ketiganya bertahan di papan atas selama 15 tahun terakhir.

“Jika Anda melihat Roger, Rafael, dan Novak, bagaimana mereka berkembang dan bermain selama 15 tahun terakhir, Anda bisa tahu dengan segera, mengapa ketiganya sangat bagus,” ujarnya lagi.

Pada 2023 mendatang, para penggemar tenis masih akan menikmati penampilan Novak Djokovic dan Rafael Nadal.

Lagi-lagi, eksistensi dan sifat perfeksionis mereka akan diuji. Apakah dalam beberapa tahun ke depan keduanya masih bisa mempertahankan nama besarnya di kancah tenis putra dunia?

Baca Juga

Di sisi lain, Roger Federer yang telah gantung raket akan selalu diingat dan dikenang sebagai salah satu legenda terhebat yang pernah ada.

Ia mungkin akan fokus dengan kegiatan-kegiatannya di luar lapangan sembari menikmati lebih banyak waktu bersama keluarga.

Baca Juga

Agenda ATP

Jelang akhir tahun 2022, ATP menutup kalender mereka dengan ATP Finals yang menelurkan Novak Djokovic sebagai juaranya.

Sebelum menginjak 2023, para penggemar tenis akan dimanjakan dengan turnmen United Cup yang baru digelar untuk pertama kalinya.

United Cup ATP dan WTA ini bakal bergulir mulai 29 Desember 2022 hingga 8 Januari 2023.

Baca Juga

Sumber: Sportskeeda

Rafael NadalNovak DjokovicRoger FedererTenisBerita Tenis

Berita Terkini