x

Menerawang Nasib Carlos Alcaraz Garfia Tahun 2023: Makin Melejit atau Terjun Bebas?

Rabu, 4 Januari 2023 22:05 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Akankah Carlos Alcaraz Garfia sukses tahun ini? Foto: Geoff Burke-USA TODAY Sports via REUTERS.

INDOSPORT.COM - Petenis muda asal Spanyol penerus Rafael Nadal, Carlos Alcaraz Garfia, tampil menakjubkan sepanjang tahun 2022.

Sebelumnya, ia sudah sempat menggebrak panggung tenis putra saat berpartisipasi di ATP Next Gen Finals 2021.

Di final, ia menekuk petenis Amerika Serikat, Sebastian Korda, dan melanjutkan perjalanan menuju tahun 2022 dengan penuh percaya diri.

Bermain di Australian Open 2022, langkah Carlos Alcaraz Garfia ternyata hanya sampai putaran ketiga usai ditumbangkan wakil Italia, Matteo Berrettini.

Namun waktu itu, kegagalan pemain berjuluk Baby Nadal tersebut tidak terlalu signifikan lantaran sang pemain belum terlalu menunjukkan tajinya di level senior.

Baca Juga

Carlos Alcaraz pun beranjak ke Rio Open pada bulan Februari dan berhasil meraih gelar juara pertamanya pada tahun 2022.

Hari demi hari terus berlalu. Laju sang petenis ternyata makin tak terbendung hingga menutup 2022 dengan bertengger di peringkat satu dunia.

Baca Juga

Jika harus merangkum gelar apa saja yang berhasil ia raih pada 2022, pemuda yang kini berusia 19 tahun tersebut memang sulit dicari duanya.

Dengan usia yang masih sangat muda, ia mengumpulkan poin demi poin yang sangat berharga di Rio Open dan Miami Open sebagai juara turnamen.

Bukan hanya itu. Carlos Alcaraz juga cukup sering menginjakkan kaki di final, yang membuat sepak terjangnya sepanjang 2022 makin mentereng.

Baca Juga

1. Halo, 2023!

Carlos Alcaraz Garfia siap ngegas lagi tahun ini. Foto: Geoff Burke-USA TODAY Sports via REUTERS.

Memasuki 2023, para penggemar olahraga tenis dan pastiya insan olahraga Spanyol mungkin bakal berharap banyak pada seorang Carlos Alcaraz Garfia.

Namun masalahnya, ia dilanda cedera sejak beberapa waktu lalu, bahkan harus mundur dari ajang Paris Masters pada bulan November.

Selama masa pemulihan, ia harus menepi dari lapangan namun uniknya tidak perlu bekeringat untuk mempertahankan peringkat dunianya.

Di ATP Finals 2022, ia secara sah menyandang gelar sebagai petenis nomor satu dunia termuda sepanjang sejarah - di usia 19 tahun.

Keberhasilan tersebut tidak lepas dari kegagalan Rafael Nadal melaju jauh di ATP Finals usai ditekuk Felix Auger-Aliassime di pertandingan kedua.

Baca Juga

Sampai tulisan ini dibuat, Carlos Alcaraz Garfia masih betah di peringkat pertama ranking singles ATP dengan 6.820 poin.

Menyusul di bawahnya, Rafael Nadal yang mengantongi 6.020 poin per 2 Januari 2023.

Baca Juga

Carlos Alcaraz tentu akan berusaha semaksimal mungkin untuk mempertahankan apa yang sudah ia capai saat ini.

Ia dijadwalkan berpartisipasi di sebuah turnamen bertajuk Tennis Plays for Peace, yang dihelat jelang Australian Open 2023.

Event tersebut juga akan dimeriahkan oleh Rafael Nadal, Maria Sakkari, Alexander Zverev, Coco Gauff, Frances Tiafoe, dan Alex de Minaur.

Baca Juga

2. Dinanti Sepak Terjangnya Tahun Ini

Carlos Alcaraz Garfia siap ngegas lagi tahun ini. Foto: Geoff Burke-USA TODAY Sports via REUTERS.

Meski hanya turnamen amal, penampilan Carlos Alcaraz Garfia sang nomor satu dunia pun masih patut untuk dinanti.

Ajang ini bisa menjadi panggung pemanasannya menuju agenda-agenda 2023 yang sudah menanti di depan mata.

Selain itu, Carlos Alcaraz memasuki tahun 2023 dengan sejumlah misi penting selain meraup lebih banyak trofi dan bermain lebih baik di lapangan.

Ia sebelumnya berpeluang menyalip catatan Daniil Medvedev sebagai petenis nomor satu dunia yang mampu bertahan selama 16 pekan - yang akhirnya betulan jadi kenyataan.

Carlos Alcaraz memasuki pekan ke-17 sebagai pemuncak klasemen tunggal putra saat update ranking ATP dirilis hari Senin lalu (02/01/23).

Baca Juga

Perjuangan untuk Tahun 2023

Secara resmi, Carlos Alcaraz Garfia akan memulai perjuangannya pada 16 Januari mendatang di ajang Australian Open di Melbourne.

Usahanya untuk tetap jadi yang terbaik tahun ini pun diprediksi tidak akan mudah. Di Australian Open 2023, Casper Ruud berpeluang mengudeta posisinya di nomor satu dunia.

Baca Juga

Mereka berdua akan bersaing memperebutkan tempat teratas dengan setidaknya sampai di putaran tertentu untuk meraih poin.

Begitu pula Novak Djokovic dan Stefanos Tsitsipas yang juga membidik ranking satu dunia. namun PR mereka sedikit lebih berat lantaran harus memenangkan turnamen.

Oleh sebab itu, mari kita tunggu saja sepak terjang Carlos Alcaraz Garfia tahun ini. Apakah ia akan makin melejit atau justru hilang bak ditelan bumi?

Baca Juga

Sumber: tennis365, atptour.com

SpanyolRafael NadalTenisBerita TenisCarlos Alcaraz

Berita Terkini