x

Diari Casper Ruud Sepanjang 2022: Diam-Diam Menghanyutkan hingga 3 Besar Dunia

Senin, 12 Desember 2022 21:11 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Mengingat kembali perjalanan Casper Ruud sepanjang tahun 2022. Foto: REUTERS/Shannon Stapleton.

INDOSPORT.COM - Casper Ruud menjalani akhir tahun 2022 dengan bertengger di ranking 3 dunia ATP di bawah Carlos Alcaraz Garfia dan Rafael Nadal.

Raihan ini tentu tidak lepas dari perjuangannya bermain di banyak turnamen sepanjang tahun 2022 dan memenangkan tiga gelar.

Buenos Aires, Geneva, dan Gstaad adalah saksi kejayaan petenis asal Norwegia ini berburu gelar tahun ini.

Australian Open

Casper Ruud mengawali 2022 dengan terseok-seok usai absen di Australian Open lantaran mengalami cedera engkel.

Ia dijadwalkan berjumpa Alex Molcan di putaran pertama, namun akhirnya harus mundur setelah berusaha keras untuk pulih dan tidak berhasil.

Baca Juga

“Benar-benar kejadian yang tidak diharapkan saat berlatih pada hari Minggu. Kaki saya terkilir dan hal itu terjadi dalam hitungan detik,” ucapnya seperti diwartakan ESPN.

Setelah insiden tersebut, Casper Ruud pun mencoba segala cara dan berusaha semaksimal mungkin untuk pulih agar bisa bermain di putaran pertama Australian Open 2022.

Baca Juga

Namun sayang takdir berkata lain. Engkel yang tidak berfungsi dengan normal akan membuatnya kesulitan dalam begerak.

Di sisi lain, mengambil risiko untuk bermain jelas berpotensi memperparah kondisinya.

Bisa bermain di Australian Open namun ambruk di turnamen-turnamen selanjutnya? Tentu bukan cita-cita dan hal yang diharapkan oleh Casper Ruud.

Baca Juga

1. Setelah Australian Open Langsung Comeback

Mengingat kembali perjalanan Casper Ruud sepanjang tahun 2022. Foto: REUTERS/Shannon Stapleton.

Karena itulah, ia akhirnya memilih ‘menyerah’ dan absen di Australian Open 2022.

“Saya melakukan apa pun yang saya bisa, tapi bermain fit 100 persen adalah hal mustahil. Saat engkel cedera, saya tidak bisa bergerak dengan leluasa,

“Jadi akan sulit pula bagi saya untuk bermain bagus,” tambah petenis kelahiran 22 Desember 1998 tersebut.

Comeback yang Langsung Ngegas

Setelah memulai 2022 dengan gagal tampil di Australian Open, Casper Ruud langsung ngegas ketika bermain di Argentina Open.

Tidak tanggung-tanggung, ia berhasil mencapai partai puncak dan meraih gelar juara di Buenos Aires setelah menekuk wakil tuan rumah, Diego Schwartzman.

Baca Juga

Perjalanan hingga Paruh Tahun Pertama

Setelah meraih gelar di Argentina Open, Casper Ruud pun melanjutkan perjalanannya hingga sampai di Miami Open. Lagi-lagi ia berhasil menginjakkan kaki di final.

Hanya saja, ia gagal mengatasi kehebatan petenis muda Spanyol yang juga dijuluki baby Rafael Nadal, Carlos Alcaraz Garfia.

Baca Juga

Di turnamen-turnamen setelahnya, langkah Casper Ruud berulang kali mentok di fase 32 besar, 16 besar, dan perempat final.

Ia baru bisa melangkahkan kaki di semifinal di Italian Open yang digelar pada pertengahan bulan Mei. Saat itu, ia ditekuk Novak Djokovic lewat dua set cepat, 6-4, 6-3.

Namun Mei masih jadi bulan keberuntungan Casper Ruud, yang mendapat berkah ketika berlaga di Geneva pada pekan berikutnya.

Baca Juga

2. Berjaya Saat Akhir Tahun

Mengingat kembali perjalanan Casper Ruud sepanjang tahun 2022. Foto: REUTERS/Shannon Stapleton.

Gelar Kedua

Di Geneva Open, Casper Ruud berhasil menggondol gelar keduanya pada tahun 2022 usai menekuk petenis Portugal, Joao Sousa.

Perjuangan di Turnamen Grand Slam

Gagal bermain di Australian Open, Casper Ruud pun mengawali perjuangannya di turnamen Grand Slam 2022 di French Open.

Ia pun tampil sebagai penantang Rafael Nadal di final namun tidak dapat berbuat banyak menghadapi raja lapangan tanah liat tersebut.

Ya, petenis kawak tersebut terlalu kuat dan begitu sulit dihempas di lapangan tanah liat. Casper Ruud pun menyerah lewat tiga set 6-3, 6-3, 6-0.

Aksi Casper Ruud pun berlanjut ke turnamen Grand Slam selanjutnya, Wimbledon. Hanya saja, kali ini ia bermain di kategori ganda bersama William Blumberg (AS) dan tersingkir di putaran kedua.

Baca Juga

Gelar Ketiga

Swiss Open Gstaad adalah lumbung gelar ketiga Casper Ruud tahun ini. Di partai puncak, ia berhasil menumbangkan Matteo Berrettini.

Turnamen Grand Slam Lagi

Juara di Gstaad adalah gelar pamungkas Casper Ruud untuk tahun 2022. Raihan tersebut bisa saja bertambah apabila ia berhasil mengalahkan Carlos Alcaraz Garfia di final US Open.

Baca Juga

ATP Finals dan Ranking 3 Dunia

ATP Finals jadi turnamen tenis akhir tahun yang lag-lagi melambungkan nama Casper Ruud ke jajaran pemain men’s singles top dunia.

Sempat menekuk Rafael Nadal di fase grup, ia sampai ke final dan berhadapan dengan lawan berat lainnya, Novak Djokovic. Casper Ruud pun harus puas hanya berstatus sebagai finalis setelah kalah di partai puncak.

Kini, ia berada di peringkat 3 dunia per 12 Desember 2022. Meski hanya meraih tiga gelar, tidak dapat dipungkiri bahwa Casper Ruud memang diam-diam tampil menghanyutkan musim ini.

Baca Juga
ATPTenisBerita TenisAustralian OpenAustralian Open 2022

Berita Terkini