x

Skuad Thailand di Asia Mixed Team Championships: Turunkan Pelapis, Indonesia Lega?

Jumat, 3 Februari 2023 15:59 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
Thailand menurunkan sejumlah pemain pelapis di Badminton Asia Mixed Team Championship 2023. Akankah ini memperbesar kesempatan Indonesia meraih gelar?

INDOSPORT.COM – Thailand menurunkan sejumlah pemain pelapis di Badminton Asia Mixed Team Championships 2023. Akankah ini memperbesar kesempatan Indonesia meraih gelar?

Asosiasi Bulutangkis Thailand (BAT), Kamis (02/02/23), resmi mengumumkan daftar pemain yang akan turun di ajang Badminton Asia Championships 2023 di Dubai, Uni Emirat Arab, 14-19 Februari.

Sejumlah pemain pelapis diturunkan di turnamen beregu campuran yang untuk pertama kalinya digelar sejak hiatus pada 2021 karena pandemi COVID-19.

Tunggal putra peringkat 32 dunia, Sitthikom Thammasin akan memimpin Thailand yang segrup dengan Indonesia, Bahrain, Suriah, Lebanon di Grup B.

Dia aka dibantu pemain tunggal putri peringkat 12 dunia, Busanan Ongbamrungphan dan peringkat 25 dunia, Supanida Katethong.

Baca Juga

Di antara tiga jagoan tersebut, hanya Supanida Katethong yang memiliki torehan lebih baik apik di awal musim.

Peraih emas tim beregu putri Asian Games  2021 di Vietnam itu mampu mencapai babak semifinal India Open 2023 sebelum ditaklukkan Akane Yamaguchi.

Baca Juga

Menariknya, Thailand juga menurunkan ganda putri muda yang tengah naik daun, yakni Benyapa Aimsaard/Nuntakan Aimsaard.

Dua kakak beradik ini memiliki catatan apik di sepanjang musim 2022 hingga mampu menjalani debutnya di BWF World Tour Finals.

Membuka musim ini, Benyapa/Nuntakan mencapai babak 6 besar di Malaysia Open 2023, perempat final India Open 2023 dan tengah berjuang di perempat final Thailand Masters 2023 pekan ini.

Baca Juga

1. Indonesia Buka Peluang Favorit Juara Grup B?

Badminton Asia Mixed Team Championship (Tong Yun Kai Cup)

Dengan Thailand hanya menurunkan pemain pelapis, tentu hal ini menjadi keuntungan bagi Indonesia untuk meraih gelar di Badminton Asia Mixed Team Championships 2023.

Berbeda dengan Thailand, Indonesia menurunkan sejumlah pemain bintang. Ganda putra no.1 dunia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto ikut ambil bagian di ajang ini.

Mereka akan didukung juniornya yang juga juara Badminton Asia Championships 2022, Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan.

Di sektor tunggal putra, pemain nomor 2 dunia, Jonatan Christie, tidak tampil. Sebagai gantinya, ada Anthony Sinisuka Ginting dan Chico Aura Dwi Wardoyo.

Selain itu ada tunggal putri Gregoria Mariska, Apriyani Rahayu.Siti Fadia Silva Ramadhanti hingga Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati.

Baca Juga

Namun, Thailand juga diyakini bisa memberi kejutan di turnamen ini. Menilik dari edisi terakhir pada 2019, Thailand juga berada di grup yang sama dengan Indonesia.

Thailand memastikan lolos ke perempat final sebagai runner-up di belakang Indonesia. Namun mereka terhenti usai dikalahkan China yang jadi jawara di ajang tersebut.

Baca Juga

Sementara Indonesia sukses melaju ke babak semifinal sebelum dicukur oleh Jepang tiga kali  tanpa balas alias 3-0.

Untuk selengkapnya, inilah daftar pemain Thailand di Badminton Asia Mixed Team Championships 2023:

Atlet Putra

1.  Sithikom Thammasin

2.  Panitchaphon Teeraratsakul 

3.  Saran Jamsri

4.  Worapon Thongsnga

5.  Pharunu Khaosam-ang

6.  Phakphon Theeraratanasakul

7.  Peerachchai Sukpan

8.  Ratchaphon Maksasithorn

Atlet Putri:

1.  Butsananthon Ongbamrungphan

2.  Supanida Katethong

3.  Lalinrat Chaiyawan

4.  Benyapha Aiamsaard

5.  Nuntanakan Aiamsaard

6.  Phathaimas Muanwong

7.  Laksika Kallaha

8.  Chasinee Koreepap

IndonesiaBulutangkisBerita BulutangkisAsosiasi Bulutangkis Thailand (BAT)Sitthikom ThammasinBusanan OngbamrungphanBenyapa Aimsaard/Nuntakan AimsaardBadminton Asia Mixed Team Championship

Berita Terkini