x

Viral! Kisah Irwansyah Jadi ‘Juru Selamat’ Syabda Perkasa Belawa di Piala Thomas Bikin BL Mewek

Minggu, 12 Februari 2023 16:16 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Kisah pelatih tunggal putra Irwansyah menyelamatkan karier Syabda Perkasa Belawa usai nyaris dicoret dari skuad Piala Thomas viral dan membuat netizen terharu. Foto: PBSI

INDOSPORT.COM – Kisah pelatih tunggal putra Irwansyah menyelamatkan karier Syabda Perkasa Belawa usai nyaris dicoret dari skuad Piala Thomas viral dan membuat netizen terharu.

Siapa yang tidak kenal Syabda Perkasa Belawa. Bintang muda pelatnas PBSI tersebut pernah menyelamatkan muka Indonesia di kejuaraan beregu Piala Thomas 2022.

Saat menghadapi korea Selatan di babak penyisihan grup, Syabda Perkasa Belawa tampil di partai kelima alias jadi penentu nasib tim Merah Putih.

Menggadapi Lee Yun-gyu, Syabda Perkasa Belawa berjuang mati-matian demi menyumbang poin lewat kemenangan rubber set 21-14, 11-21, dan 21-16.

Di balik aksi heroik di Piala Thomas 2022, Syabda Perkasa Belawa rupanya pernah nyaris gagal dibawa ke Bangkok karena namanya dicoret dari daftar skuad pemain.

Baca Juga

Adalah Coach Irwansyah yang berhasil mengembalikan nama Syabda Perkasa Belawa ke daftar pemain Indonesia yang akhirnya harus puas dengan status runner-up di turnamen tersebut.

Syabda Perkasa Belawa sejatinya hendak diturunkan di SEA Games (Vietnam), tetapi di menit-menit akhir pelatih menyuruhnya bermain di Piala Thomas.

Baca Juga

Namun jelang keberangkatan ke Bangkok, Syabda malah dihantam cedera pinggang sehingga membuat PBSI berencana mencoretnya dari skuad Piala Thomas.

Mendengar rencana tersebut, Irwansyah memohon agar BSI tetap memasukkan nama Syabda Perkasa Belawa di belakang nama Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie.

Kisah ini membuat seorang badminton lovers (BL) Indonesia terharu dan memviralkan kisah Irwansyah-Syabda Perkasa Belawa di media sosial Twitter.

Baca Juga

1. BL Ikut Terharu dengan Kisah Irwansyah-Syabda

Irwansyah, asisten pelatih tunggal putra utama Pelatnas PBSI Cipayung

BL dengan nama akun @chocoathlete tersebut terharu dengan kepercayaan dan dukungan yang diberikan Irwansyah kepada anak-anak didiknya.

“Ternyata dia dicoret dari skuad SEAG, terus dimasukin ke skuad Thomas tapi malah cedera pinggang dan sempet dicoret lagi dari daftar skuad thank you coach irwansyah udah belain & percaya sama anak ini,” tulis akun tersebut.

Langsung saja, cuitan akun BL tersebut membuat netizen lainnya ikut terharu. Mereka semakin mengagumi sosok Coach Irwansyah yang dikenal punya sisi ‘kebapakan’ ini.

Beberapa netizen juga mendoakan agar Coach Irwansyah diberikan kelancaran dalam bertugas sehingga bisa mengantarkan anak-anak didiknya terus berprestasi di masa depan.

Baca Juga

Setelah sukses menjadi pahlawan di Piala Thomas, Syabda Perkasa Belawa pun mulai menarik atensi masyarakat. Bahkan, dia digadang-gadang bakal jadi pemain potensial.

Benar saja. Meski masih jarang diturunkan ke turnamen-turnamen bergengsi namun Syabda Perkasa Belawa mampu menunjukkan konsistensinya dalam setahun terakhir.

Baca Juga

Di sepanjang musim 2022 kemarin, tunggal putra berusia 22 tahun tersebut menyabet dua gelar juara, yakni di Lithuanian International dan Malaysia International Challenge.

Syabda Perkasa Belawa juga mengawali musim 2023 dengan prestasi apik, yakni keluar sebagai pemenang Iran Fajr International pada akhir Januari kemarin.

Torehannya itu membuat Syabda Perkasa Belawa berhasil menembus peringkat ke-88 dunia dalam ranking dunia yang dirilis BWF per 7 Februari 2023 kemarin.

Baca Juga
Piala ThomasIrwansyahBulutangkisBerita BulutangkisSyabda Perkasa BelawaBadminton Lovers (BL)

Berita Terkini