x

3 Fenomena Menarik di Ranking Baru ATP: Djokovic di Ambang Rekor, Petenis China Cetak Sejarah

Selasa, 14 Februari 2023 23:56 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Ada catatan menarik di ranking tunggal ATP per Senin (13/02/23), yang melibatkan duo pemain top, Novak Djokovic dan Taylor Fritz. Foto: REUTERS/Nir Elias.

INDOSPORT.COM - Ada catatan menarik di ranking tunggal ATP per Senin (13/02/23), yang melibatkan duo pemain top, Novak Djokovic dan Taylor Fritz.

Meski berbeda generasi, keduanya berhasil mencatatkan sejarah penting dalam karier masing-masing saat ATP mengumumkan peringkat dunianya pekan ini.

Akan tetapi, bukan cuma keduanya yang menjadi highlight kali ini, karena muncul satu nama yang bisa dibilang kurang familier namun cukup mencolok: Wu Yibing.

Lantas, catatan-catatan seperti apa yang diraih trio petenis putra di ranking ATP pekan ini? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ulasannya.

Novak Djokovic

2023 menjadi tahun yang manis bagi Novak Djokovic, setidaknya pada bulan Januari dan Februari ini, karena ia berhasil menjadi kampiun Australian Open.

Baca Juga

Tidak tanggung-tanggung, gelar tahun 2023 tersebut menjadi raihan ke-10 Djokovic sepanjang sejarah Australian Open digelar.

Selain itu, petenis asal Serbia tersebut juga kembali ke puncak ranking dunia berkat tambahan 2.000 poin berharga yang ia peroleh setelah menang di Melbourne.

Baca Juga

Pekan ini, ia masih bertengger di puncak ranking dengan 7.070 poin dan mendepak juniornya yang baru naik daun tahun lalu, Carlos Alcaraz Garfia.

Dengan bertahannya ia di ranking satu dunia, Djokovic pun bersiap mencatatkan rekor menarik yakni menyamai raihan legenda tenis putri, Steffi Graf.

Per 13 Februari 2023, Djokovic sudah mencapai 376 pekan di puncak ranking sepanjang kariernya. Ia selangkah lagi menyamai torehan Graf (377 pekan). 

Baca Juga

1. Tak Cuma Djokovic

Ada catatan menarik di ranking tunggal ATP per Senin (13/02/23), yang melibatkan duo pemain top, Novak Djokovic dan Taylor Fritz. Foto: REUTERS/Nir Elias.

Sebelumnya, Djokovic telah berhasil melampaui catatan Roger Federer yang telah mencatatkan 310 pekan sebagai ranking 1 dunia di ATP.

Kini, ia pun sedang di ambang rekor hebat lainnya dan akan melampaui Steffi Graf jika bisa bertahan setidaknya sampai bulan Maret mendatang.

Bulan depan Djokovic bakal dihadapkan pada dua turnamen Masters 1000, Indian Wells dan Miami Open, meski kepastiannya tampil di sana masih dipertanyakan.

Taylor Fritz

Selanjutnya ada Taylor Fritz yang berhasil naik peringkat ke ranking 7 dunia usai mencapai semifinal Dallas Open 2023 beberapa waktu lalu.

Pekan ini, ia meraup 3.455 poin dan mendepak Felix Auger-Aliassime ke ranking 8. Berkat raihan ini, Taylor Fritz pun mencatatkan rekor baru dalam kariernya.

Baca Juga

Ranking 7 merupakan peringkat terbaiknya setelah beberapa kali hanya berkutat di pusaran 10 besar yakni ranking 8 dan 9.

Di Dallas Open 2023, petenis Amerika Serikat tersebut tumbang di semifinal dari wakil China yakni Wu Yibing - yang akhirnya tampil sebagai juara turnamen.

Baca Juga

Wu Yibing

Ya, pemain yang satu ini belakangan memang sedang jadi perbincangan para penikmat olahraga tenis hampir di sebagian besar penjuru dunia.

Setelah mendepak Taylor Fritz di semifinal Dallas Open 2023, Wu pun melangkah ke final dan bersua wakil tuan rumah lainnya, John Isner.

Tidak disangka, awalnya dikira underdog, ia justru berhasil memenangkan pertandingan dan meraih gelar juara di Texas hingga membuat masyarakat negaranya bangga.

Baca Juga

2. Wu Yibing Cetak Sejarah

Ilustrasi raket tenis. Foto: Clive Brunskill/Getty Images for LTA.

Setelah Dallas Open 2023, Wu Yibing pun dinobatkan sebagai pemain asal China pertama yang meraih gelar ATP sepanjang sejarah tunggal putra.

Bicara soal prestasi yang berhasil diukirnya baik untuk benua Asia maupun China, Wu Yibing mengaku ada banyak hal penting di baliknya - tidak sekadar memenangkan gelar.

“Saya senang. Ini bukan cuma memenangkan trofi, tetapi secara pribadi dan untuk negara saya juga mencetak sejarah,” ucapnya seperti dikutip dari laman ATP.

“Ini adalah hal besar untuk generasi-generasi selanjutnya. Kemudian bagi saya, saya berharap terus maju dan menjaga tubuh ini tetap sehat,” ujarnya lagi.

Petenis kelahiran Hangzhou yang saat ini berusia 23 tahun tersebut juga yakin, masih ada banyak hal yang telah menantinya di depan mata.

Untuk mencapai titik kariernya yang sekarang, Wu Yibing pun telah melalui banyak cobaan termasuk cedera dan situasi-situasi pelik lainnya saat ia beranjak dewasa.

Namun kini, Wu Yibing telah melangkah lebih maju ke depan, bahkan menciptakan pergerakan yang sangat krusial di ranking ATP pekan ini.

Bagaimana tidak? Ia meroket 39 peringkat per 13 Februari 2023. Saat ini ia berada di ranking 58 dunia dengan 793 poin usai menang di Dallas Open.

Tentu patut dinanti sepak terjang Wu Yibing selanjutnya di kancah tenis putra dunia. Apakah ia akan meraih lebih banyak kesuksesan?

Atau mungkin, ia hanya akan berakhir sebagai pencetak rekor bagi tenis putra Asia dan China saja, skemudian tampil melempem sesudahnya?

Sumber: atptour.com, tennis365.com

ATPNovak DjokovicTaylor FritzTenisBerita Tenis

Berita Terkini