x

5 Petenis yang Bisa Gantikan Novak Djokovic Sebagai Petenis Terbaik Dunia

Selasa, 21 Februari 2023 20:09 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Petenis asal Serbia, Novak Djokovic, berhasil menjuarai turnamen ATP Finals 2022 usai mengalahkan petenis asal Norwegia, Casper Ruud, di Pala Alpitour, Turin. REUTERS/Guglielmo Mangiapane

INDOSPORT.COM - Novak Djokovic sudah cukup lama bertahan di posisi teratas sebagai petenis terbaik dunia. Namun, ada sejumlah petenis muda yang siap menggantikannya nanti.

Sekarang, Djokovic memegang posisi teratas dengan rekor total 377 pekan. Dia juga memegang rekor terbanyak menduduki ranking 1 di akhir tahun, mencapai prestasi tersebut selama tujuh tahun, termasuk tiga tahun berturut-turut (2014-2016).

Baca Juga

Juara Grand Slam 22 kali ini mengakhiri musim 2022 sebagai peringkat lima dunia, meski absen di Australia Open dan US Open karena bersikukuh untuk tidak vaksinasi Covid-19.

Akibatnya, petenis asal Serbia tersebut terpaksa tidak mendapatkan poin dan sangat berdampak pada peringkat rankingnya di tahun lalu.

Memang, saingan terberatnya adalah Rafael Nadal. Namun, jagoan asal Spanyol tersebut masih belum pulih dari cederanya sehingga belum kembali ke performa terbaiknya.

Baca Juga

Meski begitu, Djokovic patut waspada dengan petenis muda karena mereka sedang sangat bersemangat dan termotivasi untuk menjadi yang terbaik.

Untuk mengetahuinya, berikut lima petenis yang bisa gantikan Djokovic sebagai petenis terbaik dunia.

Carlos Alcaraz

Carlos Alcaraz adalah petenis termuda yang memegang posisi teratas setelah menjuarai gelar Grand Slam perdananya di US Open 2022.

Meskipun absen selama hampir empat bulan setelah cedera, petenis 19 tahun ini memulai musim 2023 dengan kemenangan gelar di Argentina Open pekan lalu.

Baca Juga

Petenis asal Spanyol ini pun hanya sekali bertemu dengan Djokovic di semifinal Madrid Open 2022, di mana dia muncul sebagai pemenangnya.

Dengan perolehan total 6480 poin di peringkat kedua dunia, hanya Alcaraz yang paling mungkin untuk menggeser Djokovic ke depannya.


1. Stefanos Tsitsipas

Stefanos Tsitsipas juara Nitto ATP Finals 2019 usai kalahkan Dominic Thiem.

Stefanos Tsitsipas berada tepat di belakang Alcaraz dengan menempati peringkat tiga berkat perolehan 5940 poinnya.

Tsitsipas berbagi dua tahapan besar besar Djokovic, yakni di final Roland Garros 2021 dan terakhir di Australia Open 2023, di mana Djokovic mengklaim gelar tersebut dua kali.

Baca Juga

Keduanya juga telah saling berhadapan 13 kali, terbanyak dari semua pemain dalam daftar ini. Namun, Djokovic masih unggul jauh dengan 11-2 secara head-to-head.

Daniil Medvedev

Daniil Medvedev sempat menempati posisi teratas menggantikan Djokovic pada awal musim lalu setelah mencapai final Australia Open, di mana ia kalah dari Rafael Nadal.

Baca Juga

Lalu dengan kemenangan gelar di Rotterdam Open pada pekan lalu, Medvedev naik tiga peringkat ke posisi delapan dunia. Dia pun masih berpotensi untuk terus naik.

Terakhir kali petenis asal Rusia ini bertemu Djokovic adalah di semifinal Adelaide International tahun ini, di mana Djokovic menang  dan membuat head-to-head semakin jauh, yakni 9-4.


2. Felix Auger Aliassime

Felix Auger-Aliassime

Felix Auger Aliassime menjalani musim terbaiknya di tahun 2022 dengan menjuarai empat gelar, yaitu Rotterdam Open, Florence Open, Antwerp Open, dan Basel Open.

Di musim 2023 ini, petenis asal Kanada ini sudah memiliki gelar Rotterdam Open. Namun, posisinya harus turun satu peringkat usai Medvedev menggesernya ke nomor sembilan.

Baca Juga

Felix sendiri terakhir bertemu Djokovic di Australia Open di Piala Laver dan hasil head-to-head mereka adalah imbang 1-1.

Jannik Sinner

Jannik Sinner sedang dalam salah satu performa terbaiknya saat ini. Petenis 21 tahun asal Italia ini naik dua peringkat ke posisi 12 dunia.

Baca Juga

Sinner telah menorehkan gelar di Open Sud De France di Montpellier dan mencapai final Rotterdam Open, mengalahkan Stan Wawrinka dan Stefanos Tsitsipas.

Keduanya terakhir bertemu di perempat final Wimbledon dan head-to-head mereka menghasilkan 2-0 untuk sang juara bertahan.

Novak DjokovicTRIVIATenisBerita TenisCarlos Alcaraz

Berita Terkini