x

Menuju 60 Pertemuan Djokovic vs Nadal: Impian Bersua di Final French Open 2023

Sabtu, 25 Februari 2023 15:35 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Novak Djokovic dan Rafael Nadal untuk saat ini masih bintang besar di kancah tenis putra. Foto: Clive Brunskill/Getty Images.

INDOSPORT.COM - Raksasa tenis putra, Novak Djokovic dan Rafael Nadal, nampaknya tidak pernah lepas dari persaingan, termasuk jelang French Open 2023.

French Open 2023 yang akan digelar pada bulan Mei mendatang, bisa jadi panggung dua legenda ini untuk berburu gelar Grand Slam ke-23 mereka tahun ini.

Sebelumnya, Novak Djokovic berhasil menggondol gelar Grand Slam ke-22 sepanjang kariernya saat menjuarai Australia Open beberapa waktu lalu.

Kemenangan itu pun terasa sangat berharga bagi dirinya, mengingat di edisi 2022 ia terpaksa absen karena bermasalah dengan status vaksin Covid-19.

Di final Australian Open 2023, Novak Djokovic menekuk Stefanos Tsitsipas dan memastikan dirinya naik podium teratas untuk kesepuluh kalinya di turnamen ini.

Baca Juga

Sementara itu, di sisi lain Rafael Nadal secara mengejutkan tersingkir cukup cepat di babak kedua dari petenis Amerika Serikat, Mackenzie McDonald.

Tidak ayal, usai Australian Open 2023, banyak yang menunggu duel Djokovic dan Nadal selanjutnya di level Grand Slam. Yang terdekat adalah Roland-Garros.

Baca Juga

Apalagi, sejauh ini keduanya telah berjumpa 59 kali. Pertemuan ke-60 di turnamen mana pun pasti akan sangat menarik untuk dinanti dan disaksikan.

Bayangkan apabila pertemuan ke-60 itu terjadi di French Open, apalagi saat Djokovic dan Nadal sedang bersaing ketat membidik Grand Slam ke-23. Wow!

Meski masih bulan Mei, Djokovic ternyata sudah berharap banyak dari turnamen lapangan tanah liat ini, yaitu bersua Nadal di partai puncak.

Baca Juga

1. Impian Bersua di Final French Open 2023

Novak Djokovic dan Rafael Nadal untuk saat ini masih bintang besar di kancah tenis putra. Foto: Clive Brunskill/Getty Images.

Novak Djokovic ingin berjumpa Rafael Nadal sang raja lapangan tanah liat di final French Open, saat momen spesial 60 duel mereka.

“60 pertandingan? Final Roland-Garros! Saya rasa, baik dia maupun saya akan setuju. Dia jelas rival terbesar saya,” ucap Djokovic dikutip dari tennisuptodate.com.

Di mata Djokovic, rivalitasnya dengan Nadal pada dasarnya bukan sebatas jumlah pertandingan yang sebentar lagi menyentuh angka 60.

Menurutnya, ia dan Nadal tumbuh bersama di tenis putra, meski tidak menampik bahwa pemain asal Spanyol tersebut mencicipi kesuksesan lebih dulu darinya.

“Kami berkembang bersama sebagai junior, walau dia berhasil meraih hasil luar biasa duluan,” jelas Djokovic lagi.

Baca Juga

“Dia dan [Roger] Federer yang paling [berkontribusi] membentuk saya sebagai pemain,” ucapnya soal dua anggota Big 3 lainnya.

Lebih lanjut, Djokovic juga berharap ia beserta Nadal bisa berbicara heart to heart alias hati ke hati saat mereka sudah lebih senggang nantinya.

Baca Juga

Untuk saat ini, berhubung keduanya masih aktif bermain di turnamen kompetitif, Djokovic mengaku tidak punya banyak waktu secara personal.

Akan tetapi, ia meyakini dirinya dan Nadal masih bisa mendominasi men’s singles tenis terlepas dari usia yang tidak dapat dipungkiri makin menua.

“Dia [Nadal] berada di puncak ketika bugar. Kami pasti memastikan para pemain muda belum akan memenangkan Slams,” selorohnya.

Baca Juga

2. French Open Panggungnya Rafael Nadal

Novak Djokovic dan Rafael Nadal untuk saat ini masih bintang besar di kancah tenis putra. Foto: Clive Brunskill/Getty Images.

Tentu saja, akan jadi tontonan yang menarik apabila nanti Novak Djokovic dan Rafael Nadal benar-benar berjumpa di final French Open 2023.

Para penikmat olahraga tenis sendiri pasti dengan senang hati menanti sepak terjang Nadal di surface yang sangat dikuasainya, tanah liat.

Hanya saja, di sisi lain Djokovic bakal dihadapkan dengan misi berat menumbangkan rival beratnya ini, yang sudah juara 14 kali di French Open.

Ya, Nadal sejauh ini menjadi pemain tersukses di jagat French Open dengan raihan 14 gelar termasuk di edisi 2022 lalu.

Bahkan, Nadal sudah tiga kali memenangkan gelar French Open secara beruntun, masing masing pada 2005-2008, 2010-2014, dan 2017-2020.

Sementara itu, Djokovic tercatat baru menang dua kali di edisi 2016 dan 2021 - catatan yang bisa Di dibilang cukup timpang jika harus dibandingkan.

Catatan Head to Head

Dari 59 duel yang sudah dilakoni Djokovic dan Nadal, keduanya mencatatkan rekor kemenangan yang sangat tipis, yakni 30:29.

French Open pun menjadi pertemuan teranyar mereka, yang terjadi di edisi tahun lalu tepatnya saat perempat final. Lalu pada 2021, keduanya bersua di semifinal.

Lantas, akankah tahun 2023 ini Djokovic dan Nadal bisa mencetak ‘hattrick’ pertemuan beruntun di Roland-Garros?

French Open 2023 rencananya digelar mulai 28 Mei hingga 11 Juni 2023. Namun untuk saat ini, atensi publik masih akan berfokus pada Indian Wells dan Miami Open.

Sumber: tennisuptodate.com, atptour.com

Rafael NadalGrand SlamNovak DjokovicFrench OpenTenisBerita Tenis

Berita Terkini