x

German Open: De Javu Momota Habisi ‘Kembaran’ Taufik Hidayat, Sinyal Comeback Kian Nyata?

Sabtu, 11 Maret 2023 10:55 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
Tunggal putra asal Jepang, Kento Momota bak sedang mengalami de javu empat tahun silam saat berhasil memastikan ke semifinal German Open 2023.

INDOSPORT.COM – Tunggal putra asal Jepang, Kento Momota bak sedang mengalami de javu empat tahun silam saat berhasil memastikan ke semifinal German Open 2023.

Comeback dengan performa yang gemilang, Kento Momota termasuk dari enam wakil Jepang yang berhasil menembus babak empat besar turnamen BWF Super 300.

Bertanding di Mulheim, Jerman, Jumat (10/03/34), Momota lolos ke semifinal usai menaklukkan rekan senegaranya, Kenta Nishimoto secara rubber set dengan skor 15-21, 21-17, dan 21-12.

Selanjutnya, Momota akan menghadapi wakil China, Li Shifeng, untuk memerebutkan tiket final yang akan berlangsung pada Sabtu (11/03/23).

Ini merupakan pertemuan pertama bagi Momota dan Li. Namun melihat performa yang tengah on fire, Momota difavoritkan memenangkan laga ini demi menembus final.

Baca Juga

Jika menembus final, Momota akan menghadapi pemenang partai semifinal lain yakni antara Lee Cheuk Yiu dari Chinese Taipei vs Ng Ka Long Angus dari Hong Kong.

Bisa dibilang, Momota hanya butuh dua langkah lagi untuk bisa meraih gelar pertamanya sejak lengser dari status ranking satu dunia di sektor tunggal putra.

Baca Juga

Selain itu, perjalanannya di German Open kali ini di ambang mengulangi sejarah empat tahun silam saat dirinya memenangkan gelar serupa.

Kembali pada German Open 2019, Kento Momota yang saat itu sudah berstatus ranking satu BWF dunia keluar sebagai juara, yang menjadi gelar pertamanya pada musim itu.

Di partai final, Momota berhadapan dengan Kenta Nishimoto yang memiliki paras mirip legenda Indonesia Taufik Hidayat, dalam dua set dengan skor 21-10 21-16.

Baca Juga

1. Kento Momota Pernah Jadi ‘Monster’ pada 2019

Anthony Sinisuka Ginting dan Kento Momota di podium World Tour Finals 2019

Usai menjadi juara di German Open 2019, sisi ‘monster’ dalam diri Momota bangun untuk mendulang 11  gelar juara baik di ajang BWF World Tour maupun kejuaraan.

Di antaranya, All England, Singapore Open, Japan Open, China Open, Korea Open, Denmark Open, Fuzhou China Open, BWf World Tour Finals, Kejuaraan Dunia Bulutangkis dan Badminton Asia Championships.

Setelah itu, Momota sempat menghadapi pasang surut performa selama hampir tiga tahun pascakecelakaan mobil di Kuala Lumpur, Malaysia, pada Januari 2020.

Beruntung, karena pandemi COVID-19, turnamen German Open juga terpaksa dibatalkan dalam dua edisi pada 2020 dan 2021 sehingga gejar juara bertahan Momota tetap aman.

Momota kemudian mencoba peruntungannya di German Open 2022. Sayang sekali, kiprah Momota harus terhenti lebih awal, yakni pada babak pertama.

Baca Juga

Pemain yang kerap dijuluki BL sebagai ‘Paduka’ ini tersingkir usai kalah dari lawan yang sama saat dia juara di German Open 2019. Yakni, Kenta Nishimoto.

Kento Momota yang tengah berjuang mengembalikan performa takluk dari Nishimoto secara tragis dalam dua set langsung dengan skor 23-21 dan 21-9.

Momota pun kembali bertemu dengan Kenta Nishimoto di German Open 2023. Bedanya, Momota tampil apik melawan Nishimoto hingga akhirnya menang pada babak perempat final kemarin.

Baca Juga

Kento Momota tentunya berharap bisa menunjukkan comeback-nya di German Open 2023 sebelum mengarungi banyak turnamen menjelang Kualifikasi Olimpiade 2024 Paris pada Mei mendatang.

Bukan tidak mungkin, German Open 2023 juga akan jadi gerbang pembuka Kento Momota mengulangi kejayaan di tahun 2019, di mana dirinya meraih banyak gelar juara.

Selanjutnya, Kento Momota akan melanjutkan perjalananya ke All England 2023 pada 14-19 Maret 2023. Menarik untuk dinantikan, apakah Momota bisa mengulangi kejayaannya pada edisi 2019 silam seperti di German Open atau tidak. 

Baca Juga
JepangKento MomotaBulutangkisBerita BulutangkisKenta NishimotoGerman Open

Berita Terkini